Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
18Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PP SAKA BAHARI

PP SAKA BAHARI

Ratings: (0)|Views: 5,455|Likes:
Published by hell_kids

More info:

Published by: hell_kids on Jun 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2013

pdf

text

original

 
KEPUTUSANKWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKANOMOR : 019 TAHUN 1991TENTANGPETUNJUK PENYELENGGARAAN SATUAN KARYA PRAMUKA BAHARI
 
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka : Menimbang: 1. bahwa dalam rangka meningkatkan keterpaduan dan pembinaanSatuan Karya Pramuka Bahari dipandang perlu mengadakan penyempurnaan Petunjuk Penyelenggaraan Satuan KaryaPramuka Bahari;2. bahwa sehubungan hal tersebut pada butir 1 perlu penyempurnaan Petunjuk Penyelenggaraan Satuan KaryaPramuka Bahari dalam Keputusan Kwartir Nasional GerakanPramuka;Mengingat: 1. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor : 238 Tahun1961 juncto Nomor : 57 Tahun 1988 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka;2.
 
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 103Tahun 1989 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka;3.
 
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 032Tahun 1989 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan KaryaPramuka;4.
 
Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Tahun 1988di Dili, Timor Timur;
5.
 
Instruksi Bersama Kepala Staf Tentara Nasional IndonesiaAngkatan Laut dan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 081 tahun 1983 dan INS/I/VI/ 1983 tentang SatuanKarya Bahari 6.Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 050Tahun 1987 tentang Petunjuk Pokok-pokok Organisasi GerakanPramuka;7.Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 054Tahun 1987 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Organisasi, Tugasdan Tata Kerja Kwartir Nasional Gerakan Pramuka;8.Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 134Tahun 1987 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Organisasi, Tugasdan Tata Kerja Kwartir Daerah Gerakan Pramuka;9.Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 135Tahun 1987 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Organisasi, Tugasdan Tata Kerja Kwartir Cabang Gerakan Pramuka;10.Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 136Tahun 1987 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Organisasi, Tugasdan Tata Kerja Kwartir Ranting Gerakan Pramuka;
 
11.Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 032Tahun 1989 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan KaryaPramuka; Memperhatikan:1.Saran Pimpinan Saka Bahari Tingkat Nasional;2.
 
Saran Andalan Nasional dan Staf Kwartir Nasional; MEMUTUSKAN: Menetapkan:Pertama:Mencabut Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomo183 Tahun 1979 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan KaryaPramuka Bahari.Kedua:Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Baharisebagaimana tercantum dalam Lampiran Keputusan ini.Ketiga:Apabila ternyata terdapat kekeliruan dalam keputusan ini akandiadakan pembetulan sebagaimana mestinya. Keputusan ini mulai berlaku sejak ditetapkan. Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 25 Februari 1991Kwartir Nasional Gerakan Pramuka,Ketua, Letjen TNI (Purn) Mashudi.
 
LAMPIRAN KEPUTUSAN
 
KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKANOMOR : 019 TAHUN 1991PETUNJUK PENYELENGGARAAN SAKA BAHARI
 
BAB IPENDAHULUAN
 
1.
 
Umum a.
 
Suatu gejala yang perlu kita perhatikan, sejak beberapa dasa warsa yang lalutumbuh suatu perhatian yang sangat menyolok terhadap lingkungan laut.Hal ini mengakibatkan suatu peningkatan yang pesat dalam riset oseanografi. Inimenunjukkan suatu pertumbuhan kesadaran umum, bahwa dasar lautan merupakan bagian besar terakhir yang masih harus diteliti oleh manusia.Mungkin merupakan sumber daya terakhir dari mineral dan bahan-bahan mentah baik hayati maupun nabati yang masih dapat digali umat manusia, setelah sumber-sumber bahan kontinental tertentu habis terkuras dalam waktu yang tidak terlalulama lagi.Hal yang perlu kita perhatikan pula, bahwa laut adalah salah satu bagian dari modaldasar Pembangunan Nasional bangsa Indonesia, yaitu sebagai :1)
 
Sarana Perhubungan2)
 
Sumber daya hayati dan nabati (Perikanan Laut dan pertanian laut)3)
 
Sumber mineral dan bahan makanan4)
 
Sumber Energi5)
 
Tempat jalur kabel laut6)
 
Tempat pengembangan pesisir 7)
 
Tempat/objek Pariwisata dan olah raga8)
 
Unsur Hankam Hal tersebut di atas merupakan tantangan nyata bagi generasi muda kita dalam dasawarsa mendatang.Pramuka dapat membantu menanamkan motivasi yang kuat untuk melahirkan suatugenerasi muda yang dapat menghayati keadaan lautan di sekeliling Nusantara kitademi hari esok bangsa Indonesia yang lebih cerah, sesuai dengan fungsinya sebagaianggota dari organisasi pendidikan di lingkungan anak-anak dan pemuda dalammasyarakat yang berkewajiban untuk membantu kader-kader pembangunan, kader Pancasila, kader Pemimpin Bangsa yang ksatria dan berbudi luhur. b.
 
Sadar bahwa negara kita terdiri atas 17.508 buah pulau besar dan kecil yang 2/3dari wilayahnya terdiri atas laut dan perairan pedalaman, maka Gerakan Pramukayang berwawasan Nusantara dalam tugasnya juga berkewajiban menanamkan danmenumbuhkan rasa cinta dan sikap hidup yang berorientasi kebaharian.c.
 
Penumbuhan orientasi kebaharian ini secara umum perlu di bina sejak dariPramuka Siaga dan Pramuka Penggalang, dan khususnya bagi Pramuka Penegak dan Pandega dipandang perlu diselenggarakan kegiatan yang nyata, menarik dan produktif menguasai penguasaan dan pemanfaatan laut serta perairan pedalaman.

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Eko Prasetyo liked this
Gatik Pandega liked this
Gatik Pandega liked this
marsensilla liked this
Gatik Pandega liked this
Gatik Pandega liked this
Gatik Pandega liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->