Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PP SAKA BHAYANGKARA

PP SAKA BHAYANGKARA

Ratings: (0)|Views: 2,910 |Likes:
Published by hell_kids

More info:

Published by: hell_kids on Jun 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/10/2012

pdf

text

original

 
KEPUTUSANKWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA NOMOR 020 TAHUN 1991TENTANGPETUNJUK PENYELENGGARAAN SATUAN KARYAPRAMUKA BHAYANGKARA Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Menimbang :1.bahwa keputusan bersama antara Kepala Kepolisian RepubliIndonesia dan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor Pol. : KEP/08/V/1980 Nomor : 050 Tahun 1980tentang kebijakan dalam usaha pembinaan dan pengembangan pendidikan kebhayangkaraan dan kepramukaan, telah dijabarkandalam Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka SakaBhayangkara yang dituangkan pada Keputusan Kwartir Nasionalnomor 079 Tahun 1980;2.
 
 bahwa keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 079tahun 1981 tentang petunjuk penyelenggaraan satuan karya bhayangkara, perlu ditinjau dan disempurnakan kembali agar sesuai dengan aspirasi generasi muda serta tuntutan pembangunandewasa ini;3.
 
 bahwa untuk itu perlu segera diterbitkan petunjuk  penyelenggaraan satuan karya yang baru hasil penyempurnaankelompok kerja saka tingkat nasional; Mengingat:1.Keputusan Presiden RI nomor 238 tahun 1961 tentang GerakanPramuka, juncto Keputusan Presiden RI nomor 57 tahun 1988tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka ;2.
 
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 103 tahun1989 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka;3.
 
Keputusan Bersama Kepala Kepolisian RI dengan Ketua Kwartir  Nasional Gerakan Pramukano.pol. : Kep/08/V/1980nomor : 050 tahun 1980tentang kerja sama dalam dan pengembangan pendidikankebhayangkaraan dan kepramukaan;4.
 
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 079 tahun1981 tentang Petunjuk Penyelenggraan Satuan Karya PramukaBhayangkara;5.
 
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 032 tahun1989 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka; 
 
Memperhatikan: 1. Saran staf Kwartir Nasional Gerakan Pramuka;2. Saran kelompok kerja pengembangan krida Satuan KaryaPramuka Bhayangkara;MEMUTUSKAN MenetapkanPertama:mencabut keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 079tahun 1981 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya PramukaBhayangkaraKedua:mengesahkan Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya PramukaBhayangkara sebagaimana tercantum dalam lampiran surat keputusaniniKetiga:menginstruksikan kepada segenap jajaran Gerakan Pramuka untumenyebarluaskan dan melaksanakan petunjuk penyalenggaraan SatuanKarya Pramuka Bhayangkara dengan sebaik-baiknya serta menjalinkerja sama dengan unsur-unsur kepolisian setempatKeempat:apabila kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam keputusanini, maka akan diadakan pembetulan sebagaimana mestinya Keputusan ini berlaku sejak ditetapkan Ditetapkan: di jakartaPada tanggal: 25 Pebruari 1991Kwartir Nasional Gerakan PramukaKetua, Letjen TNI (Purn) Mashudi 
 
 LAMPIRAN KEPUTUSANKWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA NOMOR : 020 TAHUN 1991PETUNJUK PENYELENGGARAAN SATUAN KARYAPRAMUKA BHAYANGKARA BAB IPENDAHULUAN 1.
 
Umum a.
 
Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok membina anak dan pemuda indonesiaagar menjadi tenaga kader penerus cita-cita dan perjuangan bangsa serta tenagakader pembanguna yang berjiwa pancasila, yang kuat dan sehat jasmani danrokhani b.
 
Salah satu upaya untuk membentuk tenaga kader tersebut, adalah membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan praktisi dalam bidangkeamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang merupakan bagianintegral dari pembangunan nasionalc.
 
Tujuan pembangunan dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat antaralain untuk meningkatkan kesadaran dan ketaatan hukum dalam masyarakat, sertamewujudkan peran serta masyarakat yang memiliki kemampuan mengamankandan menertibkan lingkungan sosialnya secara swakarsa, swadaya danswasembadad.
 
Meningkatnya kesdaran dan ketaatan hukum serta kemampuan masyarakat berperan serta dalam pembinaan kamtibmas secara mandiri tersebut, dapat dilihatantara lain dengan :1)
 
tumbuhnya ketaatan, kepatuahan bagi setiap warga masyarakat terhadapnorma hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat2)
 
timbulnya kepekaan warga masyarakat terhadap masalah-masalah sosial yangmenjadi penyebab/sumber gangguan kamtibmas3)
 
adanya sikap mental masyarakat yang mampi mencegah, menangkal sertamenanggulangi setiap ancaman, gangguan dan hambatan terhadap keamanandan ketertiban masyarakat4)
 
adanya kemampuan masyarakat melakukan tindakan pertama terhadap kasustertangkap tangan sehingga terhindar dari tindakan main hakim sendiri5)
 
adanya kemampuan warga masyarakat membantu perangkat penegak umumdalam pengamanan tempat kejadian perkara (TKP) melaporkan dan maumenjadi saksi6)
 
adanya kemampuan masyarakat untuk merehabilitasi ketentraman yangterganggu akibat konflik sosial kecelakaan dan bencana alame.
 
Untuk memberi wadah kegiatan khusus dalam bidang kebhayangkaraan tersebut, perlu dibentuk Satuan Karya Pramuka Bhayangkara yang merupakan sarana danwahana guna memupuk, membina, mengembangkan dan mengarahkan minat dan bakat generasi muda terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas)

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Wisnu D. Udayana liked this
Nur Huda liked this
Wanda Mandervi liked this
Cece Paulus liked this
Khoirul Ma'ruf liked this
Feby Polymorpa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->