Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
jawaban esai ekosistem (esis)

jawaban esai ekosistem (esis)

Ratings: (0)|Views: 3,996|Likes:
Published by Anita Pangestan
buat yg punya buku biologi penerbit esis kelas X bab ekosistem ini ada jwbn esainya . haha emg jayuz kurang kerjaan tp lmyn kan kali2 jha ada yg butuh . hehehe
buat yg punya buku biologi penerbit esis kelas X bab ekosistem ini ada jwbn esainya . haha emg jayuz kurang kerjaan tp lmyn kan kali2 jha ada yg butuh . hehehe

More info:

Published by: Anita Pangestan on Jun 04, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/11/2010

pdf

text

original

 
Halaman 299-300
1.Angin (udara) berperan untuk membantu memindahkan spora ke tempat lain.Air berperan dalam gerak higroskopis yaitu gerak yang memungkinkan kotak spora terpecahsehingga spora dapat keluar serta menyediakan sumber mineral bagi spora yang akan menjadiindividu baru.Tanah dan kandungan mineralnya berperan karena perkembangan spora selanjutnya ditentukan darikualitas tanah tempat ia jatuh. Tanah pulalah yang menjadi tempat spora berkecambah.Cahaya matahari diperlukan dalam proses fotosintesis agar spora dapat tumbuh.2.Pada mulanya jumlah semua spesies seimbang namun lama-kelamaan setelah terjadi penipisanketersediaan jumlah makanan maka jumlah populasi akan mengalami penurunan akibat kekuranganmakanan.3.Cacing tanah makan bahan organik dan organisme dalam tanah dengan cara menelan tanah saatmenggali. Sisa-sisa yang tidak dapat dicerna kemudian akan dikeluarkan dalam bentuk gundukan(kascing) yang dapat menyuburkan tanah. Selain itu aktivitas menggali cacing tanah juga dapatmenggemburkan tanah karena udara dapat masuk melalui lubang atau pori yang terbentuk.
4.
Tidak, karena pasti lama-kelamaan terjadi perubahan jumlah populasi kerbau dan jumlah makanan(rumput) yang tersedia. Bila rumput berkurang (baik akibat kecepatan konsumsi kerbau yang tidaksebanding dengan kecepatan reproduksi rumput maupun faktor eksternal seperti iklim, hama, dansebagainya), maka akan terjadi interaksi yang bersifat kompetisi karena sumber makanan terbatas.Namun bila jumlah rumput tidak berkurang atau bahkan melimpah maka interaksi tetap netral.
5.
Predasi:seekor cicak memakan nyamuk.Mutualisme:lumut kerak.Komensalisme:tumbuhan anggrek yang hidup epifit.Parasitisme:gulma yang tumbuh di pepohonan.6.Tidak, karena ditinjau dari penyusun sepotong roti berjamur hanya memiliki bahan organik yaitu rotiyang diuraikan oleh mikrooganisme jamur sebagai dekomposer, tetapi tidak memiliki produsenmaupun konsumen. Selain itu belum ada interaksi yang signifikan.
7.
Ya, karena pada awalnya hutan yang terdiri dari tumbuhan hijau berperan besar dalam mengurangiCO
2
, setelah berubah menjadi pertanian atau pertambangan maka peran itu tidak terlaksana,sehingga akibatnya gas-gas karbon menjadi berlebih. Di samping itu, tumbuhan juga melakukanfotosintesis yang menghasilkan C
6
H
12
O
6
yang kemudian akan digunakan oleh makhluk hidup padatingkatan selanjutnya. Hilangnya hutan sebagai produsen akan mengakibatkan konsumen terkenadampak dan mungkin juga ikut punah karena tidak memiliki bahan makanan serta pengurai tidak lagimelakukan aktivitas penguraian (menghasilkan gas karbon) sehingga siklus karbon dapat terganggu.8.Predator adalah organisme yang memakan organisme lain demi memenuhi kebutuhan nutrisinyaserta pada umumnya menyebabkan kematian pada mangsa (prey), sementara lintah tidak memakanorganisme lain secara keseluruhan melainkan hanya mengambil sedikit sari makanan dari inangnya.9.Dekomposer adalah organisme yang menguraikan sisa-sisa organisme untuk memperoleh makananatau bahan organik yang diperlukan, sehingga zat-zat organik yang kompleks terurai menjadi lebihsederhana dan dapat dimanfaatkan kembali oleh produsen. Sementara detritivor adalah organismeyang memakan partikel-partikel organik atau sisa-sisa jaringan organisme lain.Dekomposer dan detritivor sama-sama berperan dalam mengurangi bangkai atau sampah organismedan memperoleh nutrisi dari sisa makhluk hidup.
10.
*Piramida energi adalah piramida yang ditunjukkan dengan aliran energi atau produktivitas pada taraf tropi suksesif.Kelebihan:
Memperhitungkan kecepatan produksi.
 
Massa dua jenis organisme yang sama tidak selalu memiliki energi yang sama.
Tidak ditemukan piramida terbalik dan dapat digunakan untuk membandingkan berbagaiekosistem.
Dapat mengetahui konsumen mana yang paling produktif dari segi keluaran energi.
Masukan energi matahari dapat ditambahkan sebagai segi empat tambahan pada dasar piramida.Kekurangan:susah membuatnya.*Piramida biomassa adalah piramida yang mendasarkan pada berat/massa kering total, nilai kaloriatau ukuran lain dari jumlah total organisme hidup di masing-masing tingkat tropinya.Kelebihan:tidak ditemukan piramida terbalik.Kekurangan:dipengaruhi iklim.*Piramida jumlah adalah piramida yang menggambarkan hubungan kepadatan populasi di antaratingkat tropi.Kelebihan:mudah membuatnya.Kekurangan:
Pada dua ekosistem yang berbeda akan diperoleh gambaran yang tidak menunjukkan hubungansama sekali.
Tidak proporsional menyamakan spesies berbeda dengan ukuran berbeda pula.
Ditemukan piramida terbalik.11.Karena oksigen yang digunakan akan tergantikan oleh kegiatan fotosintesis tumbuhan hijau yangmerupakan kebalikan dari reaksi kimia respirasi.
12.
Karena kendaraan bermotor menghasilkan gas CO dan CO
2
serta nitrogen oksida. Peran tumbuhansangat diperlukan karena tumbuhan menggunakan CO
2
untuk fotosintesis dan menghasilkan oksigen,serta ada beberapa spesies tumbuhan yang dapat mengurangi gas beracun. Penguraian dari gasnitrogen oksida juga diperlukan sebagai sumber mineral bagi tumbuhan.13.Karena tumbuhan turut berperan dalam siklus air. Tumbuhan melakukan transpirasi yangmenyumbang cukup besar jumlah uap air di udara. Ketiadaan tumbuhan akan menyebabkan uap air berkurang sehingga frekuensi dan intensitas hujan juga berkurang.
14.
Unsur nitrogen terdapat dalam atmosfer dalam bentuk gas N
2
. Bakteri pengikat nitrogen (baik yangbersifat aerob maupun anaerob) serta spesies jamur tertentu yang hidup pada akar tumbuhan dapatmemfiksasi nitrogen dan diubah menjadi amonia sehingga dapat digunakan oleh tumbuhan. Amoniakemudian dapat dirombak oleh bakteri nitrit dan nitrat yang dapat diserap tumbuhan untuk memenuhikebutuhan nitrogennya maupun digunakan oleh bakteri tanah untuk memperoleh oksigen(denitrifikasi). Proses perombakan nitrit dan nitrat akan menghasilkan nitrogen yang kemudiankembali ke atmosfer.15.Suksesi primer adalah formasi suatu komunitas baru pada suatu daerah yang diawali oleh suatudaerah yang kosong atau gundul.Suksesi sekunder adalah pembentukan kembali suatu komunitas ke bentuk kondisi awal setelahdaerah tersebut rusak.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
kikieunique liked this
kikieunique liked this
yueyuki liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->