Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Peredaran Darah Manusia

Sistem Peredaran Darah Manusia

Ratings: (0)|Views: 185|Likes:
kedokteran
kedokteran

More info:

Published by: Agus Kresna Ardiyana on Aug 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/09/2013

pdf

text

original

 
Sistem Peredaran Darah Manusia
Sistem Peredaran Darah Manusia dibagi menjadi dua, yaitu peredaran darah besar dan peredaran darah kecil. Sistem peredaran darah besar, yaitu peredaran darah dari jantung keseluruh tubuh dan kembali ke jantung lagi. Sedangkan, peredaran darah kecil, yaitu peredarandarah dari jantung menuju paru-paru dan kembali ke jantung lagi. Sistem peredaran darah besar dan kecil adalah sebagai berikut.
 
Sistem Peredaran Darah KecilDarah kotor yang miskin O2 yang berada di bilik kanan dibawa ke paru-paru melalui pembuluh arteri pulmonalis. Di dalam paru-paru terjadi pertukaran CO2 dengan O2. Darahyang sudah kaya O2 kemudian melewati vena pulmonalis menuju serambi kiri dan kemudianmengalir ke bilik kiri.
 
Sistem Peredaran Darah Besar Darah yang kaya akan O2 yang berada di bilik kiri disalurkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh aorta dan percabangannya (arteri). Setelah dari kapiler di seluruh tubuh, darahmenuju ke pembuluh vena dan venacava untuk kembali ke serambi kanan.Sistem peredaran darah pada manusia terdiri dari tiga bagian utama, yaitu: jantung, pembuluhdarah, dan darah.1.
 
Jantung
 
Kedudukan JantungJantung berada dalam rongga torak antara kedua paruparu dan di belakang sternum.Jantung diselaputi oleh suatu membran pelindung yang disebut perikardium. Dinding jantung terdiri atas jaringan ikat padat yang membentuk suatu kerangka fibrosa dan otot jantung.
 
Struktur JantungUkuran jantung kira-kira sebesar kepalan tangan. Jantung dewasa beratnya antara 220sampai 260 gram. Jantung manusia terdiri dari empat ruangan, yaitu serambi kiri, serambikanan, bilik kiri, dan bilik kanan. Dinding bilik jantung lebih tebal jika dibandingkandinding serambi. Selain itu, bilik kiri juga lebih tebal bila dibandingkan dengan bilik kanan.Antara serambi dan bilik dalam jantung tersebut dipisahkan oleh suatu sekat. Katup-katup yang menghubungkan serambi dan bilik kanan disebut katup trikuspidalis,sedangkan katup yang menghubungkan serambi kiri dan bilik kiri disebut katup bikuspidalis. Katup-katup ini mencegah darah balik lagi dari bilik ke serambi. Dari luar ke dalam, jantung terdiri dari tiga lapisan, yaitu:a)
 
Perikardium atau pembungkus luar. b)
 
Miokardium atau lapisan otot tengah.c)
 
Endokardium atau lapisan jantung yang paling dalam.
 
Cara Kerja JantungJantung bekerja diawali dengan berkontraksinya otot jantung sehingga serambi jantung mengembang dan diikuti dengan masuknya darah yang miskin O2 dari vena kavasuperior dan inferior ke serambi kanan. Sedangkan, darah yang mengandung O2 masuk dari vena pulmonalis ke serambi kiri. Dengan masuknya darah ke serambi akanmerangsang sekat jantung membuka. Membukanya sekat jantung ini diikuti denganterjadinya kontraksi otot yang menyebabkan serambi jantung menguncup. Akibatnya,
 
darah masuk ke bilik jantung yang diikuti dengan menutupnya katup pada sekat jantungtersebut.Proses berikutnya adalah maksimumnya tekanan bilik jantung (sistole). Akibattekanan darah yang maksimum, darah dari bilik kanan akan dikeluarkan menuju paru- paru melalui pembuluh arteri pulmonalis. Sedangkan, darah dari bilik kiri akan disalurkanke seluruh tubuh melalui pembuluh aorta. Setelah darah terpompa, otot dinding bilik  berelaksasi sehingga tekanannya menjadi minimum (tekanan diastole). Tekanan sistoledan diastole orang yang sehat berkisar 120 mmHg dan 80 mmHg.
 
Denyut Jantung dan Tekanan DarahManusia hidup terlihat dari adanya denyut jantung yang ada di tubuhnya. Biasanya,ketika denyut jantung manusia sudah tidak teridentifikasi, maka dikatakan manusia itusudah meninggal. Denyut jantung yang terlihat di sini sebenarnya adalah suatugelombang yang teraba pada pembuluh arteri bila darah dipompa keluar jantung.2.
 
Pembuluh DarahAda tiga macam pembuluh darah yang berperan dalam proses peredaran darah.Pembuluh darah tersebut adalah arteri, vena, dan pembuluh kapiler.a)
 
Pembuluh darah arteriArteri berperan dalam pengangkutan darah bersih dari jantung ke seluruh tubuh,kecuali arteri pulmonalis. Arteri pulmonalis berperan membawa darah kotor yang perlu oksigenasi.Arteri mempunyai dinding yang tebal dan elastis. Tentu saja pembuluh arteri inimeninggalkan jantung. Tekanan darahnya lebih kuat bila dibandingkan dengantekanan yang dimiliki oleh pembuluh vena. Pembuluh arteri ini biasanya juga terletak di bagian dalam permukaan tubuh dan mempunyai satu pangkal (aorta). b)
 
Pembuluh darah venaPembuluh vena ini sering disebut sebagai pembuluh balik. Hal ini karena pembuluh vena bertugas membawa darah kotor (miskin oksigen) kembali menuju jantung, kecuali vena pulmonalis yang bertugas membawa darah bersih menuju jantung.Vena mempunyai klep di sepanjang pembuluh darah. Banyaknya klep pada vena ini berhubungan dengan tugas vena yang membawa darah yang arah gerakannyamelawan gaya berat. Klep-klep ini bertugas menjaga agar pembuluh darah mengalir ke jantung tanpa jatuh kembali ke arah sebaliknya.c)
 
Pembuluh darah kapiler Pembuluh kapiler merupakan pembuluh darah yang sangat kecil tempat arteri berakhir. Pembuluh ini berfungsi sebagai distributor zat-zat penting ke jaringan yangmemungkinkan berjalannya berbagai proses dalam tubuh.d)
 
DarahKomponen darah manusia terdiri dari sel darah merah (eritrosit), sel darah putih(leukosit), keping-keping darah (trombosit), dan plasma darah.
 
1. Sistem Peredaran Darah Besar (Sistemik)Peredaran darah besar dimulai dari darah keluar dari jantung melalui aorta menujuke seluruh tubuh (organ bagian atas dan organ bagian bawah). Melalui arteri darah yang kayaakan oksigen menuju ke sistem-sistem organ, maka disebut sebagai sistem peredaransistemik. Dari sistem organ vena membawa darah kotor menuju ke jantung. Vena yang berasal dari sistem organ di atas jantung akan masuk ke bilik kanan melalui vena cavainferior, sementara vena yang berasal dari sistem organ di bawah jantung dibawa oleh venacava posterior.Darah kotor dari bilik kanan akan dialirkan ke serambi kanan, selanjutnya akandipompa ke paru-paru melalui arteri pulmonalis. Arteri pulmonalis merupakan satu keunikandalam sistem peredaran darah manusia karena merupakan satu-satunya arteri yang membawadarah kotor (darah yang mengandung CO
2
).
Urutan perjalanan peredaran darah besar : bilik kiri
 – 
aorta
 – 
 pembuluh nadi
 – 
pembuluh kapiler
 – 
vena cava superior dan vena cavainferior
 – 
serambi kanan.
 
2.
 
Sistem Peredaran Darah Kecil (Pulmonal)
 Peredaran darah kecil dimulai dari dari darah kotor yang dibawa arteri pulmonalisdari serambi kanan menuju ke paru-paru. Dalam paru-paru tepatnya pada alveolus terjadi pertukaran gas antara O
2
dan CO
2
. Gas O
2
masuk melalui sistem respirasi dan CO
2
akandibuang ke luar tubuh. O
2
yang masuk akan diikat oleh darah (dalam bentuk HbO) terjadi didalam alveolus. Selanjutnya darah bersih ini akan keluar dari paru-paru melalui vena pulmonalis menuju ke jantung (bagian bilik kiri). Vena pulmonalis merupakan keunikan yangkedua dalam system peredaran darah manusia, karena merupakan satu-satunya vena yangmembawa darah bersih.
Urutan perjalanan peredaran darah kecil : bilik kanan jantung
 – 
arteripulmonalis
 – 
paru-paru
 – 
vena pulmonalis
 – 
serambi kiri jantung.
 
3.
 
Pembuluh Limfe (Pembuluh Getah Bening)
 Pembuluh limfe kanan; dari kepala, leher, dada, paru-paru, jantung dan lengansebelah kanan, bermuara di pembuluh balik yang letaknya di bawah tulang selangka kanan.Pembuluh limfe dada; dari bagian lain, bermuara dalam vena di bawah tulangselangka kiri.Pembuluh limfe adalah bermuaranya pembuluh lemak (pembuluh kil). Peredaranlimfe adalah terbuka, merupakan alat penyaring kuman, karena di kelenjar limfe diproduksisejenis sel darah putih yang disebut limfosit untuk imunitas.
Perbedaan antara arteri dan vena dapat diamati pada tabel berikut :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->