Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
8Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bimbingan

Bimbingan

Ratings: (0)|Views: 4,551|Likes:
Published by maz bnu

More info:

Published by: maz bnu on Jun 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/12/2012

pdf

text

original

 
Posted on Februari 27, 2008 by mawardiummBIMBINGAN KONSELING ISLAMIBy Imam MawardiPengertianBIMBINGAN “Guidance” (Inggris)BimbinganBantuanPimpinanArahanContoh yang bukan bimbingan•Seorang ibu membantu anaknya memakaikan baju•Seorang guru membisikkan jawaban soal ujian kepada muridnya waktu ujianDefinisi BimbinganJear Book of Education, 1995“Suatu proses membantu individu melalui usahanya sendiri untuk menemukan danmengembangkan kemampuannya agar memeperoleh kebahagiaan pribadi dankemanfaatan social”KONSELING Counseling NasehatAnjuranPembicaraanDefinisi KonselingJames F. Adam“Suatu pertalian timbal balik antara 2 orang individu dimana yang seorang (counselor)membantu yang lain (conselee) supaya ia dapat memahami dirinya dalam hubungandenfgan masalah-masalah hidup yang dihadapinya waktu itu dan waktu yang akandatang”.Bimbingan KonselingSuatu bantuan yang diberikan seseorang (konselor) kepada orang lain (klien) yang bermasalah psikis, social dengan harapan klien tersebut dapat memecahkan masalahnya,memahami dirinya, mengarahkan dirinya sesuai dengan kemampuan dan potensinyasehingga mencapai penyesuaian diri dengan lingkungan keluarga, sekolah danmasyarakat.
 
BIMBINGAN KONSELING ISLAMIProses pemberian bantuan terhadap individu agar mampu hidup selaras dengan ketentuandan petunjuk Allah, sehingga dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat.Proses di sini merupakan proses pemberian bantuan artinya tidak menentukan ataumengaharuskan melainkan sekedar membantu, agar mampu hidup:-selaras dengan petunjuk Allah-selaras dengan ketentuan Allah-selaras dengan ketentuan dan petunjuk AllahHUBUNGAN BIMBINGAN KONSELINGPreventif Kuratif RinganBeratKeterangan:Bimbingan juga memperhatikan Kuratif (penyembuhan/ pemecahan masalah), tapi titik  beratnya pada pencegahan (preventif)Konseling titik beratnya Kuratif tapi juga memperhatikan Preventif (pencegahanmasalah)Objek garapan B&K sama, yaitu problema/ masalah, bedanya pada titik berat perhatiandan perlakuan terhadap masalah tersebut. Bimbingan = masalah yang ringan, konseling =masalah yang relatif berat.FUNGSI BIMBINGAN KONSELING1. Fungsi PemahamanFungsi BK yang akan menghasilkan pemahaman tentang sesuatu oleh pihak-pihak tertentu sesuai dengan kepentingan pengembangan peserta didik, baik pemahamantentang diri peserta didik, lingkungan maupun lingkungan “yang lebih luas”2. Fungsi PencegahanFungsi BK yang akan mengsilkan tercegahnya atau terhindarnya peserta didik dari berbagai permasalahan yang mungkin timbul, yang akan dapat mengganggu,menghambat, ataupun menimbulkan kesulitan dan kerugian-kerugian tertentu dalam proses perkembangannya.3. Fungsi PengentasanFungsi BK yang akan menghasilkan terentaskannya atau teratasinya berbagai permasalahan yang dialami oleh peserta didik.4. Fungsi Pemeliharaan dan PengembanganFungsi BK yang akan menghasilkan terpelihara dan terkembangkannya berbagai potensidan kondisi positif peserta didik dalam rangka perkembangan dirinya secara mantap dan berkelanjutan.
 
AZAS-AZAS BIMBINGAN KONSELING1. Azas Kerahasiaan2. Azas Kesukarelaan3. Azas Keterbukaan4. Azas Kegiatan5. Azas Kemandirian6. Azas Kekinian7. Azas Kedinamisan8. Azas Keterpaduan9. Azas Kenormatifan10. Azas Keahlian11. Azas Alih Tangan12. Azas Tut Wuri HandayaniPOLA UMUM LAYANAN BIMBINGAN KONSELINGMateri bimbingan dan konseling di sekolah termuat dalam keempat bidang bimbingan:
θ
Bimbingan pribadiPelayanan BK membantu siswa menemukan dan memahami serta mengembangkan pribadi yang beriman dan bertakawa terhadap Tuhan YME, mandiri, aktif, kreatif, sertasehat jasmani dan rohani.
θ
Bimbingan socialPelayanan BK membantu siswa dalam proses sosialisasi untuk mengenal dan berhubungan dengan lingkungan social yang dilandasi budi pekerti luhur dan rasatanggung jawab.
θ
Bimbingan belajar Pelayanan BK membantu siswa mengembangkan kebiasaan belajar yang baik dalammenguasai pengetahuandan ketrampilan, serta menyiapkannya untuk melanjutkan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi.
θ
Bimbingan karir Pelayanan BK membantu siswa mengenali dan mulai mengarahkan untuk masa depankarir.Dilihat dari konsepsi kecakapan hidup (life skill) yang mencakup:o Ketrampilan personal (personal skill)o Ketrampilan social (Social skill)o Ketrampilan akademis (academic skill)o Ketrampilan vocasional (vocational skill)TEKNIK PENDEKATAN BIMBINGAN KONSELINGA. BIMBINGAN KELOMPOK (GROUP GUIDANCE)o Masalah yang dirasakan bersama oleh kelompok.o Masalah yang dirasakan individual sebagai anggota kelompok Bentuk khusus teknik Bimbingan
θ
Home room programeMembuat suasana kelas seperti rumah dengan tujuan mengenal siswa lebih baik sehingga

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
sugeng utomo liked this
itho08 liked this
choirl liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->