Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Revolusi Amerika Serikat

Revolusi Amerika Serikat

Ratings: (0)|Views: 38 |Likes:
Published by Tifany Sn
recolusi AS
recolusi AS

More info:

Categories:Types, Presentations
Published by: Tifany Sn on Aug 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/22/2014

pdf

text

original

 
 1
 
BAB IPendahuluan1.1 Latar Belakang MasalahRusia adalah Negara kerajaan diperintah oleh seorang Tsar ataukaisar.Sebagian besar Tsar yang memerintah di kerajaan Rusia bersifat otoriter dan bertindak sewenang-wenang terhadap rakyatnya . Pada awal abad ke-19 masyarakat rusia pada terbagi atas dua golongan yaitu tuan tanah(bangsawan) dan petani (rakyat jelata).Rusia saat itu adalah negara agraris yangsebagian besar penduduknya merupakan petani miskin yang harus tunduk kepada tuan tanah dan menjadi budak dari tuan tanah. Status petani tersebutdiatur dalam Undang-Undang Perbudakan Rusia yang disahkan oleh Tsar Alexis I pada tahun 1646.Revolusi Rusia 1917 adalah sebuahgerakan politik diRusiayang memuncak   pada1917dengan penggulingan pemerintahan provinsi yang telah menggantisistemTsar Rusia, dan menuju ke pendirianUni Soviet,yang berakhir sampai keruntuhannya pada1991. Revolusi ini dapat dilihat dari dua fase berbeda:
 
Yang pertama adalahRevolusi Februari1917, yang mengganti otokrasiTsar Nikolai II Russia,Tsar Russia yang efektif terakhir, dan mendirikanrepublik liberal.
 
Fase kedua adalahRevolusi Oktober yang diinspirasikan olehVladimir  Lenindari partaiBolshevik,memegang kuasa dari Pemerintahan Provinsi. Revolusi kedua ini memiliki efek yang sangat luas, memengaruhi daerahkota dan pedesaan. Meskipun banyak kejadian bersejarah terjadidiMoskwadanSaint Petersburg,ada juga gerakan di pedesaan di mana rakyat jelata merebut dan membagi tanahPengaruh Revolusi Rusia Revolusi Rusia telah berhasil menumbangkankekuasaan Tsar Nicholas II yang memerintah secara diktator. Rakyat Rusiayang merasakan kehidupan di berbagai bidang akibat kediktatoran Tsar  Nicholas II, akhirnya berhasil menghimpun kekuatan dan menentangkekuasaannya dalam bentuk revolusi. Revolusi Rusia telah berhasilmenumbangkan kediktatoran Rusia. Di samping itu, Revolusi Rusia yang berpaham komunis akhirnya berhasil merubah haluan negara tersebut ke arahnegara komunis.
 
 2
 
1.2
 
Tujuan PenulisanTujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan kita seputar sejarah Revolusi Rusia dan untuk menjalanitugas yang diberikan oleh pembimbing.1.3 Rumusan Masalah1.
 
Penemuan benua Amerika2.
 
Pembentukan koloni di Amerika3.
 
Lahirnya Amerika4.
 
Pertentangan antar koloni5.
 
Faktor penyebab revolusi Amerika6.
 
Pernyataan kemerdekaan Amerika Serikat7.
 
Perang Kemerdekaan Amerika Serikat8.
 
Penyusunan konstitusi Amerika9.
 
Pengaruh revolusi Amerika10.
 
Pengaruh revolusi Amerika Serikat terhadap Pergerakan NasionalIndonesia
 
 3
 
1.
 
Keadaan Rusia sebelum Revolusi 1917Pada permulaan abad ke-19, keadaan Rusia masih terbelakang dibandingkannegara-negaraEropa lainnya. Masyarakat Rusia pada masa itu terbagi atas duagolongan, yaitu tuan tanah(bangsawan) dan petani (rakyat jelata). Rusia saat ituadalah negara agraris. Sebagian besarpenduduknya merupakan petani miskin yangharus tunduk kepada tuan tanah, bahkan menjadibudak dari tuan tanah. Status petanisebagai budak tuan tanah ini diatur dalam Undang-UndangPerbudakan Rusia yangdisahkan oleh Tsar Alexis I pada tahun 1646.Perbudakan dihapuskan pada tahun 1861 dengan dikeluarkannya Undang-Undang Emansipasi(Emancipation Edict) oleh Tsar Alexander II. Isi undang-undang tersebut sebagai berikut.1. Perbudakan dihapuskan.2. Petani bekas budak mendapat tanah sebagai miliknya.3. Negara membayar uang kerugian kepada tuan-tuan tanah pemilik budak Menjelang terjadinya Revolusi muncul dua aliran kaum terpelajar dirusia , yaitu :
 
Aliran Slavia : membangun Rusia atas dasar kulltur Slavia dimananegara dianggap sebagai badan moral dan Menjadi pendekar pahamautokrasi,ortodoks,nasionalisme dan memunculkan gerakan PanSlavisme.
 
Aliran Barat : membangun rusia berdasarkan konsepsi Baratdimana negara dianggap sebagai badan politik belaka yang digunakanuntuk mecapai kesejahteraan rakyat.Sebagian besar Tsar yang memerintah di kerajaan Rusia bersifatotoriter dan bertindak sewenang-wenang terhadap rakyatnya.Ketika Tsar Nicholas II (1894-1917)memerintah Rusia,ia menjalankan pemerintahan dengan sangat reaksioner,tetapi dalam bidang ekonomi bersifat progresif.Hal ini menyebabkan industrialisasinya berkembang pesat.Kemajuan industri menyebabkan berkembangnya gerakansosialisme di Rusia.Akibatnya Tsar Nicholas ii menjadi korban darigerakan sosialisme.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->