Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Gaya-gaya Yg Terjadi Pada Aeroplane

Gaya-gaya Yg Terjadi Pada Aeroplane

Ratings: (0)|Views: 1,891|Likes:
Published by fox djieto
coba baca dulu
coba baca dulu

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: fox djieto on Jun 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2014

pdf

text

original

 
Gaya-gaya yang bekerja padapesawat terbang
Dari beberapa hal, bagusnya kinerja penerbang dalam sebuah penerbangan bergantung pada kemampuan untuk merencanakan dan berkordinasi dengan penggunaan tenaga (power) dan kendali pesawat untuk mengubah gaya dari gayadorong (thrust), gaya tahan (drag), gaya angkat (lift) dan berat pesawat (weight).Keseimbangan dari gaya-gaya tersebutlah yang harus dikendalikan oleh penerbang.Makin baik pemahaman dari gaya-gaya dan cara mengendalikannya, makin baik pulaketrampilan seorang penerbang.Berikut ini hal-hal yang mendefinisikan gaya-gaya tersebut dalam sebuah penerbangan yang lurus dan datar, tidak berakselerasi (stright and level,unaccelerated).
Thrust
, adalah gaya dorong, yang dihasilkan oleh mesin (powerplant)/baling-baling.Gaya ini kebalikan dari gaya tahan (drag). Sebagai aturan umum, thrust beraksi paralel dengan sumbu longitudinal. Tapi sebenarnya hal ini tidak selalu terjadi, sepertiyang akan dijelaskan kemudian.
Drag
, adalah gaya ke belakang, menarik mundur, dan disebabkan oleh gangguanaliran udara oleh sayap, fuselage, dan objek-objek lain. Drag kebalikan dari thrust,dan beraksi kebelakang paralel dengan arah angin relatif (relative wind).
Weight
, gaya berat adalah kombinasi berat dari muatan pesawat itu sendiri, awak  pesawat, bahan bakar, dan kargo atau bagasi. Weight menarik pesawat ke bawahkarena gaya gravitasi. Weight melawan lift (gaya angkat) dan beraksi secara vertikalke bawah melalui center of gravity dari pesawat.
Lift
, (gaya angkat) melawan gaya dari weight, dan dihasilkan oleh efek dinamis dariudara yang beraksi di sayap, dan beraksi tegak lurus pada arah penerbangan melaluicenter of lift dari sayap.Pada penerbangan yang stabil, jumlah dari gaya yang saling berlawanan adalah samadengan nol. Tidak akan ada ketidakseimbangan dalam penerbangan yang stabil danlurus (Hukum ketiga Newton). Hal ini berlaku pada penerbangan yang mendatar ataumendaki atau menurun.Hal ini tidak sama denganmengatakan seluruh keempat gayaadalah sama. Secara sederhana semuagaya yang berlawanan adalah sama besar dan membatalkan efek darimasing-masing gaya. Seringkalihubungan antara keempat gaya iniditerangkan dengan salah ataudigambarkan dengan sedemikian rupasehingga menjadi kurang jelas.Perhatikan gambar berikut sebagaicontoh. Pada ilustrasi di bagian atas,nilai dari semua vektor gaya terlihatsama. Keterangan biasa padaumumnya akan mengatakan (tanpamenyatakan bahwa thrust dan drag
 
tidak sama nilainya dengan weight dan lift) bahwa thrust sama dengan drag dan liftsama dengan weight seperti yang diperlihatkan di ilustrasi di bawah.Pada dasarnya ini adalah pernyataan yang benar yang harus benar-benar dimengertiatau akan memberi pengertian yang menyesatkan.Harus dimengerti bahwa dalam penerbangan yang lurus dan mendatar (straight andlevel),-tidak berakselerasi-, adalah benar gaya lift/weight yang saling berlawananadalah sama, tapi kedua gaya itu juga lebih besar dari gaya berlawanan thrust/dragyang juga sama nilainya diantara keduanya, bukan dibandingkan dengan lift/weight.Untuk kebenarannya, harus dikatakan bahwa dalam keadaan stabil (steady):1.Jumlah gaya ke atas (tidak hanya lift) sama dengan jumlah gaya ke bawah(tidak hanya weight)2.Jumlah gaya dorong (tidak hanya thrust) sama dengan jumlah gaya ke belakang (tidak hanya drag)Perbaikan dari rumus lama yang mengatakan “thrust sama dengan drag dan lift samadengan weightini juga mempertimbangkan fakta bahwa dalam climb/terbangmendaki, sebagian gaya thrust juga diarahkan ke atas, beraksi seperti gaya lift, dansebagian gaya weight, karena arahnya yang ke belakang juga beraksi sebagai drag.Pada waktu melayang turun (glide) sebagian vektor gaya weight diarahkan ke depan, beraksi seperti gaya thrust. Dengan kata lain, jika kapan pun arah pesawat tidak horisontal maka lift, weight, thrust dan drag akan terbagi menjadi dua komponen.Diskusi dari konsepsebelumnya seringdiabaikan dalam teks, buku- buku atau manualaeronautika. Alasannya bukan karena tidak adakonsekwensinya, tapikarena mengabaikan diskusiini maka ide utama dari halgaya-gaya aerodinamikayang bekerja pada sebuah pesawat yang terbang dapatdisampaikan tanpa harusmendalami teknisnyaseorang ahli aerodinamika.Dalam kenyataannyamempertimbangkan hanyaterbang datar/level flight, dan mendaki secara normal dan meluncur denganmantap/steady, tetaplah benar bahwa gaya angkat sayap adalah gaya ke atas yang penting, dan berat/weight adalah gaya ke bawah yang sangat penting.Seringnya, kesulitan yang dihadapi pada saat menerangkan gaya yang bekerja pada pesawat udara adalah masalah bahasa dan artinya. Contohnya, penerbang telah lamamempercayai bahwa pesawat mendaki karena kelebihan gaya angkat (excess lift). Halini tidak benar jika seseorang hanya memikirkan hubungannya dengan sayap saja.Tapi bagaimanapun hal ini benar, jika gaya angkat adalah penjumlahan total darisemua “gaya ke atas”. Tetapi ketika merujuk ke “gaya angkat dari thrust” definisiyang sebelumnya telah dibuat untuk gaya-gaya ini tidak berlaku lagi dan membuatlebih sulit. Hal yang tidak tepat dalam bahasa ini telah menjadi alasan untumenggunakannya sebagai argumen, terutama dalam sektor akademik, bukannya untuk membuatnya lebih mudah sebagai penjelasan pada prinsip-prinsip dasar penerbangan.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rusdhy Noerdhyn liked this
Refa Nasrudin liked this
blektai liked this
pelajarpauline liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->