Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
34Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal_Aktiva Tetap

Proposal_Aktiva Tetap

Ratings:

4.67

(3)
|Views: 3,582 |Likes:
Published by eet_fex03

More info:

Published by: eet_fex03 on Jun 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2014

pdf

text

original

 
Perlakukan Akuntansi Aktiva Tetap Berwujud pada PT.BAB IPENDAHULUAN1.1.Latar Belakang Penelitian
Informasi keuangan disajikan dalam bentuk laporan keuangan. Laporankeuangan utama yang dihasilkan dari proses akuntansi adalah neraca danlaporan rugi laba. Salah satu pos dalam neraca adalah aktiva tetap. Aktiva tetapdalam neraca yang dibahas merupakan aktiva tetap berwujud yang digunakanoleh perusahaan untuk kegiatan usahanya, tidak dimaksudkan untudiperjualbelikan dan mempunyai masa manfaat atau kegunaan lebih dari satutahun serta mempunyai nilai material.............adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang trading atau jual beli batu bara pada skala domestik. Fenomena yang terjadi pada............menyangkut aktiva tetap berwujudnya, yaitu dalam pencatatan aktivatetap berwujud perusahaan tidak melakukan penyusutan, sehingga aktiva tetapyang dilaporkan oleh perusahaan sebesar harga perolehannya saja. Penilaianharga perolehan aktiva tetap tidak disertai dengan biaya-biaya lainnya sampaiaktiva tetap tersebut siap dipergunakan dalam kegiatan operasional perusahaan.Aktiva tetap berwujud yang diperoleh perusahaan seharusnya dilakukan penyusutan secara periodik untuk mengetahui nilai bukunya pada akhir periodeakuntansi dan dilaporkan dalam laporan keuangan di dalam neraca berupaakumulasi penyusutan serta dalam laporan rugi laba berupa beban penyusutan.
 
Melihat dari jabaran di atas antara fenomena dan teori tentang definisiaktiva tetap berwujud, identifikasi permasalahan yang ada pada ............adalahmenyangkut masalah dalam pencatatan aktiva tetap berwujudnya perusahaantidak melakukan penyusutan sehingga aktiva tetap yang dilaporkan oleh perusahaan sebesar harga perolehannya saja. Penilaian harga perolehan aktivatetap tidak disertai dengan biaya-biaya lainnya sampai aktiva tetap tersebut siapdipergunakan dalam kegiatan operasional perusahaan. Dalam pelaporannyarekening beban penyusutan tidak ada, yang menyebabkan biaya menjadi lebihkecil sehingga laba yang dihasilkan menjadi lebih besar dari yang sebenarnya.Akuntansi aktiva tetap sangat berarti terhadap kelayakan laporankeuangan, kesalahan dalam menilai aktiva tetap berwujud dapat mengakibatkankesalahan yang cukup material karena nilai investasi yang ditanamkan padaaktiva tetap relatif besar. Mengingat pentingnya akuntansi aktiva tetap dalamlaporan keuangan tersebut, maka perlakuannya harus berdasarkan pada Standar Akuntansi Keuangan (PSAK No.16). Oleh karena itu ............perlu melakukan perbaikan pada akuntansi aktiva tetapnya. Aktiva tetap tersebut dalam penyajiannya pada laporan keuangan seharusnya membebankan biaya depresiasiyang dimiliki secara konsisten pada setiap periode dengan menggunakan metodeyang dianggap sesuai untuk diterapkan, yaitu metode garis lurus untuk  bangunan, peralatan dan inventaris, serta metode jumlah angka tahun untuk kendaraan dan sarana transportasi lainnya, agar diketahui nilai sisanya padaakhir periode.Penelitian ini penting dilakukan agar ............dapat membuat laporan
 
keuangan dengan layak. Laporan keuangan yang layak diharapkan mampumemberikan informasi keuangan kepada pihak-pihak yang membutuhkannyaguna menilai kemampuan perusahaan.
1.2.Batasan Masalah
Batasan masalah dalam penelitian ini diidentifikasikan sebagai berikut :
a.
Dalam pencatatan aktiva tetap berwujudnya perusahaan tidak melakukan penyusutan sehingga aktiva tetap yang dilaporkan oleh perusahaan sebesar harga perolehannya saja.
b.
Penilaian harga perolehan aktiva tetap tidak disertai dengan biaya-biayalainnya sampai aktiva tetap tersebut dalam kondisi siap dipergunakan dalamkegiatan operasional perusahaan.
c.
Dalam pelaporan rekening beban penyusutan tidak ada, sehinggamenyebabkan biaya menjadi lebih kecil dan laba yang dihasilkan jadi lebih besar dari yang sebenarnya.
1.3.
Perumusan
Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah diatas, maka masalah penelitian inidapat dirumuskan sebagai berikut :
a.
Bagaimana perlakuan akuntansi aktiva tetap pada PT Priyadi SatyaLestari.
b.
Bagaimana perlakuan akuntansi aktiva tetap yang seharusnya diterapkan pada PT Priyadi Satya Lestari.
1.4.Tujuan Penelitian

Activity (34)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nurul Hidayati liked this
Edy Syah liked this
Edy Syah liked this
Susi Oktaviani liked this
Rohmat Husaini liked this
Inggrit Turlel liked this
Yunani Fitri liked this
Firli Anto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->