Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan praktikum linux

Laporan praktikum linux

Ratings: (0)|Views: 931 |Likes:
Published by munzir

More info:

Published by: munzir on Jun 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2013

pdf

text

original

 
Munzir Praktek Jaringan Komputer Universitas Negeri Padang
LAPORAN PRAKTIKUM MENGINSTAL LINUX SUSE 9.1
 
A.
 
Tujuana.
 
Setelah mengikuti praktikum ini kami dapat menjelaskan tentang prinsip dasarsistem operasi Linux.
b.
 
Setelah mengikuti praktikum ini kami dapat melaksanakan penginstalan sistemoperasi berbasis Linux sesuai dengan prosedur.
B.
 
Alat dan Bahana.
 
Processor Minimal Intel Pentium II 800 Mhz
b.
 
Memory Minimal 64 Mb
c.
 
VGA Card
d.
 
Monitor 14”
e.
 
CD ROM Drive 52x
f.
 
CD instalasi Linux SuSE 9.1
C.
 
Materi Teoritis
1.
 
Sejarah Linux
Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernamaLinus Torvalds. Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dariMinix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum.Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yanghanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU CCompiler).Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk  jaringan, pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linuxsekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jikadibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya Windows9.x/NT/2000/ME). Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal inidapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang.Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Agarkelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien, internet menjadipilihan yang sangat tepat.Karena kernel Linux dikembangkan dengan usaha yang independent, banyak aplikasi yang tersedia, sebagai contoh, C Compiler menggunakan
gcc
dari
FreeSoftware Foundation
GNU’s Project. Compiler ini banyak digunakan padalingkungan Hewlett-Packard dan Sun.Sekarang ini, banyak aplikasi Linux yang dapat digunakan untuk keperluan kantorseperti untuk spreadsheet, word processor, database dan program editor grafisyang memiliki fungsi dan tampilan seperti Microsoft Office, yaitu Star Office.Selain itu, juga sudah tersedia versi Corel untuk Linux dan aplikasi seperti Matlabyang pada Linux dikenal sebagai Scilab.Linux bisa didapatkan dalam berbagai distribusi (sering disebut Distro). Distroadalah bundel dari kernel Linux, beserta sistem dasar linux, program instalasi,
 
Munzir Praktek Jaringan Komputer Universitas Negeri Padang
tools baic, dan program-program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuanpembuatan distro. Ada banyak sekali distro Linux, diantaranya :
 
RedHat
Distribusi yang paling populer, minimal di Indonesia. RedHat merupakandistribusi pertama yang instalasi dan pengoperasiannya mudah.
 
Debian
Distribusi yang mengutamakan kestabilan dan kehandalan, meskipunmengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran program. Debianmenggunakan .deb dalam paket instalasi programnya.
 
 
Slackware
Merupakan distribusi yang pernah merajai di dunia Linux. Hampir semuadokumentasi Linux disusun berdasarkan Slackware. Dua hal penting dariSlackware adalah bahwa semua isinya (kernel, library ataupun aplikasinya)adalah yang sudah teruji. Sehingga mungkin agak tua tapi yang pasti stabil.Yang kedua karena dia menganjurkan untuk menginstall dari source sehinggasetiap program yang kita install teroptimasi dengan sistem kita. Ini alasannyadia tidak mau untuk menggunakan binary RPM dan sampai Slackware 4.0, iatetap menggunakan libc5 bukan glibc2 seperti yang lain.
 
SuSE
Distribusi yang sangat terkenal dengan YaST (Yet another Setup Tools) untuk mengkonfigurasi sistem. SuSE merupakan distribusi pertama dimanainstalasinya dapat menggunakan bahasa Indonesia.
 
Mandrake
Merupakan varian distro RedHat yang dioptimasi untuk pentium. Kalaukomputer kita menggunakanpentium ke atas, umumnya Linux bisa jalan lebihcepat dengan Mandrake.
 
WinLinux
Distro yang dirancang untuk diinstall di atas partisi DOS (WIndows). Jadiuntuk menjalankannya bisa di-klik dari Windows. WinLinux dibuat seakan-akan merupakan suatu program aplikasi under Windows.
2.
 
Keistimewaan Linux
Hardware komputer pada hakekatnya tidak dapat berfungsi tanpa adanyaSoftware yang mengaturnya. Software yang paling dekat ke Hardware adalah”Sistem Operasi”. Suatu jenis processor tentu dapat saja di-"atur" oleh berbagaimacam Sistem Operasi pada saat yang berbeda, asalkan ada orang yang maumenulis program Sistem-Operasi tersebut.Walaupun pada saat Linux ditulis prosessor Intel 80386 telah dipasarkan denganSistem-Operasi DOS, namun DOS belum menggunakan 80386 secara optimal.Intel 80386 sebenarnya dirancang sebagai prosessor yang mampu melakukan"multi-tasking" atau "multi-program” namun DOS hanya mampu melakukan"single-tasking". Linux ketika dirancang memamfaatkan 80386 seoptimalmungkin.Di sini akan dijelaskan beberapa kelebihan dari sistem operasi Linux/UNIXdibandingkan dengan dengan sistem operasi yang lain. Dan berikut ini adalah
 
Munzir Praktek Jaringan Komputer Universitas Negeri Padang
beberapa fakta dari hal-hal yang menguntungkan dengan menggunakan programdan file-file Linux/UNIX:
 
Pada dasarnya semua data tersimpan di dalam harddisk walau ada beberapakondisi dimana data tersimpan di disket. Linux/UNIX memberikan beberapaproses spesial dimana terminal, printer dan device hardware lainnya dapatdiakses seperti kita mengakses file yang tersimpan dalam harddisk atau disket.
 
Ketika program dijalankan, program tersebut dijalankan dari harddisk kedalam RAM dan setelah dijalankan akan dinamakan sebagai proses.
 
Linux/UNIX menyediakan servis untuk membuat, memodifikasi program,proses dan file.
 
Linux/UNIX mendukung struktur file yang bersifat hirarki.
 
Linux/UNIX adalah salah satu sistem operasi yang termasuk ke dalam kelassistem operasi yang dapat melakukan multitasking. Multitasking sendiriadalah keadaan dimana suatu sistem operasi dapat melakukan banyak kerjaanpada saat yang bersamaan.
 
Selain multitasking, Linux/UNIX juga dapat mendukung multiuser. Yaitusistem operasi yang pada saat bersamaan dapat digunakan oleh lebih dari satuuser yang masuk ke dalam sistem. Bahkan untuk Linux juga mendukunguntuk multiconsole dimana pada saat bersamaan di depan komputer langsungtanpa harus melalui jaringan dan memungkinkan lebih dari satu user masuk kedakam sistem.
3.
 
Aplikasi Linux
 
Sebagai Server web server, mail server, ftp server, dll.
 
Sebagai Client / Workstation pengguna Aplikasi perkantoran (Star office,yang mirip Microsoft office) Gimp (image tool seperti Photoshop)
 
Koleksi aplikasi di http://freshmeat.net, http://www.sourceforge.net, dll
D.
 
Langkah Kerja Praktikum
 
1.
 
Pada saat komputer baru dihidupkan, masuklah ke BIOS, atur urutan booting awaldimulai dari CD-ROM, setelah itu simpan dan keluar dari menu BIOS. MasukkanCD 1 Linux SuSE 9.1 kedalam CDROM. Tunggu sejenak sampai komputermembaca proses boot dari CD-ROM dan masuk ke tampilan pembuka InstalasiLinux SuSE 9.1

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ijar Doank liked this
Cak Bagus liked this
m_nishom2792 liked this
masoelist liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->