Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
1Activity
P. 1
7 Prakarya Buku Siswa

7 Prakarya Buku Siswa

Ratings: (0)|Views: 766|Likes:
Published by Angelica Jones

More info:

Published by: Angelica Jones on Aug 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/27/2013

pdf

text

original

 
ii
Kelas VII SMP/MTs
Hak Cipta © 2013 pada Kementerian Pendidikan dan KebudayaanDilindungi Undang-undang
MILIK NEGARA TIDAK DIPERDAGANGKAN
Disklaimer:
Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasiKurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi KementerianPendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Bukuini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuaidengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.
Katalog Dalam Terbitan (KDT)Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Prakarya/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Jakarta: Kementerian Pendidikan danKebudayaan, 2013. vi, 234 hlm. : ilus. ; 25 cm.Untuk SMP/MTs Kelas VIIISBN 978-602-1530-66-5 (jilid lengkap)ISBN 978-602-1530-67-2 (jilid 1)1. Prakarya Studi dan Pengajaran I. JudulII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 600Kontributor : Suci Paresti, Dewi Sri Handayani N., Erny Yuliani,Hadi Saputro, Yudia Putri Anne, Irma Isnafa Arie,Kamin Sumardi, Atat Siti Nurani, dan Ayat Suryatna.Penelaah : Taswadi dan Caecilia Tridjata S.Penyelia Penerbitan : Politeknik Negeri Media Kreati, Jakarta.Cetakan Ke-1, 2013Disusun dengan huru Helvetica Neue, 11 pt.
 
 
iii
Prakarya
Kata Pengantar
Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan,keterampilan, dan sikap secara utuh. Keutuhan tersebut menjadi dasar dalam perumusankompetensi dasar tiap mata pelajaran, sehingga kompetensi dasar tiap mata pelajaranmencakup kompetensi dasar kelompok sikap, kompetensi dasar kelompok pengetahuan,dan kompetensi dasar kelompok keterampilan. Semua mata pelajaran dirancang mengikutirumusan tersebut.
Pembelajaran Prakarya untuk Kelas VII SMP/MTs yang disajikan dalam buku ini juga tundukpada ketentuan tersebut. Prakarya bukan mata pelajaran Keterampilan sebagaimanadinamakan selama ini dan juga bukan materi pembelajaran yang dirancang hanya untukmengasah kompetensi keterampilan peserta didik. Prakarya adalah mata pelajaran yangmembekali siswa dengan kemampuan untuk menghasilkan suatu karya pendahuluan ataupurwarupa ( 
 prototype)
. Supaya dihasilkan purwarupa yang baik, maka harus diajarkanpengembangan ide serta pengetahuan tentang bahan, proses, dan peralatan, sehingga siswadapat memahami alasan-alasan penggunaan bahan, proses, atau peralatan tertentu. Padaakhirnya pengerjaan sebuah prakarya haruslah dibarengi dengan sikap yang sesuai sehinggahasil yang diperoleh adalah optimal.
Dengan demikian, Prakarya sebagai suatu mata pelajaran harus mencakup aktivitas danmateri pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan tentang apa yang harusdirencanakan dan dipersiapkan dalam pembuatan suatu prakarya (ranah pengetahuan),bagaimana membuatnya (ranah keterampilan), dan kompetensi sikap yang perlu dimiliki pesertadidik untuk dapat menghasilkan prakarya yang baik. Pembelajarannya dirancang berbasisaktivitas terkait dengan sejumlah ranah prakarya, yaitu karya kerajinan, karya teknologi, karyapengolahan, dan karya budidaya berasal dari tema-tema karya populer yang sesuai untukpeserta didik Kelas VII SMP/MTs.Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensiyang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswadiajak menjadi berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luasdi sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa denganketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengankreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber darilingkungan sosial dan alam.
Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan danpenyempurnaan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, sarandan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusitersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaikbagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahunIndonesia Merdeka (2045).
Jakarta, Mei 2013Menteri Pendidikan dan KebudayaanMohammad Nuh

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->