Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
133Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SMA Sejarah (Pelajar Indonesia SAHAJA)

SMA Sejarah (Pelajar Indonesia SAHAJA)

Ratings:

2.33

(3)
|Views: 52,294|Likes:
Published by 鄺豪傑
SMA Sejarah/Ujian Nasional Indonesia SAHAJA
تاريخ الإندونيسية
SMA Sejarah/Ujian Nasional Indonesia SAHAJA
تاريخ الإندونيسية

More info:

Published by: 鄺豪傑 on Jun 09, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/27/2013

pdf

text

original

 
Sejarah Indonesia dan Umum (Sekolah Menengah Atas)
MASYARAKAT PRASEJARAH INDONESIAPENGERTIAN KEBUDAYAAN DAN PERADABAN
Setelah mempelajari kegiatan 1 modul ini, Anda dapat:1. menjelaskan pengertian tentang waktu;2. menyebutkan 2 sumber prasejarah;3. menjelaskan 4 jenis sumber sejarah ditinjau dari wujudnya; dan4. menyebutkan 2 contoh ilmu bantu prasejarah.Apakah Anda sudah siap mempelajari modul ini?Pusatkan pikiran Anda untuk mempelajari urian materi berikut ini!
Pengertian tentang waktu
Waktu tentu bukanlah sesuatu yang asing bagi Anda! Karena dalam kehidupan sehari-hari setiap orang selaludibatasi oleh waktu. Apakah Anda mengetahui definisi tentang waktu?Waktu (
time
) merupakan salah satu konsep dasar sejarah selain ruang (
 space
), kegiatan manusia (
humanactivity
). Perubahan (
change
) dan kesinambungan (
continuity
). Ia merupakan unsur penting dari sejarah yaitukejadian masa lalu. Dengan kata lain waktu merupakan konstruksi gagasan yang digunakan untuk memberimakna dalam kehidupan di dunia. Manusia tak dapat dilepaskan dari waktu karena perjalanan hidup manusiasama dengan perjalanan waktu itu sendiri.Tiap masyarakat memilki pandangan yang relatif berbeda tentang waktu yang mereka jalani. Contoh :masyarakat Barat melihat waktu sebagai sebuah garis lurus (linier). Konsep garis lurus tentang waktu diikutidengan terbentuknya konsep tentang urutan kejadian. Dengan kata lain sejarah manusia dilihat sebagai sebuah proses perjalanan dalam sebuah garis waktu sejak zaman dulu, zaman sekarang dan zaman yang akan datang.Berbeda dengan masyarakat Barat, masysrakat Hindu melihat waktu sebagai sebuah siklus yang berulang tanpaakhir.Dari perjalanan di atas tentang waktu, khususnya konsep waktu yang lurus, masa lalu perkembangan sejarahmanusia akan mempengaruhi perkembangan masyarakat masa kini dan masa yang akan datang.Agar waktu dalam setiap peristiwa atau kejadian dapat dipahami, maka sejarah membuat pembabakan waktuatau periodisasi. Maksud periodisasi ini adalah agar babak waktu itu menjadi jelas ciri-cirinya. Contohnyasejarah Eropa dapat dibagi ke dalam 3 periode yaitu zaman klasik/kuno, zaman pertengahan dan zamanmodern.Untuk menambah pemahaman Anda, silahkan Anda tulis contoh periodisasi sejarah di Indonesia padakolom di bawah ini.Setelah Anda mengisi kolom di atas, maka untuk mengetahui kebenaran apa yang Anda tulis, silahkan Anda pelajari kembali uraian materi berikut ini.
 
Periodisasi/pembabakan waktu sejarah Indonesia menurut Dr. Kuntowijoyo dalam bukunya yang berjudulPengantar Ilmu Sejarah, dibagi menjadi 4 periode, yaitu: zaman prasejarah, zaman kuno, zaman Islam, danzaman modern.Tetapi secara graris besar periodisasi sejarah dibagi menjadi zaman prasejarah dan zaman sejarah. Untuk lebih jelasnya bagaimana hubungan antara zaman prasejarah dan zaman sejarah, maka silahkan Anda perhatikangambar 1 berikut ini.
Gambar 1
 Dengan melihat gambar 1, maka Anda tentu memahami bahwa prasejarah merupakan suatu zaman yang terjadisebelum sejarah.Sebenarnya ada istilah lain untuk menamakan zaman prasejarah yaitu zaman Nirleka, Nir artinya tidak ada danleka artinya tulisan, jadi zaman Nirleka zaman tidak adanya tulisan. Batas antara zaman prasejarah denganzaman sejarah adalah mulai adanya tulisan. Hal ini menimbulkan suatu pengertian bahwa prasejarah adalahzaman sebelum ditemukannya tulisan, sedangkan sejarah adalah zaman setelah adanya tulisan. Berakhirnyazaman prasejarah atau dimulainya zaman sejarah untuk setiap bangsa di dunia tidak sama tergantung dari peradaban bangsa tersebut.Salah satu contoh yaitu bangsa Mesir + tahun 4000 SM masyarakatnya sudah mengenal tulisan, sehingga +tahun 4000 bangsa Mesir sudah memasuki zaman sejarah. Dari penjelasan di atas, apakah Anda sudah paham?Kalau Anda sudah memahami, tentu Anda sudah mempunyai gambaran tentang sejarah Indonesia.Untuk itu silahkan Anda jawab pertanyaan berikut ini!1. Kapan berakhirnya zaman prasejarah di Indonesia?2. Bukti dimulainya zaman sejarah di Indonesia adalah ...Jawaban Anda dapat Anda tulis pada tiitik-titik di bawah ini.1. ...................................................................................................................................2. ...................................................................................................................................Setelah Anda menuliskan jawaban pertanyaan di atas dapat Anda pelajari kembali uraian berikut ini. Sesuaidengan periodisasi sejarah Indonesia yang awalnya dibagi dalam zaman prasejarah, maka dapatlah dijelaskan bahwa prasejarah Indonesia berakhir dengan adanya kerajaan Kutai abad 5 M atau tahun 400 M, dan dibuktikandengan adanya prasasti yang berbentuk yupa yang ditemukan di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.
Gambar 2. Prasasti Yupa
Dari penjelasan tersebut, di samping Anda mengetahui kebenaran jawaban Anda, maka Anda juga harusmemahami bahwa peristiwa berakhirnya prasejarah atau dimulainya sejarah dapat diketahui melalui fakta atau
 
sumber, karena peristiwa munculnya kerajaan Kutai tidak akan pernah terulang lagi, tetapi bekas-bekasnyasebagai memori dapat diungkapkan atau diaktualisasikan melalui fakta-fakta tersebut.Berdasarkan penjelasan di atas maka dapatlah disimpulkan bahwa setiap peristiwa atau kejadian hanya dapatdiketahui kembali melalui fakta atau sumber-sumber yang ada. Untuk lebih jelasnya pelajari dengan baik uraianmateri berikut ini.
Sumber-sumber Prasejarah dan Sejarah
Sumber atau fakta merupakan hal terpenting sebagai kunci untuk mempelajari suatu peristiwa yang telah terjadi pada masa lalu. Sumber-sumber atau fakta dari setiap peristiwa yang telah terjadi beraneka ragam.Untuk memudahkan Anda memahami sumber-sumber tersebut maka yang akan disajikan terlebih dahulu adalahsumber-sumber prasejarah. Untuk itu silahkan Anda pelajari uraian materi berikut ini.

Activity (133)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
sitiagusriantina liked this
Arif Muslimawati liked this
Sarah Shofia liked this
Kiki Panggabean liked this
Yoeni LiebEi'am liked this
Romi Abdhal liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->