Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
contoh Proposal skripsi Pondasi (Siap ACC)

contoh Proposal skripsi Pondasi (Siap ACC)

Ratings: (0)|Views: 1,008|Likes:
Published by Adjie'z Stevan
contoh ini mengambil tema perencanaan pondasi pada bangunan jembatan di daerah blitar...tapi tidak jadi saya pakai karna sulit untuk mendaptkan data tanah nya...tapi gk papa..cuma buat contoh, siapa tahu berguna...tolong di komentari ya..??
contoh ini mengambil tema perencanaan pondasi pada bangunan jembatan di daerah blitar...tapi tidak jadi saya pakai karna sulit untuk mendaptkan data tanah nya...tapi gk papa..cuma buat contoh, siapa tahu berguna...tolong di komentari ya..??

More info:

Categories:Topics
Published by: Adjie'z Stevan on Aug 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/11/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
 Jembatan sebagai salah satu prasarana transportasi strategis bagi pergerakan lalu lintas. Jembatan adalah istilah umum untuk suatu konstruksi yangdibangun sebagai jalur transportasi yang melintasi sungai, danau, rawa, maupunrintangan lainnya. Namun ada bagian terpenting dari struktur Jembatan yang tidak terlihat dan terletak di bagian struktur paling bawah Jembatan yaitu Pondasi.Sampai saat ini Pondasi masih menjadi suatu struktur terpenting darisebuah bangunan, khususnya pada bangunan Jembatan, baik untuk penentu posisistruktur bangunan diatasnya yang berupa pilar 
(pier)
maupun sebagai struktur  penahan beban-beban yang diterima Jembatan itu sendiri. Walaupun bukanmerupakan hal baru, namun dalam pembuatan sebuah pondasi selalu memerlukan pertimbangan khusus baik dalam perencanaannya maupun pengerjaanya agar mendapat kualitas dan keamanan yang terbaik nantinya.Dalam perencanaan pondasi akan selalu mempertimbangkan karakteristik tanah sebagai dasar kajian agar didapatkan desain pondasi yang sesuai. Pada perencanaan pondasi Jembatan Trisula Kademangan Kab.Blitar, memiliki kondisitanah yang lunak dan berpasir. Sementara itu karena posisi dilapangan beradadiarea sungai Berantas, mengakibatkan tanah dilokasi tersebut memiliki kadar air yang cukup tinggi serta adanya bangunan pemukiman yang padat penduduk sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan tiang pancang hamer.Berdasarkan masalah tersebut diputuskan perencanaan pondasinya adalah pondasitiang bor 
(bor pile)
.Pada perencanaan pondasi Jembatan Trisula Kademangan Kab.Blitar,direncanakan dengan 3 pilar dan terletak diatas tanah yang memiliki nilai SPTyang berbeda, sehingga perlu perhitungan dan pertimbangan secara matematis danteoritis menggunakan dasar teori geoteknik yang mendukung pembahasan kasustersebut.
 
Pada perencanaan pondasi Jembatan Trisula Kademangan Kab.Blitar, juga perlu pertimbangan-pertimbangan teknis pelaksanaan baik dalam pelaksanaan pengeboran maupun pengecoran pondasi tersebut, agar didapat hasilsesuai rencana. Mengingat letak pilar yang akan dibahas terletak diarea yangcukup sulit dalam pelaksanaan.Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, maka penyusun tertarik untuk mengambil judul
Perencanaan Struktur Pondasi Pada Pilar JembatanTrisula Kademangan Ka
b.Blitar.”
 Pengambilan obyek studi pondasi ini mengacu pada semakin banyaknya pembangunan jembatan yang menggunakan pondasi tiang bor di Jawa timur.Diharapkan tulisan ini dapat memberikan informasi, wacana, serta pemahaman mengenai perhitungan struktur pondasi pada proyek-proyek sejenis ditempat lain.
 
1.2. Rumusan Masalah
Dalam tugas akhir ini menganalisis struktur pondasi jembatan trisula yang terletak di Jl. Trisula Kec.kademangan Kab.Blitar dan spesifikasi pekerjaannya. Rumusanmasalah tugas akhir ini adalah :1.
 
Bagaimana merencanakan struktur pondasi jembatan trisula kademangan.2.
 
Bagaimana perhitungan daya dukung tanah pada jembatan trisulakademangan.3.
 
Bagaimana reaksi pada pondasi jembatan trisula kademangan.4.
 
Bagaimana pelaksanaan membuat struktur pondasi jembatan trisulakademangan.
1.3. BATASAN MASALAH
Mengingat luasnya permasalahan dalam perencanaan ini, maka penulis membatasi permasalahan yang akan dibahas, yaitu meliputi:1.
 
Perhitungan beban yang di sebabkan oleh struktur bangunan atas dihitungdengan STAADPro dan digunakan hanya untuk mengetahui besar bebanyang akan disalurkan ke pondasi.2.
 
Pondasi menggunakan tiang bor 
(bor pile).
 3.
 
Data tanah diperoleh dari dinas Perencanaan dan Peangawasan Jalan Nasional (P2JN).4.
 
Pembahasan meliputi perencanaan pondasi dan pelaksanaannya.
1.4. MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun tujuan penulis membuat Laporan Akhir ini antara lain adalah:1.
 
Merencanakan struktur pondasi pada Jembatan dengan mengacu padadasar-dasar ilmu geoteknik.2.
 
Mengetahui dan memahami perencanaan struktur pondasi pada JembatanTrisula Kec.Kademangan Kab.Blitar.3.
 
Memahami pehitungan daya dukung tanah menggunakan data yang ada.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
Kunun Askun added this note|
Aji,........ like this
Kunun Askun liked this
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->