Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ASAM ASETAT

ASAM ASETAT

Ratings: (0)|Views: 16|Likes:

More info:

Published by: Alfinsyah Fridiyandra on Aug 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/21/2014

pdf

text

original

 
ASAM ASETAT
Asam asetat, asam etanoat atau asam cuka adalahsenyawa kimia asam  organik yang dikenal sebagai pemberi rasaasamdanaromadalammakanan.  Asam cuka memiliki rumus empiris C
2
H
4
O
2
. Rumus ini seringkali ditulis dalam bentuk CH
3
-COOH, CH
3
COOH, atau CH
3
CO
2
H. Asam asetat murni (disebut
) adalahcairan higroskopis tak ber warna, dan memiliki titik   beku 16.7°C.Asam asetat merupakan salah satuasam karboksilat  paling sederhana, setelahasam format. Larutan asam asetat dalam air merupakan sebuah asam lemah, artinya hanya terdisosiasi sebagian menjadiionH
+
dan CH
3
COO
-
. Asamasetat merupakan  pereaksi kimiadan bahan baku industriyang penting. Asam asetat digunakan dalam  produksi  polimer seperti polietilena tereftalat, selulosa asetat, dan polivinil asetat, maupun berbagai macamseratdankain. Dalam industri makanan, asam asetat digunakan sebagai pengatur keasaman. Di rumahtangga, asam asetat encer juga sering digunakan sebagai pelunak air . Dalamsetahun, kebutuhan dunia akan asam asetat mencapai 6,5 jutatonper tahun. 1.5 juta ton per tahun diperoleh dari hasildaur ulang, sisanya diperoleh dari industri petrokimiamaupun dari sumber hayati.
a.Penamaan
Asam asetat merupakan nama trivial atau nama dagang dari senyawa ini,dan merupakan nama yang paling dianjurkan olehIUPAC. Nama ini berasal darikataLatinacetum, yang berarti cuka. Nama sistematisdari senyawa ini adalah asam etanoat. Asam asetat glasial merupakan nama trivial yang merujuk padaasam asetat yang tidak bercampur air. Disebut demikian karena asam asetat bebas-air membentuk kristalmiripespada 16.7 °C, sedikit di bawahsuhu ruang.
 
 Singkatanyang paling sering digunakan, dan merupakat singkatan resmi bagi asam asetat adalah
AcOH
atau
HOAc
dimana Ac berarti gugus asetil,CH
3
−C(=O)−. Pada konteks asam-basa, asam asetat juga sering disingkat HAc,meskipun banyak yang menganggap singkatan ini tidak benar. Ac juga tidak bolehdisalahartikan dengan lambang unsur Aktinium(Ac).
b.Sejarah
 Cukatelah dikenal manusia sejak dahulu kala. Cuka dihasilkan oleh berbagai bakteriapenghasil asam asetat, dan asam asetat merupakan hasil sampingdari pembuatan bir atauanggur . Penggunaan asam asetat sebagai pereaksi kimia juga sudah dimulai sejak lama. Pada abat ke-3 Sebelum Masehi,Filsuf  Yunani kuno Theophrastos  menjelaskan bahwa cuka bereaksi denganlogam-logammembentuk berbagaizat warna, misalnya timbal putih (timbal karbonat), danverdigris, yaitu suatu zat hijau campuran darigaram-garam tembagadan mengandungtembaga (II) asetat.  BangsaRomawimenghasilkan sapa, sebuah sirupyang amat manis, dengan mendidihkan anggur yang sudah asam. Sapa mengandung timbal asetat, suatu zatmanis yang disebut juga gula timbal dan gulaSaturnus. Akhirnya hal ini berlanjutkepada peracunan dengantimbalyang dilakukan oleh para pejabat Romawi.
 
Pada abad ke-8, ilmuwanPersia Jabir ibn Hayyanmenghasilkan asam asetat pekat dari cuka melaluidistilasi. Pada masarenaisans, asam asetat glasial dihasilkan daridistilasi keringlogam asetat. Pada abad ke-16 ahlialkimia Jerman  Andreas Libaviusmenjelaskan prosedur tersebut, dan membandingkan asamasetat glasial yang dihasilkan terhadap cuka. Ternyata asam asetat glasialmemiliki banyak perbedaan sifat denganlarutan asam asetat dalam air, sehingga  banyak ahli kimia yang mempercayai bahwa keduanya sebenarnya adalah dua zatyang berbeda. Ahlikimia Prancis Pierre Adetakhirnya membuktikan bahwa kedua zat ini sebenarnya sama.Pada1847kimiawan JermanHermann Kolbe mensintesisasam asetat dari zatanorganik untuk pertama kalinya. Reaksi kimia yang dilakukan adalahklorinasi karbon disulfidamenjadi karbon tetraklorida, diikuti dengan pirolisis  menjaditetrakloroetilenadan klorinasi dalam air menjadiasam trikloroasetat, dan akhirnyareduksimelaluielektrolisismenjadi asam asetat. Sejak 1910kebanyakan asam asetat dihasilkan dari cairan piroligneousyang diperoleh dari distilasikayu. Cairan ini direaksikan dengankalsium hidroksidamenghasilkankalsium asetatyang kemudian diasamkan dengan asam sulfatmenghasilkan asam asetat.
Kristal asam asetat yang dibekukan

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->