Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1.8KActivity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Corel Draw 12

Corel Draw 12

Ratings:

4.59

(17)
|Views: 139,384 |Likes:
Published by padiya68

More info:

Published by: padiya68 on Jun 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/23/2013

pdf

text

original

 
 Panduan Belajar Corel Draw 12Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII Oleh : Padiya, S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id 
1
BAB IMENGENAL APLIKASI GRAFISCORELDRAW 12A.Pengertian Aplikasi GrafisCorelDraw 12
Coreldraw12 adalah sebuah aplikasi grafis berbasis vector. Format vector adalah gambar yang membentuk sejumlah objek garis dan objek kurva berdasarkanrumusan matematis. Format vector lebih banyak digunakan untuk membetnuk objek  buatan, seperti menggambar objek dua demensi, yang lebih ditekankan ke dalam pembuatan objek garis, lingkaran, polygon dan persegi panjang. Sedangkan untuk objek tiga dimensi, lebih ditekankan ke dalam pembuatan : bola, kubus dan tabung.Objek vector, banyak digunakan dalam pembuatan pengolahan teks dan logo.Software yang banyak berhubungan dengan format vector yaitu CorelDraw,freehand, dan lain-lain.Ruang penyimpanan format vector relafitf lebih kecildibandingkan dengan format bitmap.
B.Memulai Aplikasi CorelDraw 12.
Langkah untuk memulai menjalankan CorelDraw 12 adalah sebagai berikut :a.Nyalakan computer sampai muncul layer desktop. b.Klik Start, All Program, pilih Corel Draw Graphic Suit , kemudian pilih CorelDraw 12, atau klik dua kali icon Aplikasi Corel Draw12yang ada pada desktop.Tunggu beberapa saat, hingga dilayar monitor tampil aplikasi CorelDraw12 dan sebuah kotak dialog Welcome to CorelDraw 12(R) sebagai berikut:
 
 Panduan Belajar Corel Draw 12Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII Oleh : Padiya, S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id 
2Pada kotak dialog Welcome Corel Draw ( R ) 12 tersedia beberapa pilihansebagai berikut :
New
, klik pilihan ini untuk membuat gambar baru.
Recently Used
, digunakan apabila sebelumnya aplikasi CorelDraw pernah digunakan untuk menyimpan suatu file, maka pada pilihan ini akan menampilkan beberapa daftar nama file yang pernah disimpan, klik nama file yang tersedia untuk membuka/mengaktifkan file tersebut.
Open
, pilihan ini digunakan untuk membuka file gambar yang pernah dibuat sebelumnya, dengan pilihan ini akan menampilkankotak dialog Open Drawing, di dalam kotak dialog tersebut Andadapat menentukan folder, dan nama file yang akandibuka/diaktifkan.
New Form Template
, pilihan ini digunakan untuk membuatgambar dengan format dan style yang tersedia.
CorelTUTOR 
, pilihan ini digunakan untuk membuka tutorialsingkat tentang langkah-langkah pembuatan objek melalui jaringaninternet dimana Anda akan dihubungkan dengan WebsiteCorelTutor dari CorelCorporation dan dengan pilihan ini Andadapat belajar step by step tentang pembuatan objek tertentu yangtersedia dalam aplikasi ini.
What’s New
, pilihan ini digunakan untuk mengetahii fasilitas baruCorelDraw 12.
 
 Panduan Belajar Corel Draw 12Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII Oleh : Padiya, S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id 
3
C.Mengenal Layar CorelDraw 12.
Setelah muncul kotak dialog Welcom CorelDraw ( R ) 12, klik pilihan New,kemudian muncul layer CorelDraw 12 sebagai berikut :Keterangan : 1.
Title Bar
adalah baris judul yang memberi informasi tentang program aplikasiyangsedang dipakai dan nama file yang sedang disunting.2.
Menu Bar
adalah baris menu yang memuat perintah-perintah utama sepertiFile,Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Bitmaps, Text, Tools, Window dan Help.3.
Standard Tool Bar
adalah tool bar standard yang beris icon-icon yangmewakili suatu perintah yang sering digunakan, missal New (untuk membukafile baru), Open Untuk membuka file yang pernah disimpan), Close (untuk menutup file yang sedang aktif), Save (untuk menyimpan file yang sedangaktif), Copy (untuk menyalin file/objek/gabar), Cut (untuk memindahfile/objek/gambar), Paste (untuk mennempatkan file/objek/gambar hasil pencopya-an atau pemindahan) dan lain-lain.1234567891011

Activity (1,790)

You've already reviewed this. Edit your review.
Khairullah liked this
Cecilia Vergina liked this
Arya Tidak Nakal liked this
Chiko Ona added this note
English version, please
Alex A. Je liked this
Kakak Elvita liked this
Cer Cover liked this
Cikariska Arifin liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->