Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
55Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peranan Etika Didunia Modern

Peranan Etika Didunia Modern

Ratings:

4.0

(2)
|Views: 9,691 |Likes:
Published by Ratna Juwita
Tugas Etika Profesi
Tugas Etika Profesi

More info:

Published by: Ratna Juwita on Jun 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2013

pdf

text

original

 
I.
Pengertian Etika Profesi
I.1
Pengertian Etika dan Etika Profesi
Kata etik (atau etika) berasal dari kata ethos (bahasa Yunani)yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat. Sebagai suatusubyek, etika akan berkaitan dengan konsep yang dimiliki olehindividu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakanyang telah dikerjakannya itu salah atau benar, buruk atau baik.Menurut Martin [1993], etika didefinisikan sebagai “the disciplinewhich can act as the performance index or reference for our controlsystem”. Etika adalah refleksi dari apa yang disebut dengan “selcontrol”, karena segala sesuatunya dibuat dan diterapkan dari danuntuk kepentingan kelompok sosial(profesi) itu sendiri.Kehadiran organisasi profesi dengan perangkat “built-inmechanismberupa kode etik profesi dalam hal ini jelas akandiperlukan untuk menjaga martabat serta kehormatan profesi, dandi sisi lain melindungi masyarakat dari segala bentukpenyimpangan maupun penyalah-gunaan keahlian (Wignjosoebroto,1999).Sebuah profesi hanya dapat memperoleh kepercayaan darimasyarakat, bilamana dalam diri para elit profesional tersebut adakesadaran kuat untuk mengindahkan etika profesi pada saatmereka ingin memberikan jasa keahlian profesi kepada masyarakatyang memerlukannya.
I.2
Etika dan Estetika
Etika disebut juga filsafat moral adalah cabang filsafat yangberbicara tentang praxis (tindakan) manusia. Etika tidakmempersoalkan keadaan manusia, melainkan mempersoalkanbagaimana manusia harus bertindak. Tindakan manusia iniditentukan oleh bermacam-macam norma.Norma ini masih dibagi lagi menjadi norma hukum, norma moral,norma agama dan norma sopan santun. Norma hukum berasal darihukum dan perundang- undangan, norma agama berasal dariagama sedangkan norma moral berasal dari suara batin. Norma
 
sopan santun berasal dari kehidupan sehari-hari sedangkan normamoral berasal dari etika.
I.3
Etika dan Etiket
Etika (ethics) berarti moral sedangkan etiket (etiquette) berartisopan santun. Persamaan antara etika dengan etiket yaitu:
Etika dan etiket menyangkut perilaku manusia. Istilahtersebut dipakai mengenai manusia tidak mengenai binatangkarena binatang tidak mengenal etika maupun etiket.
Kedua-duanya mengatur perilaku manusia secara normatiartinya memberi norma bagi perilaku manusia dan dengandemikian menyatakan apa yag harus dilakukan dan apa yangtidak boleh dilakukan. Justru karena sifatnya normatif makakedua istilah tersebut sering dicampuradukkan.
Perbedaan antara etika dengan etiket 
1.
Etiket menyangkut cara melakukan perbuatan manusia. Etiketmenunjukkan cara yang tepat artinya cara yang diharapkanserta ditentukan dalam sebuah kalangan tertentu.Etika tidakterbatas pada cara melakukan sebuah perbuatan, etika memberinorma tentang perbuatan itu sendiri. Etika menyangkut masalahapakah sebuah perbuatan boleh dilakukan atau tidak bolehdilakukan.
2.
Etiket hanya berlaku untuk pergaulan.Etika selalu berlakuwalaupun tidak ada orang lain. Barang yang dipinjam harusdikembalikan walaupun pemiliknya sudah lupa.
3.
Etiket bersifat relatif. Yang dianggap tidak sopan dalam sebuahkebudayaan, dapat saja dianggap sopan dalam kebudayaanlain.Etika jauh lebih absolut. Perintah seperti janganberbohong”, “jangan mencuri” merupakan prinsip etika yangtidak dapat ditawar-tawar.4.Etiket hanya memadang manusia dari segi lahiriah sajasedangkan etika memandang manusia dari segi dalam. Penipumisalnya tutur katanya lembut, memegang etiket namunmenipu. Orang dapat memegang etiket namun munafiksebaliknya seseorang yang berpegang pada etika tidak mungkinmunafik karena seandainya dia munafik maka dia tidak bersikapetis. Orang yang bersikap etis adalah orang yang sungguh-sungguh baik.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->