Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
132Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Konsep Promosi Jabatan

Konsep Promosi Jabatan

Ratings:

4.33

(3)
|Views: 31,933|Likes:
Published by f7ar@live

More info:

Published by: f7ar@live on Jun 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/20/2013

pdf

text

original

 
Konsep Promosi Jabatan
Pada dasarnya Promosi Jabatan merupakan salah satu bagian dari program penempatan yang dilaksanakan oleh perusahaan. Penempatan karyawandilakukan dengan membuat penyesuaian terhadap kebutuhan perusahaan yang berhubungan dengan perencanaan untuk memperoleh orang yang tepat pada posisi yang tepat (
right man on the right place
).Promosi jabatan dilakukan olah perusahaan untuk mengisi kekosongan pormasi ini disebabkan oelh beragam hal mulai dari pension hari tua hingga pengunduran diri karyawan. Untuk itu perusahaan mencari karyawan yang telahada yang dinilai memiliki kualifikasi sesuai dengan jabatan baru yang dibutuhkandari yang dibutuhkan untuk dapat di promosikan.Promosi Jabatan memberikan peranan penting bagi setiap karyawan bahkanmenjadi sebuah idaman dan tujuan yang selalu di harapkan. Idaman dan tujuan ini berkaitan dengan apa yang akan diperoleh dan dicapai oleh karyawan setelahmemperoleh promosi jabatan. Setiap karyawan berusaha memberikan performayang terbaik bagi perusahaan dengan harapan bahwa kinerja yang dihasilkansesuai yang diharapkan oleh perusahaan. Karyawan yang berhak memperoleh promosi haruslah memiliki kecakapan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Karena karyawan tersebut akan memiliki tugas dan tanggung jawabyang lebih besar dibandingkan dengan jabatan sebelumnya.
Pengertian Promosi Jabatan
Untuk dapat memahami isi atau makna dari suatu konsep, hendaknyaseseorang mengatahui definisi atau pengertian terlebih dahulu dari konsep-konsepini. Peneliti akan menjabarkan beberapa pengertian terlebih dahulu dari konseptersebut. Peneliti akan menjabarkan beberapa pengertian yang dikemukakan oleh para ahli yang dikutip dari berbagai sumber buku serta sumber lainnya.Pengertian promosi jabatan menurut Hasibuan (2006:108) adalah promosi jabatan merupakan perpindahan yang memperbesar authority dan responbilitykaryawan ke jabatan yang lebih tinggi di dalam suatu organisasi sehingga hak,status, dan penghasilan mereka akan semakin besar.Hal ini berarti seseorang memperoleh promosi jabatan akan memlikiwewenang dan tanggung jawab yang lebih besatr karena memperoleh jabatanyang lebih tinggi. Selain itu efek yang ditimbulkan adalah hak, status, dan
 
 penghasilan yang berupa upah/gaji dan tunjangan lainnya, akan bertambahdibandingkan dengan jabatan yang diperoleh sebelumnya.Penyataan senada juga dikemukakan oleh Samsudin (2005:264) denganmenungkapkan bahwa: Suatu promosi jabatan berate pula perpindahan dari suatu jabatan ke jabatan yang lain berarti bahwa konvensasi (upah, gaji, dansebagainya) menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan jabatan yang lama.Tidak jauh berbeda dengan Hasibuan, Samsudin juga berpendapat bahwadengan memperoleh promosi jabatan maka seseorang akan menyandang jabatan baru dengan tanggungjwab dan kewenagan yang lebih besar, serta konvensasiyang menjadi salah satu tujuan dari seseorang untuk di promosikan akan semakin besar pula.Sementara itu Moekijat (1999:101) mengungkapkan pengertian lain dari promosi jabatan, yaitu:
 Promosi adalahkemajuan yang diperoleh sebagai pegawai pada suatutugas yang lebih baik, lebih baik dimaksud dipandang dari sudut tanggung jawab yang lebih berat martabat atau status yang lebih tinggi, kecakapan yang lebihbaik, dan yang terpenting adalah penambahan jimlah gaji atau upah.
Moekijat menjelaskan bahwa promosi yang diperoleh oleh seorangkaryawan dipandang sebagai suatu kemajuan. Dimana karyawan akan memilikisuatu pencapaian tugas dan pekerjaan yang lebih baik. Karyawan akan menerimatanggung jawab dan tugas yang lebih itnggi. Tetapi keadaan ini akan diimbangidengan perolehan kompenasasi berupa gaji dan upah yang sebanding dengantanggung jawab dan tugas yang dijalankan.Sedangkan Nitisemito (1986:134) menjelaskan mengenai adanya suatu nilaiyang bertambah kedalam pengertian promosi jabatan, yaitu :
“Promosi jabatan adalah proses pemindahan karyawan dari suatu jabatanke jabatan lain yang lebih tinggi. Promosi akan tugas tanggung jawab danwewenang yang lebih tinggi. Promosi akan diikuti dengn tugas tanggung jawabdan wewenang yang lebih tinggi dari jabatan yang diikuti sebelumnya. Dan padaumumnya promosi juga diikuti dengan peningkatan income dan fasilitas lain.Tetapi promosi sendiri sebenarnya memiliki nilai karena promosi merupakanbukti pengakuan antara lain terhadap prestasinya”.
Pengertian promosi menurut Nitisemito semakin menegaskan bahwa prmosi jabatan merupakan perpindahan jabatan ke jabatan yang lebih tinggidengan tugas, tanggung jawa dan wewenang yang lebih tinggi, diiringi dengan
 
 peningkatan kompensasi dan fasilitas lain. Selain itu Nitisemito menambahkan bahwa promosi memiliki nilai lain sebagai sebuah pencapaian yang hendak dicapai oelh seseorang selain unsure-unsur yang telah disebutkan, yaitu bukti pengakuan yang antara lain prestasi kerja, kemampuan, dan potensi yangdimiliknya untuk menduduki jabatan yang baru,Selain itu Edwin B Flipo yang dialih bahasan oleh Hasibuan (2006:108)mengungkapkan bahwa.
“A promotion involves a changes from one job another job that is better in terms status and responbility. Ordinaly yhe changeti the hingger jib is isaccompanied by icreases pat and privikedges but not always” 
Promosi ini berarti perpindahan dari jabatan ke jabatan yang lebih tinggidisertai dengan peningkatan gaji/upah lainnya, walaupun tidak selalu demikian.
Indokator Promosi Jabatan
Ada beberapa indicator dari promosi jabatan yang dikemukakan oleh paraahli yang dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan promosi jabatan. Salahsatunya adalah dikemikakan oleh Moekijat (1999:106) yang menyebutkan bahwa ada pertimbangan-pertimbangan yang digunakan dalam pelaksanaan jabatan, yaitu :1.Promosi dibuat atas dasar kecapanSemua pelaksanaan prmosi jabatan dalam saringan pegawai dibuat atasdasar kecakapan diantara pegawai yang paling cakap.2.Promosi diselenggarakan hanyya menurut rencana organisasiPromosi diselenggarakan hanya menurut rencana ormosi organisasi dandisesuaikan dengan kebijaksanaan promosi dari bagian urusa pegawai.3.Pegawai harus diinformasikan tentang rencana promosiPara pegawai harus menginformasikan tentang perkembangan dan penempatan rencana promosi sejalas dab sedetail mungkin.4.Pemberian keterangan mengenai kebijakan dan prosedur promosimemelihara dan melindungi pegawai dengan member segala keterangantentang kebijaksanaan dan prosedur untuk mengatur rencana promosi.5.Lapang persaingan seluas-luasnya.Tiap rencana promosi menggunakan lapangan persaingan yang seluas-luasnya dengan didasarkan atas alas an yang tepat serta dilakukan dengan jujur.
Tujuan Promosi Jabatan

Activity (132)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Mam Khal liked this
Indri Apriyani liked this
trimaberkarya liked this
Bow Ciel liked this
nasmaranty liked this
hendrotop liked this
Ayla Lela liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->