Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
112Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Membedakan Campuran Dan Senyawa

Membedakan Campuran Dan Senyawa

Ratings:

4.0

(3)
|Views: 15,812 |Likes:
Published by agustian1986

More info:

Published by: agustian1986 on Jun 13, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/22/2013

pdf

text

original

 
a.Judul Praktikum
: Membedakan Campuran dan Senyawa
b.Tanggal Praktikum
: 30 Desember 2007
I.Tujuan Praktikum.
Membedakan Campuran Homogen dan Heterogen.
II.Dasar Teori
2.1Jika beberapa zat bergabung / bercampur tanpa melakukan reaksi kimia,maka campuran zat-zat tersebut adalah campuran.Dalam kehidupan sehari-hari banyak menjumpai contoh-contohnya : airlaut, udara dan makanan.1.Perbedaan antara campuran dan senyawa ialahCampurana.Campuran tak tertentu tanpa reaksi kimia.b.Perbandingan komponen yang menyusun campuran tidak tentu dandapat sembarang.c.Komponen-komponen campuran tetap memiliki sifat masing-masing.d.Campuran dapat dipisahkan menjadi komponen-komponennyadengan cara fisisSenyawaa.Senyawa terbentuk melalui reaksi kimiab.Perbandingan komponen yang menyusun senyawa melalui caratertentu dan tetap.c.Komponen-komponen senyawa kehilangan sifat semulanya.d.Senyawa tidak dapat dipisahkan menjadi komponen-komponendengan cara fisis, tetapi harus melalui cara reaksi kimia.a.Sebuah magnet yang dilewatkan melalui campuran akan menarik serbuk besi tetapi tidak menarik serbuk belerang.
 
b.Jika campuran itu dimasukkan kedalam air dalam tabung reaksiserbuk besi tenggelam kedasar tabung (karena massa jenis lebihbesar). Sedangkan belerang mengambang dipermukaan air (karenamassa jenisnya lebih kecil ).c.Jika campuran itu dimasukkan kedalam larutan asam clorida, besiakan bereaksi dengan asam clorida menghasilkan gas hidrogen.Belerang tidak bereaksi dan jumlahnya tidak berkurang.Mencampurkan serbuk besi dengan serbuk belerang dalamperbandingan berat 7 : 4, lalu campuran ini dipanaskan kedua unsuritu akan bereaksi : membentuk senyawa besi Sulfida. Zat batutersebut bisa memperlihatkan sifat yang berbeda dari sifat besi danbelerang antara lain :a.Senyawa tidak tertarik magnet.b.Dalam air senyawa ini tenggelam kedasar wadah tidak terjadipemisahan antara besi dan belerang.c.Senyawa ini bereaksi dengan asam Clorida, menghasilkan gashidrogen Sulfida.Pemisahan campuran dapat dilakukan dengan beberapa cara :
1.FILTRASI
(Penyaringan)
Filtrasi adalah cara pemisahan zat padat dari cairan melalui saringan(filter) yang berpori-pori, dilaboratorium kita dapat berexsperimenuntuk memisahkan pasir dari air dengan corong yang dilapisi kertassaring. Pasir tinggal dikertas saring air turun kebawah menembuskertas saring, cairan hasil saringan tersebut disebut Filter. Cara filtrat juga digunakan untuk memisahkan zat-zat yang kelarutannya berbedamisalnya : gula yang dikotori pasir, gula tersebut dimasukkan keairgula akan melarut kedalam air, sedangkan pasir tidak melaluipenyaringan akan memisahkan air dengan pasir sedangkan gula yanglarut akan turun mengikuti air sebagai filtrat. Lalu filtrat dipanaskansehingga menguap dan menghasilkan gula padat / kristal.
 
2.KRISTALISASI
(Penghamburan)
Kristalisasi ialah cara memperoleh zat padat yang larut dalam air.Cara-cara Kristalisasi :a.Cara penguapanCairan digunakan melalui pemanasan, sehingga membentuk kristalpadat. Cara ini sering digunakan pada pembuatan garam. Air lautdiuapkan dengan sinar matahari atau api dengan suhu tertentu air akanmenguap dan akan membentuk kristal garam.b.Cara pendinginanZat-zat padat lebih mudah larut dalam air panas dari pada dalam airdingin, jika suatu larutan didinginkan maka kelarutan zat akanberkurang, sehingga muncul seperti kristal. Cara ini dipakai padaindustri belerang. Uap air yang sangat panas di pompakan pada depositbelerang didalam tanah, sehingga belerang meleleh atau larut.Kemudian larutan panas itu naik kepermukaan tanah oleh udara yangbertekanan tinggi, ketika didinginkan kembali belerang akanmengkristal kembali.
3.DISTILASI
(Penyulingan)
Distilasi adalah cara memperoleh cairan yang dikotori zat terlarut ataubercampur dengan cairan lain yang titik didihnya berbeda. Cairan yangdidinginkan harus didihkan hingga menguap. Uap itu dilewatkanmelalu alat pengembun (kondenser) supaya cair kembali.
4.EKTRASI
(Pengairan)
Ekstrasi adalah cara pemisahan suatu zat dari campurannya denganmelarutkan zat itu pada pelarut yang sesuai. Zat yang diperoleh disebutsari (Ekstrak).
5.ADSORPSI
(Penyerapan)
Adsorpsi adalah penarikan suatu zat terhadap zat yang lain secara kuatsehingga menempel pada permukaannya.

Activity (112)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
ankholish6830 liked this
Hayuno Sakura liked this
Widya Miny liked this
Nisa Annisa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->