Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
tumbuh kembang

tumbuh kembang

Ratings: (0)|Views: 27 |Likes:
Published by MayaSuheri

More info:

Published by: MayaSuheri on Aug 31, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/08/2014

pdf

text

original

 
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
A. Latar Belakang
TUMBANG ANAK
Aspek tumbuh kembang pada anak dewasa ini adalah salah satu aspek yang diperhatikansecara serius oleh para pakar, karena hal tersebut merupakan aspek yang menjelaskanmengenai proses pembentukan seseorang, anak secara fisik maupun psikososial. Namunsebagian orang tua belum memahami hal ini, terutama orang tua yang mempunyai tingkat pendidikan dan sosial ekonomi yang relatif rendah. Mereka menganggap bahwa selama anak tidak sakit, berarti anak tidak mengalami masalah kesehatan termasuk pertumbuhan dan perkembangannya. Sering kali para orang tua mempunyai pemahaman bahwa pertumbuhandan perkembangan mempunyai pengertian yang sama. (Nursalam, 2005 : 31-32) Aspek tumbuh kembang pada masa anak merupakan suatu hal yang sangat penting, yang seringdiabaikan oleh tenaga kesehatan khususnya di lapangan. Biasanya penanganan lebih banyak difokuskan pada mengatasi penyakitnya, sementara tumbuh kembangnya diabakan. Seringterjadi setelah anak sembuh dari sakitnya, justru timbul masalah berkaitan dengan tumbuhkembangnya, misalnya anak mengalami kemunduran dalam kemampuan otonominya.(Nursalam, 2005 : 45 )
 
Angka kematian bayi di Indonesia tertinggi di Asia Tenggara. Karenanya, hal itu menjadikegiatan prioritas Departemen Kesehatan pada periode 2005-2009. Menurut SurveiDemografi Kesehatan Indonesia 2002-2003, Angka Kematian Bayi (AKB) tercatat 35 per 1.000 kelahiran hidup. Depkes menargetkan pada tahun 2009 AKB menjadi 26 per 1.000kelahiran hidup. Gizi kurang Pada tahun yang sama prevalensi gizi kurang pada anak balitaakan diturunkan dari 25,8 persen menjadi 20 persen dan umur harapan hidup dinaikkan dari
 
66,2 tahun menjadi 70,6 tahun. (Depkes, 2007)
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
 A. Pengertian.
 
Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan BalitaMenurut Whaley dan Wong, pertumbuhan sebagai suatu peningkatan jumlah atauukuran\ sel tubuh yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan ukuran dan beratseluruh bagian tubuh (Supartini, Yupi : 2004).
Tumbuh adalah proses bertambahnyaukuran/ dimensi akibat penambahan jumlah atau ukuran sel dan jaringan interseluler (Mansjoer, 2000 : 580). Pertumbuhan adalah suatu peningkatan ukuran fisik keseluruhan atausebagian yang dapat diukur, dimana grafik pertumbuhan meliputi tinggi, berat badan dandiameter pada lipatan kulit (Suriadi, 2001 : 1). Pertumbuhan adalah bertambah besar dalamaspek fisis akibat multiplikasi sel dan bertambahnya jumlah zat interseluler (Hassan, 2007 :387).
 
Menurut Whaley dan Wong, perkembangan manitik beratkan pada perubahan yang terjadisecara bertahap dari tingkat yang paling rendah ke tingkat yang paling tinggi dan kompleksmelalui proses maturasi dan pembelajaran ( Supartini, Yupi: 2004).Perkembangan adalah pertambahan kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih komleks dalam pola yangteratur dan dapat diramalkan sebagai hasil dari proses pematangan ( Soetjiningsih : 1998).Pengertian dari kembang (berkembang) adalah proses pematangan/ maturasi fungsi organtubuh termasuk berkembangnya kemampuan mental intelegensi serta perilaku anak (Mansjoer, 2000 : 580). Perkembangan adalah suatu rangkaian peningkatan keterampilan dankapasitas untuk berfungsi (Suriadi, 2001 : 1). Perkembangan adalah digunakan untuk menunjukkan bertambahnya ketrampilan dan fungsi yang kompleks dalam pengaturanneuromuskuler, berkembang dalam mempergunakan tangan kanannya dan berbentuk pulakepribadiannya (Hassan, 2007 : 387
 
B. Tahapan Tumbuh Kembang
 Proses tumbuh kembang dimulai sejak sel telur dibuahi dan akan berlangsung sampaidewasa.
1.
 
Tahap prenatal
 
 
 
Masa embrio : mulai konsepsi
 – 
8 minggu
 
 
Masa tengah fetus : 9 minggu
 – 
24 minggu
 
 
Masa fetus lanjut : 24 minggu
 – 
lahir 
 
2.
 
Tahap postnatal
 
 
Masa neonatal : lahir 
 – 
1 bulan
 
 
Masa bayi awal : 1 bulan
 – 
1 tahun
 
 
Masa bayi lanjut : 1 tahun
 – 
2 tahun
 
3.
 
Masa anak 2-12 tahun :
 
 
Masa prasekolah : 2
 – 
6 tahun
 
 
Masa sekolah : 6
 – 
12 tahun
 
4.
 
Masa remaja (adolesen) : 10-18 tahun- Pra pubertas : wanita 10-12 tahun,laki-laki 10-14 tahun- Pubertas : wanita 12-14 tahun,laki-laki 14-15 tahun- Post pubertas :wanita 14-18 tahun,laki-laki 16-20 tahun
 
C.
 
Ciri-Ciri Tumbuh-Kembang
 
Menurut Nursalam (2005 : 32-33) menjelaskan bahwa pada umumnya pertumbuhanmempunyai ciri-ciri tertentu, yaitu:
 
a.
 
Perubahan proporsi tubuh yang dapat diamati pada masa bayi dan dewasa. Sebagaimana pada usia 2 tahun besar kepala hampir seperempat dari panjang badan keseluruhan, kemudiansecara berangsur-angsur proporsinya berkurang.
 
 b.
 
Hilangnya ciri-ciri lama dan timbulnya ciri-ciri baru yang ditandai dengan lepasnya gigi susudan timbulnya gigi permanen, hilangnya reflex primitif pada masa bayi, timbulnya tanda sekssekunder, dan perubahan lainnya.
 
c.
 
Kecepatan pertumbuhan tidak teratur yang ditanda dengan adanya masa-masa tertentu yaitumasa pranatal, bayi dan adolesensi, dimana terjadi pertumbuhan cepat. Dan masa prasekolahdan masa sekolah dimana pertumbuhan berlangsung lambat.
 
D.
 
Pola Perkembangan
 
Yaitu peristiwa yang terjadi selama proses pertumbuhan dan perkembangan pada anak.
 
1.
 
Pola perkembangan fisik yang terarah Terdiri dari dua prinsip yaitu cephalocaudal dan proximal distal (Wong, 1995)
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->