Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
28Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ANALISIS LIKUIDITAS

ANALISIS LIKUIDITAS

Ratings: (0)|Views: 3,473 |Likes:
Published by nanky

More info:

Published by: nanky on Jun 16, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/06/2013

pdf

text

original

 
ANALISIS LIKUIDITAS/ PERTUMBUHAN ERNST
Penerapan
Memodifikasi neraca standar untuk membuat gambaran yang lebih jelasmengenai gejala likuiditas dan investasi dalam aktiva pertumbuhan produksi.
Mengelola arus kas selama periode pertumbuhan dan investasi yang cepat.
Menaksir tingkat pertumbuhan yang berkesinambungan dan kebutuhanpembiayaan eksternal.
Mengembangkan strategi yang didasarkan pada posisi pertumbuhan danlikuiditas perusahaan dan pesaingnya.
Prosedur 
1.Menggunakan bentuk neraca, digabungkan dengan persediaan dan aktiva jangka panjang untuk mengukur pertumbuhan investasi jangka panjangperusahaan.2.Mengurangi utang lancar dan utang jangka panjang dari aktiva keuangan untukmendapatkan likuiditas operasi.3.Melihat kecenderungan dalam pertumbuhan produksi maupun likuiditaskelebihan waktu, dan membandingkan nilainya dengan nilai pesaing.
4.
Bila perlu, menempatkan sebuah kurva operasi perusahaan denganmenggunakan perubahan tahunan dalam pertumbuhan aktiva dan likuiditas,dibandingkan dengan penjualan.5.Menemukan keseimbangan operasi, batas pertumbuhan kedalam bagiankeuangan, yang dituangkan pada grafik. Mencari kesenjangan operasi yangmenunjukkan masalah likuiditas diwaktu yang akan datang.6.Menempatkan sebuah kurva keuntungan yang ditahan pada grafik danmenggunakannya untuk mengenali keseimbangan strategi, sebagai bataspertumbuhan keluar bagian keuangan.7.Menggunakan grafik untuk mengembangkan strategi dan membandingkan posisikeuangan dengan pesaing dalam industri Anda.
Acuan TambahanKeputusan perencanaan strategis
Harry Ernst dari Compumetrics, sebuah perusahaan konsultasi di Boston,mengembangkan metode ini untuk sebuah perusahaan yang menderita krisis arus kas,setelah memperoleh permintaan meningkat. Perusahaan tersebut kemudian menambahkapasitasnya untuk memenuhi permintaan yang melonjak itu. Manajemen menjadikebingungan karena terjadi kesulitan dalam mengelola pertumbuhan dan likuiditasmelalui pernyataan keuangan konvensional serta mengharapkan sebuah pernyataanyang memberikan informasi lebih jelas tentang likuiditas.
 
Metode ini mencari keadaan likuiditas dan investasi perusahaan dalam aktivapertumbuhan produksinya. Investasi perusahaan dalam aktiva, seperti persediaan,bangunan pabrik, dan tanah memberikan kekuatan kepada perusahaan tersebut untukmeningkatkan penjualan dan keuntungan. Meningkatnya investasi biasanya akanmenghasilkan pertumbuhan. Hal tersebut juga menurunkan likuiditas karenapenggunaan kas yang ada dan penggunaan aktiva jangka pendek atau menambahutang perusahaan. Pertukaran (trade-off) antara likuiditas dan investasi dalampertumbuhan, telah sesuai dengan kebijakan keuangan dan seluruh strategi, sertaberguna dalam analisis persaingan.Dr. Ernst masih menerapkan konsep ini lebih banyak lagi bagi manajemen dariportofolio investasi, mengembangkan Pertumbuhan, Likuiditas, dan MetodeProfitabilitas dari perimeter investasi. Detil dari metode tersebut diluar jangkauan artikelini, tetapi fakta bahwa pertumbuhan/likuiditas neraca dapat digunakan untukmemprediksikan penjualan dan keuntungan seperti yang tercermin dalam hargapersediaan untuk sebuah portofolio dari pinjaman persediaan yang direkomendasikan,bila akan menggunakan metode ini dalam pengelolaan keuangan dan ketentuanstrategi persaingan dalam perusahaan yang sama.
Petunjuk
1.Ubahlah struktur neraca untuk menciptakan sebuah neracapertumbuhan/likuiditas. Pertama, gabungkan semua persediaan dalam aktiva jangka panjang pad sisi pertumbuhan. Kurangkan jumlah ini dari pemegangsaham (Laba yang ditahan ditambah modal saham), untuk menyatakan sebuahpertumbuhan surplus atau defisit, dan kemampuan perusahaan dalammenginvestasikan aktiva pertumbuhan produksi tambahan.
NERACA PERTUMBUHAN/LIKUIDITASPertumbuhan Likuiditas
Modal pemegang sahamKas dan piutang(aktiva keuangan)
Dikurangi 
Persediaan
Dikurangi 
Utang lancar Kekayaan bersih,bangunan pabrik,dan peralatanJumlah pinjaman jangkapanjangAktiva jangka panjangyang lain
Sama dengan
Surplus atau defisitPertumbuhan
Sama dengan
Likuiditas operasi
 
2.
Kurangkan seluruh utang lancar dan utang jangka panjang dari aktiva keuangan(seperti kas dan piutang-piutang). Perbedaannya merupakan likuiditas operasi.Ubahlah struktur neraca dengan pertumbuhan di sebelah kiri dan likuiditas disebelah kanan. Karena ini menggunakan seluruh informasi neraca, neraca yangbaru akan tetap seimbang. Aktiva pertumbuhan dan likuiditas operasi samadengan modal pemegang saham.3.Lihatlah kecenderungan aktiva pertumbuhan dan likuiditas operasi sebagaipetunjuk kesehatan keuangan perusahaan atau untuk mengantisipasi kebiasaandi masa datang. Misalnya, bila neraca IBM tahun 1979 dan 1980 telah dianalisis,likuiditas operasinya turun dari $-4,4 miliar menjadi $-6,5 miliar. Perbedaansebesar $2,1 miliar dihitung sebagai bagian dari investasi berat dalam aktiva fisikdan sebagai bagian sebuah kegagalan untuk menghitung sepenuhnya sebagaiinflasi. Pada periode ini pertumbuhan IBM berada di tingkat yang tidak berlanjutberdasarkan pada pertumbuhan/likuiditas neraca.4.Wawasan tambahan dapat diperoleh dengan membuat kurva operasi. Inimerupakan hubungan antara perubahan tahunan dalam likuiditas operasiterhadap perubahan tahunan dalam aktiva perubahan produksi.Persiapkan neraca pertumbuhan/likuiditas untuk sekurang-kurangnya lima tahun(gunakan langkah 1 sampai 3). Gunakan jumlah dari aktiva pertumbuhan yangberturut-turut untuk menghitung perubahan persentase tahunan: (YR2/YR1) – 1.Juga hitung perubahan persentase tahunan dalam likuiditas operasi. Kemudiandari setiap perubahan persentase tahunan ini kedalam aktiva pertumbuhan danlikuiditas dengan angka penjualan untuk tahun-tahun terakhir untukmenormalkannya terhadap penjualan: [(YR2/YR1) – 1] / YR2 penjualan.Tempatkan angka-angka ini pada sebuah grafik dengan angka modal investasipada sumbu datar dan angka likuiditas operasi pada sumbu tegak. Buat garisregresi persegi paling kecil (least squares regression line) ke titik data untukmenjadikan sebuah garis dengan sudut menurun. Garis yang membentuk sudutini mencerminkan pertukaran antara pertumbuhan aktiva dan likuiditas untukperusahaan khusus (dan memberikan petunjuk mengenai kebiasaanmanajemen). Misalnya; sudut -1,0 menunjukkan bahwa utang tumbuh dua kalilebih cepat dari kekayaan, diperkirakan tidak ada perubahan yang berkelanjutandalam kas dan piutang-piutang.
Catatan
: Kurva operasi akan diganti dengan kenaikan dalam salah satu rasio:laba yang ditahan terhadap penjualan atau modal investasi terhadap penjualan.

Activity (28)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Moesairil Hadi liked this
Bhilqiez Jelegh liked this
ygusnendar liked this
Zia Afiz liked this
Hadyan Farizi liked this
Khairani Rani liked this
Arif Wicaksono liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->