Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
27Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Referat - Influenza

Referat - Influenza

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 1,073|Likes:
Published by Anwarusy Syamsi
Referat koass saat menjalani stase ilmu penyakit dalam di RSUD Wonosobo
Referat koass saat menjalani stase ilmu penyakit dalam di RSUD Wonosobo

More info:

Published by: Anwarusy Syamsi on Jun 16, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/05/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANI.A Latar Belakang
Influenza atau biasa disebut "flu", merupakan penyakit tertua dan palingsering didapat pada manusia. Influenza juga merupakan salah satu penyakit yangmematikan. Penyakit influenza pertama kali diperkenalkan oleh Hipocrates pada412 sebelum Masehi. Pandemi pertama yang terdokumentasi dengan baik muncul pada 1580, dimana muncul dari Asia dan meyebar ke Eropa melalui Africa.Sampai saat ini telah terdokumentasi sebanyak 31 kemungkinan terjadinya pandemi influenza dan empat di antaranya terjadi pada abad ini yakni pada 1918(Spanish flu) yang menyebabkan 50-100 juta kematian oleh virus influenza Asubtipe H1N1, 1957 (Asia flu) yang meyebabkan 1-1,5 juta kematian oleh virusinflueza A subtipe H2N2, dan 1968 (Hongkong flu) yang menyebabkan 1 jutakematian oleh virus ifluenza A subtipe H3N2.
(1)
Penyakit tersebut hingga saat ini masih mempengaruhi sebagian besar  populasi manusia setiap tahun. Virus influenza mudah bermutasi dengan cepat, bahkan seringkali memproduksi strain baru di mana manusia tidak mempunyaiimunitas terhadapnya. Ketika keadaan ini terjadi, mortalitas influenza berkembangsangat cepat.Di Amerika Serikat epidemi influenza yang biasanya muncul setiap tahun pada musim dingin atau salju menyebabkan rata-rata hampir 20.000 kematian.Sedangkan di Indonesia atau di negara-negara tropis pada umumnya kejadian
1
 
wabah influenza dapat terjadi sepanjang tahun dan puncaknya akan terjadi pada bulan Juli.
(2)
 Karena sifat-sifat materi genetiknya, virus influenza dapat mengalamievolusi dan adaptasi yang cepat, dapat melewati barier spesies dan menyebabkan pandemic pada manusia. Burung air liar dan itik menjadi sumber virus yang potensial sebagai pemicu pandemi di Indonesia. Sedangkan ternak babi berperan sebagai tempat reassortment virus avian influenza (VAI) dengan virushuman influenza. Burung puyuh dapat juga menjadi tempat reassortment dariVAI asal berbagai burung yang dijual di pasar burung. Sementara peternakanunggas menyediakan hewan peka dalam jumlah yang banyak yangmemungkinkan VAI mengalami evolusi yang cepat. Suatu Rencana GawatInfluenza diusulkan untuk segera dikembangkan.
(3)
WHO menyatakan bahwa awal tahun 2006 ini merupakan saat terdekatterjadinya pandemi flu sejak pandemi terakhir tahun 1968. Data yang adamenunjukkan bahwa wabah avian influenza hanya kurang satu syarat lagi untuk menjadi ”calon” pandemi, yaitu belum ditemukan bukti penularan antarmanusia dimasyarakat. Pengalaman masa lalu, pandemi tahun 1918, misalnya, menunjukkan bahwa korban manusia dapat sampai puluhan juta orang.
(4)
Diseluruh dunia hingga April 2007 terdapat 172 kasus flu burung yangterkonfirmasi. Seperti dapat terlihat dari laporan WHO kasus terbanyak diVietnam (93 kasus) dan Indonesia menduduki peringkat ke-2 dengan 81 kasusnamun jumlah kematian di Indonesia yang tertinggi, yaitu 63 dari 81 kasus.
 
I.B Tujuan Penulisan
Untuk mengetahui definisi, epidemiologi, etiologi, patogenesis, dan gejalaklinis influenza sehigga dapat menegakkan diagnosis guna melakukan penanganan yang tepat.
3

Activity (27)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
derryherdhimas liked this
ilma_ilem liked this
ilma_ilem liked this
DikahayuAlifia liked this
ilma_ilem liked this
Eka Ambar's liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->