Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tujuan Hukum (Studi Kasus Pelanggaran Lalu Lintas)

Tujuan Hukum (Studi Kasus Pelanggaran Lalu Lintas)

Ratings: (0)|Views: 376 |Likes:
Published by meyrzashrie
Tugas mata kuliah Sistem Hukum Indonesia. Penjelasan tentang tujuan hukum beserta contoh kasusnya.
Tugas mata kuliah Sistem Hukum Indonesia. Penjelasan tentang tujuan hukum beserta contoh kasusnya.

More info:

Categories:Business/Law
Published by: meyrzashrie on Sep 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2014

pdf

text

original

 
Achmad Ali menyatakan bahwa hukum adalah seperangkat kaidah atau aturan yangtersusun dalam suatu sistem, yang menentukan apa yang boleh dan apa yang tidak bolehdilakukan oleh manusia sebagai warga masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, yang bersumber dari masyarakat sendiri maupun dari sumber lain, yang diakui berlakunya olehotoritas tertinggi dalam masyarakat tersebut, serta benar-benar diberlakukan oleh wargamasyarakat (sebagai suatu keseluruhan) dalam kehidupannya, dan jika kaidah tersebut dilanggar akan memberikan kewenangan bagi otoritas tertinggi untuk menjatuhkan sanksi yang sifatnyaeksternal.Setelah mengetahui pengertian dari dua kata di atas, secara umum dapat diartikan bahwatujuan hukum adalah arah atau sasaran yang hendak dicapai hukum dalam mengatur masyarakat.Dalam banyak buku tentang Ilmu Hukum, pembahasan mengenai tujuan hukum seringdipisahkan dari pembahasan tentang fungsi hukum. Hal seperti ini menurut Achmad Ali kurangtepat, sebab bagaimanapun pertalian antara tujuan hukum dengan fungsi hukum adalah suatu pertalian yang sangat erat.Yang pertama-tama yang perlu diketahui, tentu saja adalah tujuan hukum, sebab hanyatelah ditetapkannya apa yang menjadi tujuan dari hukum itu, kita dapat menentukan pula fungsiyang harus dijalankan hukum agar dapat mencapai tujuannya.Berbagai pakar di bidang hukum maupun bidang ilmu sosial lainnya, mengemukakan pandangannya masing-masing tentang tujuan hukum, sesuai dengan titik tolak serta sudut pandang mereka, diantaranya:
Wirjono Prodjodikoro, dalam bukunya “Perbuatan Melanggar Hukum” mengemukakan
 bahwa tujuan hukum adalah mengadakan keselamatan, kebahagiaan dan tata tertib dalammasyarakat.
Subekti, dalam bukunya “Dasar 
-
dasar Hukum dan Pengadilan” mengemukakan bahwa
hukum itu mengabdi pada tujuan negara yang intinya ialah mendatangkan kemakmuran dan
kebahagiaan rakyatnya, dengan cara menyelenggarakan “keadilan” dan “ketertiban”.
 
 
Apeldoorn,
dalam bukunya “Inleiden tot de studie van het Nederlandse recht”
menyatakan bahwa tujuan hukum adalah mengatur tata tertib dalam masyarakat secara damaidan adil.
Aristoteles, dalam bukunya “Rhetorica”, mencetuskan teorinya bahwa, tujuan hukum
menghendaki semata-mata dan isi dari pada hukum ditentukan oleh kesadaran etis mengenai apayang dikatakan adil dan apa yang tidak adil.Jeremy Bentham,
dalam bukunya “Introduction to The Morals and Legislation”
mengatakan bahwa hukum bertujuan semata-mata apa yang berfaedah bagi orang.Van Kan, berpendapat bahwa hukum bertujuan menjaga kepentingan tiap-tiap manusiasupaya kepentingan-kepentingan itu tidak dapat diganggu.Rusli Effendy mengemukakan bahwa tujuan hukum dapat dapat dikaji melalui tiga sudut pandang, yaitu:1.
 
Dari sudut pandang ilmu hukum normatif, tujuan hukum dititik beratkan padasegi kepastian hukum.2.
 
Dari sudut pandang filsafat hukum, maka tujuan hukum dititikberatkan padasegi keadilan.3.
 
Dari sudut pandang sosiologi hukum, maka tujuan hukum dititikberatkan padasegi kemanfaatan.Adapun tujuan hukum pada umumnya atau tujuan hukum secara universal, dapat dilihatdari tiga aliran konvensional :1.
 
Aliran EtisAliran ini menganggap bahwa pada asasnya tujuan hukum adalah semata-mata untuk mencapai keadilan. Hukum ditentukan oleh keyakinan yang etis tentang adil dan yang tidak adil,dengan perkataan lain hukum menurut aliran ini bertujuan untuk merealisir atau mewujudkankeadilan. Pendukung aliran ini antara lain, Aristoteles, Gery Mil, Ehrliek, Wartle.Salah satu pendukung aliran ini adalah Geny. Sedangkan penentang aliran ini pun cukup banyak, antara lain pakar hukum Sudikno Mertokusumo:
 
“Ka
lau dikatakan bahwa hukum itu bertujuan mewujudkan keadilan, itu berarti bahwa hukum ituidentik atau tumbuh dengan keadilan, hukum tidaklah identik dengan keadilan. Dengan demikian berart
i teori etis itu berat sebelah.”
 Tegasnya keadilan atau apa yang dipandang sebagai adil sifatnya sangat relatif, abstrak dan subyektif. Ukuran adil bagi tiap-tiap orang bisa berbeda-beda. Olehnya itu tepat apa yang pernah diungkapkan oleh N.E. Algra bahwa :
“Apakah sesuatu itu adil (
rechtvaardig 
), lebih banyak tergantung pada
 Rechtmatig heid 
 (kesesuaian dengan hukum) pandangan pribadi seseorang penilai. Kiranya lebih baik tidak 
mengatakan “itu adil”, tetapi itu mengatakan hal ini saya anggap adil memandang sesuatu itu
adil, terutama merupakan sesuatu pendapat mengenai nilai secara pribadi.
 2.
 
Aliran UtilistisMenurut aliran ini mengaggap bahwa pada asasnya tujuan hukum adalah semata-matauntuk menciptakan kemanfaatan atau kebahagiaan yang sebsar-besarnya bagi manusia dalam jumlah yang sebanyak-banyaknya. Jadi pada hakekatnya menurut aliran ini, tujuan hukum adalahmanfaat dalam mengahasilkan kesenangan atau kebahagiaan yang terbesar bagi jumlah orangyang terbanyak.Aliran utilistis ini mempunyai pandangan bahwa tujuan hukum tidak lain adalah bagaiamana memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi warga masyarakat (ajaran moral praktis).3.
 
Aliran Yuridis Dogmatik Menurut aliran ini menganggap bahwa pada asasnya tujuan hukum adalah semata-matauntuk menciptakan kepastian hukum, karena dengan adanya kepastian hukum, fungsi hukumdapat berjalan dan mampu mempertahankan ketertiban.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->