Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Sejarah Kebudayaan Indonesia

Tugas Sejarah Kebudayaan Indonesia

Ratings: (0)|Views: 143|Likes:
Published by Sul Sul Ca'en
TUGAS SEJARAH KEBUDAYAAN INDONESIA
TUGAS SEJARAH KEBUDAYAAN INDONESIA

More info:

Categories:Presentations
Published by: Sul Sul Ca'en on Sep 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/31/2014

pdf

text

original

 
 
TUGAS SEJARAH KEBUDAYAAN INDONESIA
CANDICandi
adalah istilah dalamBahasa Indonesiayang merujuk kepada sebuahbangunan keagamaan tempat ibadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradabanHindu-Buddha.
 Bangunan inidigunakan sebagai tempat pemujaandewa-dewiataupun memuliakanBuddha.Akan tetapi,
 
istilah 'candi' tidak hanya digunakan oleh masyarakat untuk menyebut tempat ibadah saja, banyak situs-situs purbakala non-religius dari masa Hindu-BuddhaIndonesiaklasik, baik sebagaiistana(kraton), pemandian (petirtaan),gapura,dan sebagainya, juga disebut dengan istilah candi
Jenis berdasarkan agama
 berdasarkan latar belakang keagamaannya, candi dapat dibedakan menjadi candi Hindu, candiBuddha, paduan sinkretis Siwa-Buddha, atau bangunan yang tidak jelas sifat keagamaanya danmungkin bukan bangunan keagamaan.1.
 
Candi Hindu
, yaitu candi untuk memuliakan dewa-dewa Hindu seperti Siwa atau Wisnu,contoh: candi Prambanan, candi Gebang, kelompok candi Dieng,candi GedongSongo,candi Panataran,dancandi Cangkuang.  2.
 
Candi Buddha
, candi yang berfungsi untuk pemuliaan Buddha atau keperluan bhiksusanggha, contoh candi Borobudur, candi Sewu,candi Kalasan,candi Sari, candiPlaosan,candi Banyunibo,candi Sumberawan,candi Jabung,kelompok candi Muaro Jambi,candi Muara Takus,dan candi Biaro Bahal.3.
 
Candi Siwa-Buddha
, candi sinkretis perpaduan Siwa dan Buddha, contoh:candi Jawi. 4.
 
Candi non-religius
, candi sekuler atau tidak jelas sifat keagamaanya, contoh:candi RatuBoko,gapura Bajang Ratu, candi Tikus, candi Wringin Lawang.
Jenis berdasarkan hirarki dan ukuran
Dari ukuran, kerumitan, dan kemegahannya candi terbagi atas beberapa hirarki, dari canditerpenting yang biasanya sangat megah, hingga candi sederhana. Dari tingkat skalakepentingannya atau peruntukannya, candi terbagi menjadi:1.
 
Candi Kerajaan
, yaitu candi yang digunakan oleh seluruh warga kerajaan, tempatdigelarnya upacara-upacara keagamaan penting kerajaan. Candi kerajaan biasanyadibangun mewah, besar, dan luas. Contoh:Candi Borobudur,Candi Prambanan,Candi Sewu,danCandi Panataran.  2.
 
Candi Wanua atau Watak 
, yaitu candi yang digunakan oleh masyarakat pada daerahatau desa tertentu pada suatu kerajaan. Candi ini biasanya kecil dan hanya bangunantunggal yang tidak berkelompok. Contoh: candi yang berasal dari masaMajapahit,CandiSanggrahandi Tulung Agung,Candi Gebangdi Yogyakarta, danCandi Pringapus.  3.
 
Candi Pribadi
, yaitu candi yang digunakan untuk mendharmakan seorang tokoh, dapatdikatakan memiliki fungsi mirip makam. Contoh:Candi Kidal(pendharmaan Anusapati,raja Singhasari),candi Jajaghu(Pendharmaan Wisnuwardhana, raja Singhasari),Candi Rimbi(pendharmaanTribhuwana Wijayatunggadewi,ibuHayam Wuruk),Candi Tegowangi(pendharmaan Bhre Matahun), danCandi Surawana(pendharmaan Bhre Wengker).
Fungsi
 
Candi dapat berfungsi sebagai:1.
 
Candi Pemujaan
: candi Hindu yang paling umum, dibangun untuk memuja dewa, dewi,atau bodhisatwa tertentu, contoh: candi Prambanan,candi Canggal,candi Sambisari,  dancandi Ijoyang menyimpan lingga dan dipersembahkan utamanya untuk Siwa,candi Kalasandibangun untuk memuliakanDewi Tara,sedangkancandi Sewuuntuk  memujaManjusri. 2.
 
CandiStupa
:didirikan sebagai lambang Budha atau menyimpan relik buddhis, atausarana ziarah agama Buddha. Secara tradisional stupa digunakan untuk menyimpanrelikui buddhis seperti abu jenazah, kerangka, potongan kuku, rambut, atau gigi yangdipercaya milik Buddha Gautama, atau bhiksu Buddha terkemuka, atau keluargakerajaan penganut Buddha. Beberapa stupa lainnya dibangun sebagai sarana ziarah danritual, contoh: candiBorobudur,candi Sumberawan,dancandi Muara Takus 3.
 
Candi Pedharmaan
: sama dengan kategori candi pribadi, yakni candi yang dibangununtuk memuliakan arwah raja atau tokoh penting yang telah meninggal. Candi ini kadang berfungsi sebagai candi pemujaan juga karena arwah raja yang telah meninggalseringkali dianggap bersatu dengan dewa perwujudannya, contoh:candiBelahantempatAirlanggadicandikan, arca perwujudannya adalah sebagai Wishnu menunggang Garuda. Candi Simping di Blitar, tempatRaden Wijayadidharmakansebagai dewa Harihara.4.
 
Candi Pertapaan
: didirikan di lereng-lereng gunung tempat bertapa, contoh: candi-candidi lerengGunung Penanggungan,kelompok candi Dieng dancandi Gedong Songo,  sertaCandi Liyangandi lereng timur Gunung Sundoro,diduga selain berfungsi sebagai  pemujaan, juga merupakan tempat pertapaan sekaligus situs permukiman.5.
 
CandiWihara
:didirikan untuk tempat para biksu atau pendeta tinggal dan bersemadi,candi seperti ini memiliki fungsi sebagai permukiman atau asrama, contoh:candiSaridan Plaosan6.
 
CandiGerbang
:didirikan sebagai gapura atau pintu masuk, contoh: gerbang dikompleksRatu Boko,Bajang Ratu,Wringin Lawang,dan candi Plumbangan. 7.
 
Candi Petirtaan
: didirikan didekat sumber air atau di tengah kolam dan fungsinyasebagai pemandian, contoh:Petirtaan Belahan,Jalatunda, dancandi Tikus
Struktur

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->