Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
15Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UT

UT

Ratings: (0)|Views: 3,734|Likes:
Published by dedoth

More info:

Published by: dedoth on Jun 17, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/10/2012

pdf

text

original

 
4)Jurusan Bahasa dan Sastra
Program Studi Bahasa Inggris Penerjemahan (D-III)Program Studi ini (sesuai Surat Keputusan Rektor UniversitasTerbuka Nomor 146/J31/KEP/2000 tertanggal 20 September 2000) bukan merupakanprogram terminal, tetapi sebagai jembatan bagi para lulusan Program Sertifikat BahasaInggris FISIP-UT dan para calon mahasiswa UT untuk program yang lebih tinggi.Kurikulum dan bahan ajar Program Studi Diploma III Penerjemahan ini dititik-beratkanpada matakuliah kemahiran berbahasa Inggris (Reading, Listening, Writing danSpeaking) sampai pada tingkat lanjut, kemudian dilanjutkan dengan spesialisasi dalambidang penerjemahan pada tingkat madya.Pemegang ijasah SMU dapat diterima menjadi mahasiswa program ini sebagaimanaprogram D-III pada umumnya.Dengan memperhatikan visi, misi, tujuan pendidikan nasional dan tuntutan akanpermintaan tenaga penerjemahan pada tingkat Madya, maka Program Studi DiplomaIII Penerjemahan bertujuan mendidik tenaga profesional penerjemahan yang siappakai, yakni mempersiapkan lulusan yang:(a)bersifat terbuka dan cepat tanggapterhadap perubahan sosial di dalammasyarakat, khususnya yang berkaitandengan peningkatan sumber dayamanusia, dan kemajuan IPTEK;(b)memiliki keterampilan Mendengar,Membaca, Menulis dan Berbicara dalambahasa Inggris;(c)memiliki keterampilan menerjemahkannaskah-naskah dalam berbagai disiplinilmu dan profesi dari bahasa Inggris kebahasa Indonesia.
II. REGISTRASI DAN BIAYA PENDIDIKAN
A. Sistem RegistrasiUT menyelenggarakan 2 (dua) program pendidikan, yakni program Pendas dan Non-Pendas. Program Non-Pendas adalah program pendidikan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum. Sedangkan program Pendasmerupakan program yang diselenggarakan secara khusus. Pada saat ini program studi yang termasuk dalamprogram Pendas adalah Program D-II Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak (PGTK), D-II Pendidikan OlahRaga (Pendor) untuk Guru SD, dan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).Kedua jenis program ini mempunyai sistem registrasi dan waktu ujian yang berbeda. Pada program Non-Pendas semua mata kuliah ditawarkan setiap semester (masa registrasi), sedangkan pada program Pendasmata kuliah ditawarkan dalam bentuk paket semester.
1. Jenis Registrasi
 UT mengenal 3 (tiga) jenis registrasi, yaitu registrasi pertama, registrasi mata kuliah, dan pendaftaran TugasAkhir Program (TAP). Registrasi pertama merupakan pencatatan data pribadi mahasiswa beserta mata kuliahyang diambil pada semester pertama. Pencatatan data pribadi hanya dilakukan satu kali selama menjadimahasiswa UT, yaitu pada saat registrasi pertama. Selanjutnya, setiap awal masa registrasi semesterberikutnya mahasiswa melakukan registrasi mata kuliah. Menjelang akhir masa studi, setiap mahasiswaprogram S1 diharuskan menempuh TAP yang diawali dengan melakukan pendaftaran TAP.
2. Waktu Registrasi
 Pada dasarnya mahasiswa UT dapat melakukan registrasi sepanjang waktu, namun dalam pelaksanaannyawaktu registrasi diatur sebagai mana tercantum dalam Tabel II.1.a dan II.1.b. Mahasiswa dianjurkan untukmelakukan registrasi dan membeli bahan ajar pada awal masa registrasi agar mempunyai waktubelajar yang lebih panjang.
Apabila mahasiswa melakukan registrasi setelah melewati batas waktu yang ditentukan, makaberkas registrasinya akan ditolak atau diproses untuk masa registrasi berikutnya.3. Tempat Registrasi
 
 
Registrasi harus dilakukan di UPBJJ-UT dan berkasnya dapat diperoleh di UPBJJ-UT. Alamat UPBJJ-UT dapatdilihat pada Lampiran 2, dan bagi mahasiswa yang berdomisili di luar negeri registrasi harus dilakukanmelalui Kantor Perwakilan RI setempat. Alamat Kantor Perwakilan RI dapat dilihat pada Katalog UT 2007.
Tabel II.1.aJadwal Registrasi dan Ujian untuk Program Non-Pendas
 NoMASA UJIANWAKTU REGISTRASIPELAKSANAANUJIANU A ST A P12007.11 Desember 2006 - 9 Maret 2007Bulan Mei, hari Minggu,minggu ke-2 (ujian haripertama) dan mingguke-3 (ujian hari kedua)Bulan Mei, hari Sabtusehari sebelum UAS harikedua2 2007.21 Juni - 7 September 2007Bulan November, hariMinggu, minggu ke-2(ujian hari pertama)dan minggu ke-3 (ujianhari kedua)rBulan November, hariSabtu sehari sebelum UAShari keduaKeterangan:UAS = Ujian Akhir SemesterTAP = Tugas Akhir ProgramJadwal registrasi dan ujian dapat dilihat pada Kalender Akademik UT Tahun 2007.
B. Registrasi Pertama
 
1.Persyaratan calon Mahasiswa
Untuk menjadi mahasiswa UT, calon mahasiswa minimal berijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas(SLTA) atau yang sederajat. Pada saat melakukan registrasi pertama calon mahasiswa harusmelampirkan persyaratan umum, berikut:
a.
Satu lembar fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi:
Legalisasi ijazah SLTA oleh Sekolah yang bersangkutan atau Kantor DinasPendidikan setempat;
Legalisasi ijazah Diploma atau Sarjana oleh perguruan tinggi asal.
 b.
Pasfoto ukuran 2 x 3 sebanyak 3 lembar dan 3 x 4 sebanyak 2 lembar.Selain kedua persyaratan umum di atas, masing-masing program studi juga mempunyaipersyaratan khusus yang dapat dilihat pada Bab XI Kurikulum. Jika persyaratan tersebuttidak dipenuhi, maka Anda tidak bisa diterima sebagai mahasiswa UT.
2.
Cara Melakukan Registrasi Pertama
Dalam melakukan registrasi pertama, calon mahasiswa hendaknya mengikuti prosedur berikut.
a.
Membeli berkas registrasi pertama di UPBJJ-UT dengan ciri-ciri yang tercantum pada TabelII.2. Bagi mahasiswa penerima beasiswa berkas registrasi pertama dapat diperoleh diinstansi pemberi beasiswa. Biaya Pendidikan semester 3 program Pendas sudah termasukbiaya berkas registrasi pertama.
 b.
Mengisi Formulir Data Pribadi dan blangko Kartu Mahasiswa dengan lengkap dan benarsesuai dengan petunjuk pengisian yang terdapat pada formulir.Mahasiswa program Non-Pendas mengisi alamat individu yang dapat dijangkau oleh jasaPos (alamat rumah atau tempat bekerja), sedangkan mahasiswa program Pendas mengisialamat rumah atau sekolah tempat mengajar.Tempat dan tanggal lahir diisi sesuai dengan surat akte lahir atau indentitas lainnyaseperti KTP, ijazah, dan sebagainya.
 
Mahasiswa mengisi kode dan nama program studi sesuai dengan pilihannya. Daftarprogram studi dapat dilihat pada Katalog UT 2007.
c.
Mengisi Tanda Bukti Setoran UT (TBS-UT) dengan lengkap dan benar sesuai PetunjukPengisian yang terdapat pada formulir.
d.
Membayar biaya pendidikan dengan menggunakan TBS-UT melalui Kantor Cabang BankBRI. Besar biaya pendidikan sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada katalog UT-2007. Biaya Pendidikan. TBS-UT ini sekaligus berfungsi sebagai formulir Registrasi MataKuliah.Di samping melalui Kantor Cabang Bank BRI, mahasiswa yang mempunyai kartu ATM BRIdapat menyetor biaya pendidikan melalui Menu Browser ATM BRI dengan cara berikut.1) Masukkan kartu ATM Anda pada mesin ATM BRI2) Masukan PIN Anda3) Pilihlah transaksi lain4) Pilihlah jenis transaksi Pembayaran5) Pilihlah Universitas Terbuka6) Pilihlah jenis setoran yang Anda inginkan7) Isilah Masa Registrasi, NIM, dan jumlah setoran Anda8) Setelah selesai ambil bukti setor (print out) yang keluar dari mesin ATM, selanjutnyaAnda perlu memfotokopi bukti setor sebagai arsip.9) Tempelkan bukti setor (asli) pada TBS lembar ke-1 sebagai pengganti validasi KantorCabang Bank BRI.
e.
Menyerahkan atau mengirimkan berkas registrasi yang telah diisi dan dilengkapipersyaratannya ke UPBJJ-UT setempat paling lambat (cap pos) tanggal batas akhirregistrasi meliputi:1) Fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisasi.2) Surat keterangan mengajar khusus untuk calon mahasiswa FKIP.3) TBS-UT lembar ke-1 yang telah divalidasi oleh Bank BRI.4) Pasfoto ukuran 2 x 3 sebanyak 3 lembar dan 3 x 4 sebanyak 2 lembar.5) Persyaratan lain yang diperlukan untuk setiap program studi.f.Meminta kartu mahasiswa dan bukti registrasi kepada petugas UPBJJ-UT secara langsungatau melalui pos.g.Memeriksa kebenaran kartu mahasiswa dan bukti registrasi. Jika masih terdapatkesalahan segera menginformasikan kepada UPBJJ-UT.
Tabel II.2Ciri Berkas Registrasi PertamaProgramCiri-ciriIsi
Non-PendasDiploma danS1Amplop bertuliskan"REGISTRASI PERTAMAPROGRAM NON-PENDAS"warnahijau- Formulir Data Pribadimahasiswa (F1)- Blangko Kartu Mahasiswa- Tanda Bukti Setoran UT (TBS-UT)- Katalog- Deskripsi Mata Kuliah- Amplop Pemesanan Bahan Ajar- Daftar Harga Buku
3.Kartu MahasiswaKartu Mahasiswa merupakan kartu identitas mahasiswa UT yang harus dibawa pada saatpengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) dan pada saat ujian. Kartu mahasiswaberisi:
 a.Nomor Induk Mahasiswa (NIM)b.Nama Mahasiswac.Alamat Mahasiswad.Tempat dan tanggal lahire.Program Studi

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->