Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Vitamin

Makalah Vitamin

Ratings: (0)|Views: 142|Likes:
Published by Yusa Has Juliana

More info:

Published by: Yusa Has Juliana on Sep 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/20/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Vitamin adalah senyawa-senyawa organik tertentu yang diperlukan dalam jumlah kecildalam diet seseorang tetapi esensial untuk reaksi metabolisme dalam sel dan pentinguntuk melangsungkan pertumbuhan normal serta memelihara kesehatan. Kebanyakanvitamin-vitamin ini tidak dapat disintesis oleh tubuh. Beberapa di antaranya masih dapatdibentuk oleh tubuh, namun kecepatan pembentukannya sangat kecil sehingga jumlah yangterbentuk tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Oleh karenanya tubuh harus memperolehvitamin dari makanan sehari-hari. Jadi vitamin mengatur metabolisme, mengubah lemak dankabohidrat menjadi energi, dan ikut mengatur pembentukan tulang dan jaringan.Vitamin merupakan nutrisi tanpa kalori yang penting dan dibutuhkan untuk metabolismetubuh manusia. Vitamin tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia, tetapi diperoleh darimakanan sehari-hari. Fungsi khusus vitamin adalah sebagai kofaktor (elemen pembantu)untuk reaksi enzimatik. Vitamin juga berperan dalam berbagai macam fungsi tubuh lainnya,termasuk regenerasi kulit, penglihatan, sistem susunan syaraf dan sistem kekebalan tubuhdan pembekuan darah.
1.2. RUMUSAN MASALAH
1.
 
Apa yang dimaksud dengan vitamin.2.
 
Jelaskan klasifikasi dari vitamin3.
 
Jelaskan sumber dan macam penyakit yang disebabkan kekurangan vitamin4.
 
Jelaskan fungsi vitamin5.
 
Jelaskan metabolisme dari vitamin6.
 
Jelaskan bagaimana proses dan mekanisme penyerapan vitamin dalam usus halus.
1.3. TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan dari penyusunan makalah ini yaitu untuk menambah ilmu dan pengetahuan mengenai metabolism vitamin.
 
2
1.4. MANFAAT PENULISAN
Bagi Pembaca :Dapat mengetahui apa itu vitamin dan metabolism vitamin.Bagi Penulis :Dapat menambah wawasan pengetahuan mengenai vitamin dan metabolismvitamin.Bagi Dosen :Dapat digunakan sebagai tambahan bahan ajar.
 
3
BAB IIISI
A.
 
PENGERTIAN VITAMIN
Vitamin adalah sekelompok senyawa organik amina yang berperan sangat penting bagimetabolisme tubuh, namun sebagian besar vitamin ini tidak bisa dihasilkan oleh tubuh, karenaitu tubuh sangat memerlukan asupan vitamin setiap harinya, walaupun tubuh hanyamemerlukan hanya dalam jumlah sedikit saja namun jika asupan vitamin ini terabaikan makametabolisme tubuh akan tergangu dan gangguan kesehatan karena kekurangan vitamin inidinamakan avitaminosis.Karena itu tubuh harus menerima asupan vitamin dengan benar, tidak berlebihan tidak  juga kekurangan, tubuh hanya dapat memproduksi vitamin K dan vitamin D dalam bentuk  provitamin yang tidak aktif. Tubuh dapat asupan vitamin dari makanan yang kita makanseperti buah-buahan ataupun sayur-sayuran yang terbukti mengandung vitamin cukup tinggi,dan asupan lain bisa diperoleh dari suplemen yang bisa kita dapatkan dengan mudah di tokokesehatan.
B.
 
KLASIFIKASI VITAMIN
Berdasarkan kelarutannya, vitamin digolongkan dalam dua kelompok:1.
 
Vitamin yang larut dalam lemak atau tidak larut dalam air 
 
2.
 
Vitamin yang larut dalam air 
 
Karena yang pertama dapat diekstraksi dari bahan makanan dengan pelarut lemak danyang terakhir dengan air. Beberapa vitamin larut dalam lemak atau tidak larut dalam air adalahvitamin A, D, E, dan K, yang hanya mengandung unsur- unsur karbon, hidrogen dan oksigen.Vitamin yang larut dalam air terdiri atas asam askorbat (C) dan B-komplek (B
1
sampai B
12
),yang selain mengandung unsur-unsur karbon, hidrogen, oksigen, juga mengandung nitrogen,sulfur atau kobalt.Vitamin yang larut dalam lemak, yaitu A, D, E dan K, memiliki sifat-sifat umum, antaralain:
1.
 
tidak terdapat di semua jaringan
 
2.
 
terdiri dari unsur-unsur karbon, hidrogen dan oksigen
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->