Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Media Pembelajaran _ Semut Lewat™.pdf

Makalah Media Pembelajaran _ Semut Lewat™.pdf

Ratings: (0)|Views: 35 |Likes:
Published by resnedi
edu
edu

More info:

Published by: resnedi on Sep 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/15/2014

pdf

text

original

 
Enam Nasihat Ibrahim bin Adham
Terbaru
Home»Tugas Kuliah» Makalah Media Pembelajaran
'Populer 
Makalah Media PembelajaranMakalah Pendekatan DalamPembelajaranMakalah PerkembanganMoral pada RemajaMakalah PerkembanganBahasa pada RemajaMakalah perkembanganemosi remajaSejarah Islam yangDisembunyikan BaratMakalah Daur Biogeokimia
with Google Friend Connect
Members (20)
More » Already a member?Sign in
 Al Kisah(41)
Download(5)
Hikmah(24)Ilmu(19)
Info(7)
MP3Qur'an(28)
Pendidikan(5)
Tugas Kuliah(13)
Turbo Pascal(9) 
Semut Lewat™
Mahasiswa Sunni Belajar Berbagi Berbagai Informasi dan Ilmu Pengetahuan
Makalah Media Pembelajaran
3:57 PM |
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Dalam suatu proses belajar mengajar, dua unsur yang sangat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran, antara lain tujuan pembelajaran, jenistugas dan respons yang diharapkan, ternasuk karakteristik siswa. Meskipun demikian, dapat dikatakan bahwa salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turutmempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dankeinginan yang baru, motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh- pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pengajaranakan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran padasaat itu, sehingga yang menjadi tujuan dari pembelajaran bisa tercapai secara maksimal.
B.
 
Rumusan Masalah
1.
 
Apa pengertian media pembelajaran?2.
 
Apa saja jenis media pembelajaran?3.
 
Apa manfaat media pembelajaran?4.
 
Apa saja prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran?5.
 
Bagaimana langkah-langkah dalam pengembangan media pembelajaran?
C.
 
Tujuan
1.
 
Untuk mengetahui pengertian media pembelajaran2.
 
Untuk mengetahui jenis media pembelajaran3.
 
Untuk mengetahui manfaat media pembelajaran4.
 
Untuk mengetahui prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran5.
 
Untuk mengetahui langkah-langkah dalam pengembangan media pembelajaran
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Pengertian Media Pembelajaran
Istilah media berasal dari bahasa Latin yang merupakan bentuk jamak dari "medium" yangsecara harafiah berarti perantara atau pengantar. Banyak pakar tentang media pembelajaran yangmemberikan batasan tentang pengertian media. Menurut EACT yang dikutip oleh Rohani (1997 :2) “media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi”. Sedangkan pengertian media menurut Djamarah (1995 : 136) adalah “media adalah alat bantu apa saja yangdapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pembelajaran”. Selanjutnya
HomeDaftar IsiTata cara ShalatKajian AhlussunnahEbook GratisLink TemanPustaka Sunni
Makalah Media Pembelajaran | Semut Lewathttp://semutlewat.blogspot.com/2013/01/makalah-media-pembelajaran.html1 of 128/20/2013 6:27 AM
 
 Ping BlogHypersmash.com Blog Ping Site
ditegaskan oleh Purnamawati dan Eldarni (2001 : 4) yaitu : “media adalah segala sesuatu yangdapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar”.Media pendidikan merupakan bagian integral dari pembelajaran sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih bermutu. Karena itu media pendidikan di sebut juga media instruksional.Dengan demikian , media pendidikan mempunyai beberapa nilai praktis atau dapat berfungsisebagai berikut :.
 
Media pendidikan dapat mengatasi perbedaan pengalaman pribadi murid. Misalnya siswa berasal darigolongan mampu memiliki pengalaman sehari-harinya berbeda dengan golongan kurang mampu.Perbedaan ini dapat di tanggulangi dengan mempertontonkan film, gambar, tv dan sebagainya..
 
Media pendidikan dapat mengatasi batas-batas ruang kelas. Misalnya benda yang di ajarkan terlalu besar atau berat bila di bawa ke ruang kelas untuk diamati secaara langsung. Maka dapat di tanggulangidengan film, gambar slidefilm strip dan sebagainya..
 
Media pendidikan dapat mengatasi keterbatasan karena jarak. Apabila secara langsung tidak dapat diamati karena terlalu kecil seperti molekul, sel atau atom maka dapat diatasi dengan model, gambar, dansebagainya..
 
Media pendidikan dapat mengatasi masalah keterbatasan waktu. Apabila secara langsung gerakan benda sulit atau tidak dapat diamati karena terlalu lambat atau terlalu cepat, sedangkan gerakan itumenjadi pusat perhatian siswa maka dapat digunakan film strip dan sebagainya..
 
Media pendidikan dapat di gunakan untuk memperlihatkan hal-hal atau peristiwa yang tidak dapat diulang kembali atau telah terjadin dai masa lampau. Seperti peristiwa bencana alam, tiupan angina dansebagainya maka dapat di gunakan film, film strip, slide dan sebagainya..
 
Media pendidikan memungkinkan adanya kontak langsung dengan masyarakat atau dengan alam ataulingkungannya. Misalnya dengan mengunjungi suatu tempat..
 
Media pendidikan memberikan kesamaan dalam pengamatan terhadap sesuatu objek..
 
Media pendidikan dapat membangkitkan minat dan motivasi belajar.Jadi, secara umum dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan segala sesuatuyang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Istilah mediaini sangat populer dalam bidang komunikasi. Proses belajar mengajar pada dasamya jugamerupakan proses komunikasi, sehingga media yang digunakan dalam pembelajaran disebut media pembelajaran.
B.
 
Macam-Macam Media Pendidikan1.
 
Media Nonelektronik a.
 
Media Cetak 
Dalam media cetak seperti buku teks, modul, buku petunjuk, lembar lepas, lembar kerja, dan sebagainya pada umumnya berisi materi pembelajaran yang dapat diakses dan dibaca olehsiswa langkah demi langkah sesuai dengan yang diinginkan. Untuk media yang berupa buku teks biasanya dilengkapi uraian materi, contoh soal, dan latihan soal.Berbeda dengan buku, modulumumnya dilengkapi dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, uraian materi, latihan soal,dan tes formatif, yang digunakan sebagai umpan balik untuk mengetahui seberapa besar materidalam setiap kegitan dapat dikuasai oleh mahasiswa.Kemudian untuk media cetak yang berupa hand out biasa digunakan proses pembelajaran di kelas. Media ini berupa lembaran lepas yang biasanya berisi materi untuk satukegiatan tatap muka. Hand out yang lengkap akan berisi tujuan, uraian singkat tentang materi pembelajaran, evaluasi, dan daftar pustaka.Khusus untuk media cetak yang berupa lembar tugas biasa digunakan siswa untuk mengerjakan tugas, menyelesaikan masalah atau soal yang diberikan oleh guru setelah penyampaian materi di kelas.Lembar tugas biasanya berisi tujuan, uraian singkat tentang materi
Makalah Media Pembelajaran | Semut Lewathttp://semutlewat.blogspot.com/2013/01/makalah-media-pembelajaran.html2 of 128/20/2013 6:27 AM
 
 pembelajaran untuk setiap pkok bahasan, dan latihan memecahkan masalah.Media cetak memiliki beberapa kelebihan diantaranya:1)
 
Siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan masing-masing.2)
 
Siswa dapat mempelajari materi dalam media cetak secara berulang-ulang. Khusu untuk media cetak berupa modul, melalui tes normatif siswa dapat mengetahui tingkat penguasaanmateri pembelajaran yang disajikan pada modul tersebut3)
 
Dapat dicetak ulang atau direvis sesuia dengan garis besar program pembelajaran yang baru.Kekurangannya antara lain:1)
 
Tidak dapat menyajikan gerak dalam media cetak 2)
 
Uraian yang terlalu panjang dalam setiap pokok bahasan dapat membosankan para pembacanya3)
 
Pembahasannya lebih mengarah pada kognitif 
b.
 
Media Pajang
Media ini meliputi papan tulis, white board, papan magnetik, papan buletin, danchart.Perbedaan antara papan tulis dan white board terletak pada alat tulisnya. Papan tulismenggunakan kapur sebagai alat tulis, sedangkan white board menggunakan spidol nonpermanen.Papan magnetik merupakan papan yang permukaannya dibuat dari lembaran baja atau dapat juga berupa white board yang di dalamnya dilapisi dengan lembaran baja atau seng.Materi yangdisajikan diletakkan di atas kertas atau karton yang di belakangnya diberi magnet.Papan ini dapat berfungsi sebagai pendamping papan tulis di kelas.Untuk penyajian dengan chart dapat dilakukan di dalam maupun di luar kelas. Padaumumnya materi yang disajikan di dalam chart biasanya berbentuk diagram, bagan grafik, dangambar. Oleh karena itu, beberapa kelebihan penggunaan papan pajang adalah:1)
 
Biaya yang digunakan relatif murah2)
 
Papan tulis atau white board mudah disajikan di ruang kelas3)
 
Papan tulis atau white board dapat digunakan dengan jumlah siswa yang relatif besar 4)
 
Khusus untukpapan buletin diperuntukkan untuk kelompok kecil
c.
 
Media Peraga dan Eksperimen
Media peraga dapat berupa alat-alat asli atau tiruan, dan biasanya berada dilaboratorium.Media ini biasanya berbentuk model dan hanya digunakan untuk menunjukkan bagian-bagian dari alat yang asli dan prinsip kerja dari alat asli tersebut.Di samping media peraga terdapat pula media eksperimen yang berupa alat-alat asliyang biasanya digunakan untuk kegiatan praktikum. Perbedaan antara media peraga denganmedia eksperimen antara lain:1)
 
Alat-alat pada media eksperimen berupa alat asli sedangkan media peraga berupa alat-alattiruan2)
 
Media eksperimen dapat digunakan sebagai media peraga, sedangkan media peraga belumtentu dapat digunakan sebagai media eksperimenSalah satu contoh alat peraga sederhana adalah tali, yaitu sebagai suatu alat yang dapatdigunakan untuk menunjukkan gejala gelombang transversal.Kemudian salah satu contoh alateksperimen yang dapat digunakan sebagai alat peraga adalah pipa kund, yang dapat digunakanuntuk mengukur kecepatan rambat bunyi.
2.
 
Media Elektronik a.
 
Overhead Projector (OHP)
OHP merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk memproyeksikan objek melalui bahan transparan dengan bening ke suatu permukaan layar atau dinding.
1)
 
OHP Tanpa Kombinasi dengan Alat Lain
Seiring dengan berjalannya waktu dan semakin berkembangnya teknologi, OHPdengan tipe tertentu dapat dikombinasikan dengan alat lain sehingga dapat digunakan
Makalah Media Pembelajaran | Semut Lewathttp://semutlewat.blogspot.com/2013/01/makalah-media-pembelajaran.html3 of 128/20/2013 6:27 AM

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->