Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
97Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
umpan mancing patin

umpan mancing patin

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 48,164 |Likes:
Published by pratamadp

More info:

Categories:Types, Research
Published by: pratamadp on Jun 18, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/07/2013

pdf

text

original

 
 by
on Mon May 26, 2008 8:16 amWah... kayaknya mau ikutan mancing patin ya.., kebetulan nih ada dikit tips, mudah-mudahan bisa berguna.Rangkaian pancing ikan patin bisa menggunakan pelampug atau tidak (glosor). Rangkaian ikan pancing bisa terdiri 1 atau 2 mata kail ukuran kecil sampai sedng. Hal ini dikarenakan ikan pegasius tidak memiliki mulut yang terlalu besar. Gunakan kawat nikelin kecil dan lemas aaukenur pandu / lider, kili-kili dan timah pemberat ukuran kecil.Yang harus diingat, apabila anda lebih suka pada pelampung adalah jarak kail samapai pelampung harus sepanjang dalamnya sungai atau kolam agar umpan dapat menyentuh dasar.Rangkaian senar 1Pertama-tama ikatan pancing ke nikelin / kenur pandu sepanjang 5-7 cm, kemudian nikelin ataukenur pandu tersebut (apabila ada dua, kedua-duanya) diikatkan ke kili-kili.Sebelumnya kili-kili itu diikatkan ke senar utama, jangan lupa masukkan timah pemberat dikenur utama. Pastikan timah pemberat yang digunakan adalah jenis yang bolong di tengah (timahmelinjo) sehingga timah dapat bergerak leluasa di senar utama.Setelah timah dimasukkan, ikatkan senar utama ke kili-kili yang tersambung dengan mata kail.Setelah rangkaian pancing jadi, gunakan karet stopper di senar utama sebagai penjaga agar timahtidak berjalan terlalu jauh dari kili-kili. Jarak 5 cm biasanya sudah cukup memadai.Rangkaian senar 2Setelah umpan yang terpasang dilempar , pastikan senar berada di garis lurus antara pemancingdan umpan. Tidak perlu menarik senar sehingga tegang, justru biarkan agak kendor sehinggasenar bisa terlihat terapung di atas air membentuk satu garis. Apakah ikan menyambar, maka pemancing akan melihat garis yang terbentuk dari senar di atas air tersebut berjalan.Ikan patin tidak akan membawa umpan dalam satu kali sentakan, begitu senar bergerak beberapasaat cepat-cepat sentak joran anda. Telat menyentak akan mengakibatkan umpan dilepehkan olehikan dan terlepas.Ikan patin akan terasa mengasikan apabila dipancing dengan senar kecil. Untuk pemuladisarankan senar berukuran 8-12 lbs, bagi yang menyukai teknik fight “tarik-ulur” disarankanmenggunakan senar berukuran 2 – 6 lbs.
 
Jangan lupa setelan drag yang disesuaikan dengan ukuran senar. Hentakan pertama tidak akanmembuat ikan patin berukuran besar melawan dengan kuat, anda biasanya akan merasa berat,tetapi semakin ke pinggir maka ikan akan mulai “mengamuk”.Oke.. itu aja dari saya bila ada yang kurang mohon maaf.. dan silahkan rekan-rekan yang lainuntuk menambahkan, thanks..
 by
on Sat Dec 27, 2008 9:41 pm
 jarodin wrote:
sabtu sore kemarin saya iseng liat2 orang mancing di calon banjirkanaltimur (BKT) yang udah jadi di deket komplek saya harapan indah, berbatasan dengan mentengmetropolitannya ujung menteng. gile ada yang ngangkat ikan patin jumbo (5kilo ada kali...)trus minggunya saya iseng2 mancing juga di situ, umpannya ulat bambu, emang sih tiap berapamenit gitu si patin nongol ke atas, dan emang gede2 (sepaha gitu..) cuma pancing saya gak disentuh sama sekali..eh, diseberang sungai, si om yang kemarin dapet ngangkat satu lagi, guede juga..asyik juga liat si omnya tarik2an sama si patin... oh ya, disitu emang agak susah bwat ngangkat si patin, soalnya permukaan sungai penuh sama enceng gondok..mas2 sama om2 senior, bagi dong resep mancing patin yang jitu..Ok ane coba bagi resepnya cuma mohon kalo berhasil kasih reportnya ya ... kalo gak mau publish PM aja ok 1. Umpan Roti:roti tawar atau roti serebuan di warung....(jangan yg coklat) campur sama pisang (segala pisang boleh) ambil yg hampir matang.... beli aja sama tukang gorengan tapi jangan yg udah di goreng. pisang mentah bro.Roti dan pisang di bejek biar kalis... jangan dikasih air karena dari pisang sudah basah... kalomasih kurang kalis tambahkan rotinya.2. Kue Bikaambon.Ambil bikaambon rasa keju atau durian (bikaambon medan)... bejek dengan roti... kasih air sedikit2, aduk sampai kalis.3. Buah Ceri/kersen...cari pohon ceri dipinggir jalan (bayak tuh). ambil yg sudah merah. campur dengan sedikit kinoyatau katulampa. aduk dan uleni.4.Tape ulitape uli di ulenin doang langsung pake .
Umpan Ikan Patin
 
 
saya punya sedikit ramuan buat umpan ikan patin mungkin ini berguna.- roti yang sudah busuk ( expire ) kulitnya di buang dan di parut halus,secukupnya- esen coya 4 cc- esen buah melon 3 cc- esen seafood 3 cc- esen pandan 3 cc- belut di kukus secukupnya, diambil dagingnya saja.umapan ini berlaku untuk galatama di semua kolam dan di berbagai jenis air.
Kalo bawal sih bisa pake ikan cere or anak ikan mas or pelet or ati orusus or bubuk supermie + tuna.Patin : udah saya jawab di e_mail or pake bubuk supermie + tuna.
View Full Version : (ASK) Resep Umpan untuk mancing baung n patin pakakeh01-12-2008, 12:56 PMgw mau mancing d sungai nih bro... kira2 apa umpan jitu untuk mancing baung n patin yah.,,???Thanks Alllkakapmerah01-12-2008, 05:01 PMEnte bisa ambil usus ayam. lalu, rendam usus itu sampai busuk.ya, kira2 seminggu. kalau sudah busuk, bro bisa mancing dengan menggunakan umpang kapas yang dicelupin ke rendaman ususitu pakakeh02-12-2008, 12:29 AMEnte bisa ambil usus ayam. lalu, rendam usus itu sampai busuk.ya, kira2 seminggu. kalau sudah busuk, bro bisa mancing dengan menggunakan umpang kapas yang dicelupin ke rendaman ususituWew ..pasti bauu banget uth boss...... =p~=p~=p~alternatip yg lain ada gak?? yg lebih manusiawi..??:D:D poncox29-01-2009, 01:21 AM

Activity (97)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
1 hundred thousand reads
Rahman Hakim added this note
min , umpan aci untuk patin essen nya apa aja , tolong bagi'' donk, thanks sebelum nya
Ido Manalu added this note
tergantung rejeki,sekedar bagi pengalaman buat teman teman yang suka mancing ikan patin coba pakai tempe,segar dipotong dadu,dilumuri kelapa parut segar di genggam kuat agar tempe sama kelapa menyatu,siap lempar dan siap narik//selamat mencoba
Alo Wandi added this note
pesan buat mancing mania tolong om kebetulan kalah tarusni punya esen patin yg jitu
Jon Jones added this note
kalau roti sm pelet da biasa..jngnkn d makan, d lht ja ga'...
Jon Jones added this note
kalau mancing patin sungai (pangasius-pangasius) pa ya umpan yg plng jitu..???? pleaase infonya.. tq.
Etha Pribadi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->