Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
30Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Arti Lambang WOSM Dan WAGGGS

Arti Lambang WOSM Dan WAGGGS

Ratings: (0)|Views: 5,349 |Likes:
Published by jacky4

More info:

Published by: jacky4 on Jun 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/28/2013

pdf

text

original

 
Arti Lambang WOSM dan WAGGGS
ARTI LAMBANG WOSM
( The World Organization of the Movement )1.Kompas : Melambangkan suatu peringatan bagi Pandu/ Pramuka agar selaluberbuat kebenaran dan dapat dipercaya seperti fungsi kompas, serta tetapmenjaga cita-citanya dan perannya sebagai penunjuk jalan.2.Treefoil / Bunga dengan Tiga Ujung : Melambangkan tiga janji Pandu / ScoutPromise3.Dua Bintang : melambangkan anggota Pandu/ Pramuka berupaya untuk dapatmemberi penerangan dan menolong dalam kebenaran dan pengetahuan.4.Tali melingkar dengan ujung membentuk simpul mati : melambangkan bahwasesama Pandu/ Pramuka mengadakan hubungan persahabatan danpersaudaraan antar Pramuka di seluruh dunia.5.Warna : Putih melambangkan jiwa yang berhati suci, sedangkan warna dasar ungu melambngkan bahwa Pandu/ Pramuka memiliki ketrampilan kepemimpinandan suka menolong orang lain. 
ARTI LAMBANG WAGGGS
( The World Association of Girl Guide and Girl Scout )1.Simbol berwarna emas dengan latar belakang biru cemerlang, melambangkammatahari yang menyinari anak di dunia.
 
2.Tiga daun melambngkan tiga Janji Pandu/ Pramuka Puteri.3.Tangkai berbentuk melingkar melambangkan cinta kemanusiaan.4.Jarum kompas, melambangkan selalu mentaati janji dan ketentuan moral.5.Motto WAGGGS adalah ‘ Sedia ‘ / ‘ Be Prepare ‘ Catatan : Bahwa sejak tahun 2001, Gerakan Pramuka sudah tidak lagi menjadi anggotaWAGGGS, dengan demikian tanda tersebut tidak dipergunakan lagi.
Kelapa, Pohon serba Guna
Pohon kelapa yang disebut juga dengan pohon nyiur biasanya tumbuhpada daerah atau kawasan tepi pantai. Sangat banyak manfaat yangdapat kita peroleh dari pohon kelapa. Mulai dari batang, daun danbuahnya, semua dapat dimanfaatkan. Mungkin karena manfaatnya sangatbanyak, pohon kelapa dijadikan logo "Praja Muda Karana" (Pramuka) diIndonesia. Dalam klasifikasi tumbuhan, pohon kelapa termasuk dalamgenus : cocos dan species : nucifera. Nah, sekarang mari kita bahas satupersatu bagian dan manfaat dari pohon kelapa.
Bagian-bagian KelapaBuah kelapa
Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging (testa), daging buah, air kelapa dan lembaga.
Kulit luar 
Kulit luar merupakan lapisan tipis (0,14 mm) yang mempunyai permukaan licin denganwarna bervariasi dari hijau, kuning sampai jingga, tergantung kepada kematangan buah.Jika tidak ada goresan dan robek, kulit luar kedap air.
Sabut kelapa.
Sabut kelapa merupakan bagian yang cukup besar dari buah kelapa, yaitu 35 % dariberat keseluruhan buah. Sabut kelapa terdiri dari serat dan gabus yang menghubungkansatu serat dengan serat lainnya. Serat adalah bagian yang berharga dari sabut. Setiapbutir kelapa mengandung serat 525 gram (75 % dari sabut), dan gabus 175 gram (25 %dari sabut).
Tempurung
 
Tempurung merupakan lapisan keras yang terdiri dari lignin, selulosa, metoksil danberbagai mineral. Kandungan bahan-bahan tersebut beragam sesuai dengan jeniskelapanya. Struktur yang keras disebabkan oleh silikat (SiO2) yang cukup tinggikadarnya pada tempurung. Berat tempurung sekitar 15~19 % dari berat keseluruhanbuah kelapa.
Kulit daging buah.
Kulit daging buah adalah lapisan tipis coklat pada bagian terluar daging buah.
Daging buah.
Daging buah merupakan lapisan tebal (8~15 mm) berwarna putih. Bagian inimengandung berbagai zat gizi. Kandungan zat gizi tersebut beragam sesuai dengantingkat kematangan buah. Daging buah tua merupakan bahan sumber minyak nabati(kandungan minyak 35 %). Pada tabel 2 dapat dilihat komposisi zat gizi daging buahkelapa.
Air kelapa.
Air kelapa mengandung sedikit karbohidrat, protein, lemak dan beberapa mineral.Kandungan zat gizi ini tergantung kepada umur buah. Air kelapa dapat digunakansebagai media pertumbuhan mikroba, misalnya Acetobacter xylinum untuk produksi natade coco.
Manfaat Pohon Kelapa
 Ada beberapa komoditi yang dapat diperoleh dari pohon kelapa, yaitu batang, daun, niradan bagian-bagian.
Batang
Batang kelapa tua dapat dijadikan bahan bangunan, mebel, jembatandarurat, kerangka perahu dan kayu bakar. Batang yang benar-benar tua dan kering sangat tahan terhadap sengatan rayap. Kayu daripohon kelapa yang dijadikan mebel dapat diserut sampaipermukaannya licin dengan tekstur yang menarik
Daun
Daun kelapa sering digunakan untuk hiasan atau janur, sarang ketupatdan juga atap rumah. Tulang daun atau lidi dijadikan barang anyaman,sapu lidi dan tusuk daging (sate).
Nira

Activity (30)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hazmi Mekli Cool liked this
Hazmi Mekli Cool liked this
Fatmawati Rj liked this
Josua liked this
Mahardika Burhan liked this
Havidz Hy liked this
Azwar Azulgrana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->