Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sejarah Islam Di Indonesia

Sejarah Islam Di Indonesia

Ratings: (0)|Views: 4,219|Likes:
Published by oceng

More info:

Published by: oceng on Jun 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/14/2010

pdf

text

original

 
Sejarah Islam Di Indonesia
Tarikh Islam30/12/2007 | 21 Zulhijjah 1428 H | Hits: 24.246Oleh:Mustafa Kamal, SS. “Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang berakal…” (QS. Yusuf ayat 111).Sangat penting mempelajari sejarah dakwah Islam di Indonesia. Sesuai dengan firmanAllah dalam Al Qur’an ayat 111 bahwa mempelajari sejarah terdapat ibrah (pelajaran).Dengan memepelajari sejarah di masa lampau, kita dapat mengambil pelajaran untuk dimasa yang akan datang dibuat perencanaan atau konsep yang lebih baik khususnya untuk dakwah di tanah air kita, Indonesia. Sesuai dengan hadist Rasulullah “Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini “.Bahasa merupakan nilai tertinggi dari suatu peradaban. Suatu bangsa dipengaruhi nilaitertentu jika bahasanya dipengaruhi oleh nilai tersebut. Bahasa Indonesia banyak dipengaruhi oleh bahasa Arab (bahasa Al-Qur’an) contohnya kata ibarat yang katadasarnya dari ibrah ini yang bermakna pelajaran dan masih banyak lagi bahasa indonesiayang berasal dari bahasa Arab. Ini membuktikan bahwa budaya Indonesiasudahdipengaruhi oleh budaya islami.Sejarah masuknya Islam di Indonesia melalui babak – babak yang penting:
1. Babak pertama, abad 7 masehi (abad 1 hijriah).
Pada abad 7 masehi, Islam sudah sampai ke Nusantara. Para Dai yang datang keIndonesia berasal dari jazirah Arab yang sudah beradaptasi dengan bangsa India yakni bangsa Gujarat dan ada juga yang telah beradaptasi dengan bangsa Cina, dari berbagaiarah yakni dari jalur sutera (jalur perdagangan) dakwah mulai merambah di pesisir-pesisir  Nusantara.Sejak awal Islam tidak pernah membeda-bedakan fungsi seseorang untuk berperan
 
sebagai dai (juru dakwah). Kewajiban berdakwah dalam Islam bukan hanya kasta(golongan) tertentu saja tetapi bagi setiap masyarakat dalam Islam. Sedangkan di agamalain hanya golongan tertentu yang mempunyai otoritas menyebarkan agama, yaitu pendeta. Sesuai ungkapan Imam Syahid Hasan Al-Bana “ Nahnu du’at qabla kulla syai“artinya kami adalah dai sebelum profesi-profesi lainnya.Sampainya dakwah di Indonesia melalui para pelaut-pelaut atau pedagang-pedagangsambil membawa dagangannya juga membawa akhlak Islami sekaligus memperkenalkannilai-nilai yang Islami. Masyarakat ketika berbenalan dengan Islam terbuka pikirannya,dimuliakan sebagai manusia dan ini yang membedakan masuknya agama lain sesudahmaupun sebelum datangnya Islam. Sebagai contoh masuknya agama Kristen ke Indonesiaini berbarengan dengan Gold (emas atau kekayaan) dan glory (kejayaan atau kekuasaan)selain Gospel yang merupakan motif penyebaran agama berbarengan dengan penjajahandan kekuasaan. Sedangkan Islam dengan cara yang damai.Begitulah Islam pertama-tama disebarkan di Nusantara, dari komunitas-komunitasmuslim yang berada di daerah-daerah pesisir berkembang menjadi kota-kota pelabuhandan perdagangan dan terus berkembang sampai akhirnya menjadi kerajaan-kerajaanIslam dari mulai Aceh sampai Ternata dan Tidore yang merupakan pusat kerajaanIndonesia bagian Timur yang wilayahnya sampai ke Irian jaya.
2. Babak kedua, abad 13 masehi.
Di abad 13 Masehi berdirilah kerajaan-kerajaan Islam diberbagai penjuru di Nusantara.Yang merupakan moment kebangkitan kekuatan politik umat khususnya didaerah Jawaketika kerajaan Majapahit berangsur-angsur turun kewibawaannya karena konflik internal. Hal ini dimanfaatkan oleh Sunan Kalijaga yang membina di wilayah tersebut bersama Raden Fatah yang merupaka keturunan raja-raja Majapahit untuk mendirikankerajaan Islam pertama di pulau Jawa yaitu kerajaan Demak. Bersamaan dengan itumulai bermunculan pula kerajaan-kerajaan Islam yang lainnya, walaupun masih bersifatlokal.
 
Pada abad 13 Masehi ada fenoma yang disebut dengan Wali Songo yaitu ulama-ulamayang menyebarkan dakwah di Indonesia. Wali Songo mengembangkan dakwah ataumelakukan proses Islamisasinya melalui saluran-saluran:
a) Perdagangan
 b) Pernikahan
c) Pendidikan (pesantren)Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang asli dari akar budaya indonesia, dan jugaadopsi dan adaptasi hasanah kebudayaan pra Islam yang tidak keluar dari nilai-nilai Islamyang dapat dimanfaatkan dalam penyebaran Islam. Ini membuktikan Islam sangatmenghargai budaya setempat selama tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam.
d) Seni dan budayaSaat itu media tontonan yang sangat terkenal pada masyarakat jawa kkhususnya yaituwayang. Wali Songo menggunakan wayang sebagai media dakwah dengan sebelumnyamewarnai wayang tersebut dengan nilai-nilai Islam. Yang menjadi ciri pengaruh Islamdalam pewayangan diajarkannya egaliterialisme yaitu kesamaan derajat manusia dihadapan Allah dengan dimasukannya tokoh-tokoh punakawam seperti Semar, Gareng,Petruk, dan Bagong.Para Wali juga menggubah lagu-lagu tradisional (daerah) dalam langgam Islami, ini berarti nasyid sudah ada di Indonesia ini sejak jaman para wali. Dalam upacara-upacaraadat juga diberikan nilai-nilai Islam.
e) Tasawwuf Kenyatan sejarah bahwa ada tarikat-tarikat di Indonesia yang menjadi jaringan penyebaran agama Islam.
3. Babak ketiga, masa penjajahan Belanda.
Pada abad 17 masehi tepatnya tahun 1601 datanglah kerajaan Hindia Belanda kedaerah Nusantara yang awalnya hanya berdagang tetapi akhirnya menjajah. Belanda datang ke

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Idham Chouya'z liked this
watanabe900 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->