Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kehamilan

Kehamilan

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 2,230|Likes:
Published by kedikuai

More info:

Published by: kedikuai on Jun 20, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/14/2010

pdf

text

original

 
Kehamilan
Banyak wanita tahu bahwa gizi yang baik amatlah penting selama kehamilan, sebab apayang dimakan turut dinikmati oleh janin dalam bentuk nutrisi yang penting untuk  pertumbuhan janin.Baru baru ini, para ahli sepakat bahwa perawatan gizi pra-kehamilan juga amat penting.Artinya, setidaknya tiga bulan sebelum anda berencana hamil, anda harus mempersiapakndiri melalui makanan bergizi dan kesehatan badan, dan mulai mengubah kebiasaanmakan anda yang kurang sehat demi kesehatan bayi anda nantinya. Sehingga pada saatanda hamil, badan anda sudah terkondisikan dengan sangat baik untuk pertumbuhan janin. Minggu-minggu pertama kehamilan adalah masa di mana organ tubuh yang penting terbentuk. Kekurangan gizi pada saat ini dapat menimbulkan kelainan pada bayiatau bahkan kelahiran prematur. Karena itu, gizi seimbang penting untuk pertumbuhan janin.Susunlah menu makananan anda secara seimbang dan bervariasi selama kehamilan anda.Pastikan anda mengkonsumsi makanan segar untuk memaksimalkan asupan vitamin.Kapsul vitamin dan obat suplemen bukanlah pengganti gizi makanan seimbang.Apabila anda mengikuti aturan sederhana mengenai gizi dan juga memberi variasi menumakanan, anda tidak usah khawatir kekurangan gizi. Gizi selama hamil tidak selalu berarti makan dua kali lipat porsi biasa, yang penting adalah kandungan gizinyaseimbang:1.PIlihlah makanan segar atau setidaknya makanan beku. Sebaiknya janganmemilih makanan kaleng atau makanan kemasan yang mengandung banyak  pengawet dan bahan tambahan. Buah dan sayur harus dicuci dengan baik untuk menghilangkan residu pestisida2.Kukus, bakar, atau panggang makanan anda. Sebaiknya jangan menggorengmakanan. Memasak di oven microwave juga menjaga gizi karena waktumasaknya yang lebih sebentar 3.Beli dan gunakan makanan segar sesegera mungkin. Jangan memasak bahanmakanan segar terlalu lama agar gizi tidak berkurang.4.Hindari alkohol, minuman keras, dan obat-obatan (kecuali diresepkan dokter).Jamu sebaiknya dihindari kecuali dokter anda menyarankan untuk menggunakannya. Beberapa jenis jamu dapat menyebabkan keguguran, dan ada pula jamu yang mengandung bahan kimia aktif. Adalah sangat penting untuk menghindari obat-obatan dan alkohol pada minggu-minggu anda merencanakankehamilan5.Banyak meminum cairan - jus buah sebar atau air - tapi hindarilah minuman sodaatau minuman ringan yang tinggi kadar gula atau kimiawinya. Kurangi minum tehatau kopi. Kopi bebas kafein juga tidak dianjurkan karena dapat mengandung sisa bahan kimia yang digunakan untuk menghilangkan kafein tersebut.6.Gantilah cemilan seperti kripik atau kue dengan buah segar dan sayuran segar.
 
7.Pastikan anda mengkonsumsi makanan tinggi serat untuk menghindari sembelit(masalah umum pada masa kehamilan). Serat dapat dijumpai dalam beras merah,roti, kacang-lacangan, sayur-sayuran, dan buah buahan.8.Janganlah merokok. Penelitian membuktikan bahwa ibu yang merokomelahirkan bayi dengan berat badan rendah, atau bahkan mengalami keguguran.Mesokok menyebabkan janin kekurangan oksigen, sementara nikotin dalam rokok adalah zat kimia yang sangat beracun. Karenanya, anda pun mesti menghindaritempat yang mengandung banyak asap rokok, agar tidak menjadi korban perokok  pasif. Jangan takut untuk menasehati orang-orang di sekitar anda untuk tidak merokok di saat anda berada di ruangan yang sama, karena anda sedang hamil.Berikut daftar beberapa zat gizi yang paling penting untuk perkembangan janin. Pastikanzat gizi ini selalu anda konsumsi selama kehamilan:1.Asam Folat: Zat ini ada di dalam serealia, kacang-kacangan, sayuran hijau, jamur,kuning telur, jeruk, pisang, dan lain lain.2.Kalsium, sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi. Zat ini dapatdijumpai di dalam susu dan produk susu (keju, yoghurt), ikan yang bisa dimakantulangnya (seperti ikan teri, sarden), biji-bijian (biji bunga matahari, wijen), produk kedelai (tempe, tahu), sayuran hijau, dan buah-buahan kering.3.Zat besi, sangat penting karena pada masa kehamilan volume darah andameningkat 25%, dan juga penting untuk bayi anda membangun persediaandarahnya. Dapat dijumpai di hati, daging merah, sayurn hijau, wijen, buah-buahankering, kuning telur, serealia, dan sarden. Penyerapan zat besi dapat terbantudengan konsumsi vitamin C.Ekstrak ragi mengandung ketiga zat penting tersebut, dan dapat diperoleh di apotik.Ingatlah bahwa penyerapan mineman dan mineral saling berhubungan satu sama lain,karenanya anda harus menjaga agar konsumsi makanan anda seimbang dan bervariasi. Ini penting bukan hanya selama hamil tetapi juga masa menyusui.
Menyusui
Seorang ibu menyusui membutuhkan 300-500 kalori tambahan setiap hari untuk dapatmenyusui bayinya dengan sukses. 300 kalori yang dibutuhkan oleh si bayi datang darilemak yang ditimbun selama kehamilan. Artinya, seorang ibu menyusui tidak perlumakan berlebihan, tetapi cukup menjaga agar konsumsi gizinya seimbang, dan asalkan siibu selalu menuruti rasa laparnya.
Proses menyusui itu sendiri membantu ibumengurangi berat badan dan menjadi langsing kembali
. Tetapi, berdiet atau menahanlapar akan mengurangi produksi susu si ibu.Pada kenyataanya, tidak ada makanan atau minuman khusus yang dapat memproduksiASI secara ajaib, meskipun banyak masyarakat percaya bahwa makanan / minumantertentu akan menambah ASI. Namun, telah terbukti secara ilmiah bahwa ekstrak ragiyang mengandung vitamin B kompleks alami membantu meningkatkan kesehatan ibu
 
menyusui, dan karenanya membantu produksi ASI. Sedikit unsur kimia mangan alamiyang didapat dalam beras-berasan, gandum-gannduman, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran juga membantu proses menyusui.Ibu menyusui biasanya cepat merasa haus. Karenanya ibu menyusui harus minumsebanyak mungkin: air, susu sapi, susu kedelai, jus buah segar, atau sup. Hindarilahminuman ringan, teh, atau kopi, seperti halnya ketika hamil. Namun demikian, tidak ada bukti ilmiah bahwa seorang ibu yang meminum susu akan membantu produksi ASI.Malahan, apabila ibu menyusui terlalu banyak mengkonsumsi produk susu dapatmenyebabkan bayi terkena kolik.Saat menyusui, minuman keras sebisa mungkin dihindari. Selain itu, merokok selamamenyusui dapat membahayakan bayi dan mengurangi produksi susu. Penggunaan pil KBselama menyusui juga harus dihindari, sebab dampak jangka panjang hormon dalam pilmasih belum diketahui. Combined pill juga diketahui mengurangi produksi susu. Namun, pil progesteron (progesterone only pill / low-dose pill) tidak mempengaruhi produksisusu, dan pada kasus khusus pil ini boleh digunakan (misalnya pada kasus ibu diabetesyang tidak boleh hamil). Namun, kebanyakan wanita sebaiknya enggunakan metode KBnatural, kondom, atau IUD daripada menggunakan KB hormon (pil, suntik, susuk).
Nutrisi Penting ibu hamil
Karbohidrat dan lemak sebagai sumber zat tenaga untuk menghasilkan kalori.Sumber makanan: sereal, umbi, nasi.
Protein sebagai sumber zat pembangun. Sumber: daging, ikan, telur dan kacang-kacangan.
Mineral sebagai zat pengatur. Sumber: buah dan sayur.
Vitamin B kompleks untuk menjaga sistem saraf, otot dan jantung agar berfungsisecara normal. Sumber: sereal, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, ragi,telur dan produk susu.
Vitamin D berguna untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang bayi Anda.Sumber: minyak hati ikan, kuning telur, susu.
Vitamin E berguna bagi pembentukan sel darah merah yang sehat, Sumber:gandum, kacang-kacangan, minyak sayur, sayuran hijau.
Asam folat penting untuk perkembangan sistem saraf dan sel darah. Sumber:wortel, sayuran hijau (bayam, kembang kol, brokoli). Sumber buah: jeruk, pisang,tomat.
Zat besi dibutuhkan untuk menghindari kekurangan darah (anemia). Sumber: bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya, daging, hati.
Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, serta melindungiibu hamil dari osteoporosis. Pastikan bahwa kebutuhan kalsium ibu hamilterpenuhi, karena jika tidak janin akan mengambilnya dari cadangan kalsium ditulang ibu. Sumber: susu dan produk olahannya,
Jika dari makanan sehari-hari kebutuhan zat penting dirasa belum mencukupi, pilih suplemen vitamin dan mineral, misalnya CDR.

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Icha Trisnawati liked this
diesnasari liked this
diesnasari liked this
iksan008_ndut liked this
drgprizz liked this
antothesaber liked this
aaqiemz5459 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->