Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
99Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
[O3] Polarimeter

[O3] Polarimeter

Ratings: (0)|Views: 6,578 |Likes:
Published by bat.laugh
Polarimeter,gt gt deh...
Polarimeter,gt gt deh...

More info:

Published by: bat.laugh on Jun 20, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/12/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Menurut C. Huygen cahaya adalah gerak gelombang yang terpancar dari suatusumber dalam semua arah. Cahaya termasuk dalam gelombang transversal,yaitu gelombang yang arah rambatnya tegak lurus arah getaran, sehinggacahaya dapat terpolarisasi.Polarisasi adalah terserapnya sebagian arah getar cahaya. Cahaya yang sebagianarah getarnya terserap disebut cahaya terpolarisasi. Dan jika cahaya hanyamempunyai satu arah getar, maka disebut sebagai cahaya terpolarisasi linear.
1.2 Tujuan percobaan
Tujuan dari percobaan ini adalah menentukan konsentrasi larutan gula denganmenggunakan polarimeter, sekaligus menentukan sudut polarisasi.
1.3Permasalahan
Permasalahan yang dapat timbul dari percobaan ini adalah penampakan gelapdan terang pada polarimeter tidak sama persis untuk tiap percobaan. Disampingitu kita juga harus dapat menentukan konsentrasi gula berdasarkan sudut polarisasi dan suhu larutan.
1.4 Sistimatika laporan
Laporan ini dimulai dengan abstrak, kemudian dilanjutkan dengan daftar isi,daftar gambar, dan daftar tabel. Bab I berisi tentang pendahuluan, yaitu latar  belakang, tujuan percobaan, permasalahan dan sistimatika laporan. Bab IIadalah dasar teori, sedangkan Bab III adalah tentang peralatan dan cara kerja.Analisis data dan pembahasan diletakkan pada Bab III, sedangkan kesimpulan pada Bab IV. Terakhir adalah daftar pustaka.
 
BAB IIDASAR TEORI
Interferensi dan difraksi dapat terjadi pada semua jenis gelombang, misalnyagelombang bunyi, gelombang tali, gelombang pada permukaan cairan ataupungelombang cahaya. Polarisasi hanya dapat diamati pada gelombang transversal.yangterdapat pada gelombang tali dan cahaya dan tidak terdapat pada gelombang bunyi,karena gelombang bunyi termasuk gelombang longitudinal.Percobaan sederhana yang membuktikan bahwa cahaya adalah gelombangtransversal yang paling mudah yaitu dengan menggunakan lempeng polaroid identisseperti yang digunakan pada kaca mata hitam. Setiap lempeng cukup transparan dan bila satu lempeng ditempatkan di atas yang lain , maka yang terlihat masihtransparan. Tetapi bila salah satu diputar perlahan-perlahan daerah yang tumpangtindih akan menjadi gelap.Berabad-abad sebelum penemuan lempeng polaroid, peristiwa tersebut diamatidengan menggunakan kristal tertentu yang secara alamiah seperti kalsit. Dalamkenyataan, Newton meninjau peristiwa ini sebagai bukti melawan teori gelombangcahaya karena setiap orang kemudian mengandaikan bahwa cahaya adalahgelombang longitudinal. Namun demikian tidak seorangpun dapat menjelaskan bagaimana intensitas gelombang longitudinal dapat terpengaruh dengan perputaransesuatu di sekitar sumbu sejajar pada arah gerak gelombang.Pada tahun 1817, F. Young merupakan orang pertama yang menunjukkan bahwa cahaya adalah gelombang transversal. Gelombang longitudinal hanya dapat bergetar satu arah, sedang gelombang transversal dapat bergetar pada berbagai arahyang terletak pada bidang yang tegak lurus pada arah gerak. Dalam suatu berkascahaya yang tertutup, semua rentetan bergerak dalam arah lintang yang samasehingga berkas tersebut dapat disajikan oleh amplitudo A.Simpangan titik-titik pada tali tegak lurus dengan arah rambat gelombangnya.Ada gelombang yang simpangannya menjalar menurut bidang XOY (bidang vertikal).Ada juga gelombang yang simpangannya menurut bidang XOZ (bidang horisontal).Kedua gelombang tersebut mungkin resultan dari gelombang-gelombang yang arahsimpangannya sembarang arah. Jadi gelombang transversal apapun dapat ditampilkansebagai resultan dari dua komponen gelombang, yang satu hanya memiliki simpangan pada sumbu y, yang lainnya hanya ada pada sumbu z.
 
Gambar 1.1a.Gelombang transversal terpolarisasi pada Y b.Gelombang transversal terpolarisasi pada ZGelombang yang terpolarisasi pada sumbu Y disebut terpolarisasi linear padasumbu Y. Gelombang yang hanya menyimpang pada sumbu Z disebut terpolarisasilinear pada sumbu Z. Supaya cahaya bisa terpolarisasi digunakan filter yang hanyameneruskan gelombang-gelombang pada arah polarisasi tertentu saja.Filter polarisasi cahaya dikenal dengan nama polaroid. Polaroid digunakan padakaca mata pelindung sinar matahari (sunglasess) dan pada filter polarisasi lensakamera. Cara kerja polaroid berdasarkan prinsip penyerapan, yaitu meneruskan 80%atau lebih gelombang-gelombang yang terpolarisasi sejajar dengan sumbu polarisas,serta hanya melewatkan 1% atau kurang gelombang yang tegak lurus dengan sumbu polarisasi.Dari uraian tersebut dapat didefinisikan bahwa polarisasi adalah terserapnyasebagian arah geter cahaya. Cahaya yang sebagian besar arah getarnya terserapdisebut cahaya terpolarisasi, dan jika cahaya hanya mempunyai satu arah gelombangdisebut cahaya terpolarisasi linear.Cahaya terpolarisasi dapat diperoleh dari cahaya yang tidak terpolarisasi. Yitudengan menghilangkan (memindahkan) semua arah getar dan melewatkan salah satuarah getar saja. Ada empat cara untuk melakukan hal itu :
Penyerapan selektif 
Pemantulan
Pembiasan ganda
Hamburan
Polarisasi dengan penyerapan selektif 
Teknik yang umum dipakai untuk menghasilkan cahaya terpolarisasi adalahmenggunakan polaroid, yang akan meneruskan gelombang-gelombang yang arahgetarnya sejajar dengan sumbu polarisasi dan menyerap gelombang-gelombang pada

Activity (99)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
eno_anto liked this
Hasna Ulfiani liked this
Chi Gelz'pucino liked this
keputihutara liked this
felycitae liked this
felycitae liked this
itsnainia liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->