Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
81Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
lingkungan fisik

lingkungan fisik

Ratings: (0)|Views: 6,696 |Likes:
Published by Rian

More info:

Published by: Rian on Jun 21, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2013

pdf

text

original

 
Laporan Praktikum PSK dan ErgonomiModul 2B ”Lingkungan Fisik”Kelompok 8R3
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
Dalam sebuah operasi kerja diperlukan penyeleksian operator kerja yangmemenuhi syarat sehat fisik dan psikologis serta memiliki skill yang menunjang,tetapi tanpa adanya lingkungan fisik kerja yang baik maka akan timbul berbagaimasalah dalam operasi kerja.Manusia sebagai makhluk sempurna tetap tidak luput dari kekurangan,dalam arti segala kemampuannya masih dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut dapat berasal dari diri sendiri (intern), dapat juga dari pengaruhluar (ekstern). Salah satu faktor yang berasal dari luar adalah kondisi lingkungankerja, yaitu semua keadaan yang terdapat di sekitar tempat kerja sepertitemperatur, kelembaban udara, sirkulasi udara, pencahayaan, kebisingan, getaranmekanis, bau-bauan, warna dan lain-lain. Hal-hal tersebut dapat berpengaruhsecara signifikan terhadap hasil kerja manusia.(Wignjosoebroto, 1995, hal. 83)
2.1
 
Faktor-Faktor Lingkungan Fisik Yang Mempengaruhi Kerja2.1.1 Temperatur
Tubuh manusia akan selalu berusaha mempertahankan kondisi normalsistem tubuh dengan menyesuaikan diri terhadap perubahan-perubahan yangterjadi di luar tubuh. Tetapi kemampuan untuk menyesuaikan diri dengantemperatur ruang adalah jika perubahan temperatur luar tubuh tidak melebihi 20%untuk kondisi panas dan 35% untuk kondisi dingin. Tubuh manusia bisamenyesuaikan diri karena kemampuannya untuk melakukan proses konveksi,radiasi dan penguapan jika terjadi kekurangan atau kelebihan panas yangmembebaninya.Menurut penyelidikan, berbagai tingkat temperatur akan memberikanpengaruh yang berbeda-beda seperti berikut ini :
 
+ 49
o
C :Temperatur yang dapat ditahan sekitar 1 jam, tetapi jauhdiatas kemampuan fisik dan mental.
 
+ 30
o
C : Aktivitas mental dan daya tanggap mulai menurun dancenderung untuk melakukan kesalahan dalam pekerjaan, timbulkelelahan fisik.
 
Laporan Praktikum PSK dan ErgonomiModul 2B ”Lingkungan Fisik”Kelompok 8R4
 
+ 24
o
C : Kondisi optimum.
 
+ 10
o
C : Kekakuan fisik yang ekstrem mulai muncul.Dari hasil penyelidikan didapatkan bahwa produktivitas manusia akanmencapai tingkat yang paling tinggi pada temperatur sekitar 24 – 27 derajatCelcius.(Wignjosoebroto,1995,hal.84)
2.1.2
 
Kelembaban
Kelembaban adalah banyaknya kadar air yang terkandung di dalam udara(dinyatakan dalam %). Kelembaban sangat berhubungan atau dipengaruhi olehtemperatur udara. Suatu keadaan dimana udara sangat panas dan kelembabantinggi akan mengakibatkan penguapan panas dari tubuh secara besar-besaran(karena sistem penguapan). Pengaruh lainnya adalah semakin cepatnya denyut jantung karena makin aktifnya peredaran darah untuk memenuhi kebutuhan akanoksigen.(Wignjosoebroto,1995,hal.84)
2.1.3
 
Siklus udara (
ventilation 
)
Udara disekitar kita mengandung sekitar 21% oksigen, 0,03%karbondioksida, dan 0,9% campuran gas-gas lain. Kotornya udara disekitar kitadapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan mempercepat proses kelelahan.Sirkulasi udara akan menggantikan udara kotor dengan udara yang bersih. Agarsirkulasi terjaga dengan baik, dapat ditempuh dengan memberi ventilasi yangcukup (lewat jendela), dapat juga dengan meletakkan tanaman untuk menyediakankebutuhan akan oksigen yang cukup.(Wignjosoebroto,1995,hal.85)
2.1.4
 
Pencahayaan (
Lighting 
)
Pencahayaan sangat mempengaruhi kemampuan manusia untuk melihatobjek secara jelas, cepat dan tanpa menimbulkan kesalahan. Kurangnyapencahayaan akan mengakibatkan mata operator/pekerja menjadi cepat lelahkarena mata akan berusaha untuk melihat jelas dengan membuka lebar-lebar.Kelelahan mata akan mengakibatkan kelelahan mental dan kerusakan mata.Kemampuan mata untuk melihat objek secara jelas dipengaruhi oleh ukuranobjek, derajat kekontrasan antara objek dengan sekelilingnya, luminansi
 
Laporan Praktikum PSK dan ErgonomiModul 2B ”Lingkungan Fisik”Kelompok 8R5
(
brightness
), serta lamanya waktu untuk melihat objek tersebut. Untukmenghindari silau (
glare
) karena peletakan sumber cahaya yang kurang tepat,sebaiknya sumber cahaya diletakkan sedemikian rupa sehingga cahaya mengenaiobjek yang akan dilihat terlebih dahulu yang kemudian dipantulkan oleh objektersebut ke mata kita.(Wignjosoebroto,1995,hal.85)Kesilauan dapat ditimbulkan oleh tiga hal, yaitu:1.
 
Kesilauan LangsungTerjadi akibat mata menerima cahaya secara langsung, tempat cahayaterjadi dari penempatan lampu yang tidak tepat.2.
 
Kesilauan Tak LangsungTerjadi akibat cahaya yang dipantulkan oleh bahan atau alat yangmengkilat permukaan3.
 
Kesilauan KontrasTerjadi akibat intensitas yang dipantulkan pada objek terlalu besar dariintensitas latar belakang. Arah sinar sumber cahaya yang cukup jumlahnya sangat berguna dalam mengatur penerangan secara baik.Sinar-sinar dari berbagai arah akan meniadakan gangguan bayangan.Pada umumnya intensitas penerangan dalam tempat kerja dapat diaturmenurut tabel dibawah ini :
Tabel 2.1. Pedoman Intensitas Penerangan
JenispekerjaanIlluminansiKasar 100-200 luxSedang 200-500 luxHalus 500-100 luxSangat halus 1000-2000 luxPencahayaan sangat mempengaruhi kemampuan manusia untuk melihatobjek secara jelas, cepat dan tanpa menimbulkan kesalahan. Kurangnyapencahayaan akan mengakibatkan mata operator/pekerja menjadi cepat lelahkarena mata akan berusaha untuk melihat jelas dengan membuka lebar-lebar.Kelelahan mata akan mengakibatkan kelelahan mental dan kerusakan mata.

Activity (81)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Budi Handoyo liked this
Irma Deseenee II liked this
Akhmad Nizar liked this
Agus Ca'em liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->