Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
contoh Fuzzy Logic sukamoto

contoh Fuzzy Logic sukamoto

Ratings: (0)|Views: 150|Likes:
Published by gryven0
contoh Fuzzy Logic sukamoto
contoh Fuzzy Logic sukamoto

More info:

Published by: gryven0 on Sep 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/28/2014

pdf

text

original

 
FUZZY LOGIC
MENENTUKAN HARGA MOBIL BEKAS TOYOTA AVANZA
 
MENGGUNAKAN METODE TSUKAMOTO
Anggota Kelompok :1.
 
Rian Syahputra (0910452014)
2.
 
Ridho Agusta (0910453086)
3.
 
Cupas Try Zarfi (0910452036)
4.
 
Chepy Setia Nugraha (0910453068)
5.
 
Wengki Adillah (0910453082)Dosen:Rafnis, M.Kom
PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAMUNIVERSITAS ANDALASPADANG2011
 
BAB I1.
 
PENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
 Jual beli mobil merupakan suatu kegiatan transaksi yang mungkin sering kita temukan dikehidupan sehari-hari kita. Bahkan kegiatan transaksi tersebut bisa kita temui saat kitamembaca surat kabar dan melihat iklan jual mobil dengan harga yang sangat bervariasi. Untukmenetukan harga beli mobil bekas setidaknya ada dua hal yang perlu diperhartikan yaitu hargabeli, harga pasaran mobil baru dan kondisi mobil. Hal tersebut perlu diperhatikan agar kitasebagai calon pembeli tidak mengalami kerugian saat membeli mobil tersebut.Lalu bagaimana caranya menentukan harga mobil second dengan mudah dan cepat?Pada kesempatan penelitian ini penulis akan membuat sebuah sistem untuk membantu calonpembeli mobil Toyota Avanza bekas pada bulan April 2011. Sistem tersebut dikembangkandengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Saat ini kemampuan sistem masih terbataspada penetuan harga mobil bekas Toyota Avanza dengan tipe G M/T dengan data terakhir yangdidapat pada bulan April 2011.
1.2 Tujuan
 Menentukan harga beli untuk sebuah mobil bekas adalah hal yang bisa dikategorikantidak sulit dan juga tidak mudah. Apalagi untuk mobil Toyota Avanza yang mendominasi pasar jual beli mobil di Indonesia. Setidaknya ada tiga faktor yang mempengaruhi harga beli darimobil tersebut, diantaranya adalah kondisi mobil, pasaran harga beli dan juga pasaran harga jual.Dalam penelitian ini, akan dikembangkan suatu sistem untuk membantu calon pembelimobil Avanza bekas untuk menentukan harga yang pantas yang harus ia bayar untuk membelimobil tersebut. Sistem ini dikembangkan dengan mengimplementasikan metode Fuzzy Set danFuzzy Inference System Tsukamoto.
 
Pada makalah ini akan dibuat sebuah sistem untuk membantu calon pembeli mobilToyota Avanza bekas. Sistem tersebut dikembangkan dengan menggunakan bahasapemrograman Java. Saat ini kemampuan sistem masih terbatas pada penetuan harga mobilbekas Toyota Avanza dengan tipe G M/T dengan data terakhir yang didapat pada bulan April2011.
 
BAB II2. Konsep Dasar
Konsep dasar dari pembuatan sistem ini adalah penerapan logika samar (Fuzzy Logic) yaituHimpunan Samar (Fuzzy Sef) dan metode Penarikan Kesimpulan Samar (Fuzzy lnference sysfem)Tsukamoto untuk membantu menentukan harga beli Mobil bekas.
Pengertian Fuzzy Logic
Fuzzy logic (logika samar) adalah suatu cara yang tepat untuk memetakan suatu ruang inputke dalam suatu ruang output. Beberapa keunggulan dari logika samar adalah konsepnyasederhana dan mudah dimengerti, memiliki toleransi terhadap data-data yang tidak tepat, danlogika samar didasarkan pada bahasa alami.
Himpunan Fuzzy
Himpunan samar merupakan suatu grup yang mewakili suatu kondisi atau keadaantertentu dalam suatu variabel fuzzy. Himpunan fuzzy memiliki 2 atribut, yaitu:
 
Linguistik, yaitu penamaan suatu grup yang mewakili suatu keadaan atau kondisitertentu dengan menggunakan bahasa alami, seperti: MUDA, PAROBAYA, TUA.
 
Numeris, yaitu suatu nilai (angka) yang menunjukkan ukuran dari suatu variabel seperti:40, 25, 50, dsb.Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam memahami sistem fuzzy, yaitu:
 
Variabel fuzzy. Variabel fuzzy merupakan variabel yang hendak dibahas dalam suatusistem fuzzy. Contoh: umur, temperatur, permintaan, dsb.
 
Himpunan fuzzy. Himpunan fuzzy merupakan suatu grup yang mewakili suatu kondisiatau keadaan tertentu dalam suatu variabel fuzzy.
 
Semesta pembicaraan adalah keseluruhan nilai yang diperbolehkan untuk dioperasikandalam suatu variabel fuzzy. Semesta pembicaraan merupakan himpunan bilangan riilyang senantiasa naik (bertambah) secara monoton dari kiri ke kanan. Nilai semestapembicaraan dapat berupa bilangan positif maupun negatif. Adakalanya nilai semestapembicaraan ini tidak dibatasi batas atasnya.
 
Domain himpunan samar adalah keseluruhan nilai yang di ijinkan dalam semestapembicaraan, domain merupakan himpunan bilangan riil yang senantiasa naik(bertambah) secara monoton dari kiri ke kanan. Nilai domain dapat berupa bilanganpositif maupun bilangan negatif.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->