Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
117Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
1 Pengertian Peranan Sosial.

1 Pengertian Peranan Sosial.

Ratings: (0)|Views: 58,149|Likes:
Published by masrudhi

More info:

Categories:Types, Research
Published by: masrudhi on Jun 21, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/12/2013

pdf

text

original

 
1 Pengertian Peranan Sosial
a.Peranan merupakan aspek dinamis dari suatu status (kedudukan).Apabila seseorang melaksanakan hak-hak dan kewajibannya sesuai dengan status yangdimilikinya, maka ia telah menjalankan peranannya.Peranan adalah
tingkah laku yang diharapkan dari orang yang memiliki kedudukanatau status.
Antara kedudukan dan peranan tidak dapat dipisahkan. Tidak ada peranan tanpakedudukan. Kedudukan tidak berfungsi tanpa peranan, Contoh:
 Achieved Status
adalah kedudukan yang diperoleh seseorang dengan disengaja.Contoh: kedudukan yang diperoleh melalui pendidikan guru, dokter, insinyur,gubernur, camat, ketua OSIS dsb.-Dalam rumah tangga, tidak ada peranan Ayah jika seorang suami tidak mempunyaianak.-Seseorang tidak bisa memberikan surat Tilang (bukti pelanggaran) kalau dia bukan polisi.
 
Peranan merupakan hal yang sangat penting bagi seseorang, karena dengan perananyang dimilikinya ia akan dapat mengatur perilaku dirinya dan orang lain. Seseorangdapat memainkan beberapa peranan sekaligus pada saat yang sama, seperti seorangwanita dapat mempunyai peranan sebagai isteri, ibu, karyawan kantor sekaligus (lihatgambar 2).Konflik peranan timbul ketika seseorang harus memilih salah satu diantara peranannyamisalnya sebagai ibu atau sebagai karyawan kantor. b.Konflik PerananKonflik peranan timbul apabila seseorang harus memilih peranan dari dua atau lebihstatus yang dimilikinya. Pada umumnya konflik peranan timbul ketika seseorangdalam keadaan tertekan, karena merasa dirinya tidak sesuai atau kurang mampumelaksakan peranan yang diberikan masyarakat kepadanya. Akibatnya, ia tidak melaksanakan peranannya dengan ideal/sempurna.Contoh: Ibu Tati sebagai seorang ibu dan guru di suatu sekolah. Ketika puterinya sakit,ia harus memilih untuk masuk mengajar atau mengantarkan anaknya ke dokter. Padasaat ia memutuskan membawa anaknya ke dokter, dalam dirinya terjadi konflik karena pada saat yang sama dia harus berperanan sebagai guru mengajar dikelas.Pernahkah Anda mengalami konflik peranan? Misalnya, saat Anda tertekan ketikaharus menjelaskan peranan anak dan siswa dalam waktu yang bersamaan? Hanya Andayang bisa menjawabnya!
2.
MENGAPA ANAKKU SERING MENGELUH “SAKIT”?
 
 
Seorang ibu mengeluhkan bahwa anaknya sering mengeluh sakit perut atau pusingketika harus pergi ke sekolah. Peristiwa ini sering ia alami secara terus menerus.Ketika dia di bawa ke dokter, tidak ada penyebab fisik dari sakitnya tersebut. Adaapa dengan anak ini? Ternyata setelah diselidiki lebih lanjut, masalah ini lebihdisebabkan si anak kurang mampu mengatasi masalahnya dalam pelajaran disekolah dan peran “sakit” ini muncul dalam upaya untuk menghindari masalahnya.
Peran “sakit” ini pada dasarnya dimainkan anak untuk memperoleh simpati ataupunmenghindari hal-hal yang tidak diinginkan/tidak dapat diatasi olehnya. Sebenarnya peran“sakit” ini tidak hanya dialami anak-anak saja namun juga orang dewasa di manatujuannya adalah untuk menghindari kesulitan atau memperoleh simpati.Masalah belajar sering menjadi problema bagi orangtua maupun anak. Orang tua seringmendapat kesulitan ketika anak harus pergi sekolah, menghadapi ulangan, dan hal-hallainnya yang berkaitan dengan masalah belajar. Seringkali ditemui, anak-anak seringmenghindari tugas-tugas sekolah, tidak mau pergi sekolah dengan alasan sakit. Anak tiba-tiba mengeluh sakit perut kurang enak badan, atau pusing ketika ia harus pergi sekolahatau mengerjakan tugas. Bila hal ini kerap terjadi, orang tua perlu waspada, bisa jadi perilaku anak bersumber dari ketidakmampuannya berhadapan dengan kesulitan. Walaudemikian, untuk sampai pada kesimpulan ini, beberapa aspek perilakunya perludiperhatikan dengan seksama.
Apa dampaknya?
 Jika kondisi ini kurang diwaspadai, dapat saja anak jadi mengembangkan cara ini sebagaialternatif penyelesaian masalah yang ampuh. Pengulangan perilaku ini dankeberhasilannya menggunakan peran “sakit” untuk menghindari masalah akanmenumbuhkan kebiasaan. Anak jadi akan terbiasa untuk mencari cara yang mudah demimenghindari kegiatan belajar. Konsekuensi lainnya anak jadi mudah mengelak tanggung jawab, tugas, atau hal lain yang tidak ingin dilakukannya dengan berpura-pura “sakit.”
Mengapa?
 Peran “sakit” ini bisa muncul ketika anak merasa tidak mampu/tidak akan mampumengatasi/menanggulangi persoalan yang ia hadapi. Biasanya anak-anak ini memilikikemampuan coping (mengatasi masalah) yang lemah sehingga tekanan-tekanan yangdihadapi dirasakan demikian berat. Dampaknya anak jadi memilih cara menghindar sebagai upaya untuk tidak berhadapan dengan kesulitan/persoalan. Gejala ini dikenaldengan istilah “malingering.”` Umumnya hal ini kerap terjadi pada anak-anak yangrentan terhadap stres/tekanan, tidak percaya diri, dan kurang yakin pada kemampuan diri.Mereka biasanya mudah merasa khawatir dan cemas dalam menghadapi hal-hal yangtidak mereka prediksikan, mudah takut pada kegagalan, dan kurang terbiasa untuk memecahkan masalah-masalahnya sendiri. Untuk itu, penting sekali bagi anak untuk  belajar mengatasi masalahnya sendiri tanpa terlalu banyak dibantu oleh orang dewasa.
Upaya Pencegahan
 • Biasakan anak untuk belajar menanggung konsekuensi dari tindakan yang dilakukan.Dengan demikian anak belajar untuk bersikap rasional dalam menyikapi kenyataan yangharus dihadapi. Kebiasaan ini akan menumbuhkan keuletan dan daya tahan dalam

Activity (117)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
adambitor1713 liked this
adambitor1713 liked this
adambitor1713 liked this
Athin Setyorini liked this
Kevin Reynaldo liked this
Merry Dwi Putri liked this
Risdian liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->