Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
100Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Sumber Penggunaan Dana

Laporan Sumber Penggunaan Dana

Ratings:

4.5

(2)
|Views: 19,161|Likes:
Published by sonly nendiarie

More info:

Published by: sonly nendiarie on Jun 22, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/22/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN SUMBER DAN PENGGUNAAN DANAA. Arti Pentingnya Analisa Sumber-Sumber Dan Penggunaan Dana
Laporan keuangan yang dihasilkan oleh perusahaan dari period ke periode atau daritahun ke tahun dapat dimanfaatkan untuk mengetahui atau mendeteksi aliran danayaitu dari mana sumber dana itu berasal atau dihasilkan dan untuk apa serta bagaimana dana tersebut digunakan atau dibelanjakan. Kita dapat mengetahui ataumendeteksi aliran dana tersebut dengan cara membandingkan laporan keuangan daridua tahun yang berurutan. Maka dapat lita simpulkan bahwa suatu cara analisis yangdigunakan untuk mempelajari bagaimana suatu perusahaan melaksanakan kebijakan-kebijakan dalam rangka memperoleh dana dan menggunakan dana tersebut seringdisebut sebagai Analisis Sumber dan Penggunaan Dana.. Setelah kita mengetahui pengertian dari analisis sumber dan penggunaan dana tersebut dapat diketahui bahwahasil dari analisis sumber dan penggunaan dana disebut sebagai Laporan Sumber danPenggunaan Dana.Oleh karena itu, perusahaan harus hati-hati dalam menangani masalah keuangandalam pengelolaan sumber dan penggunaan modal kerja atau dana. Laporan sumber dan penggunaan dana ini merupakan suatu laporan yang berguna bagi pihamanajemen perusahaan, para kreditur, para pemegang saham, dan pihak-pihak lainnya. Pihak manajemen dan para kreditur jangka pendek terutama akan tertarik kepada posisi keuangan jangka pendek (posisi modal kerja) suatu perusahaantermasuk perubahan-perubahan yang terjadi selama periode itu. Kenaikan dalammodal kerja mungkin ditunjukkan dalam kas, efek (sekuritas), piutang maupun dalam persediaan atau adanya penurunan atau berkurangnya hutang lancar, dan adanya
 
kenaikan dalam modal kerja ini akan diinterpretasikan bergantung kepada sumber-sumber yang menyebabkan kenaikan tersebut. Apabila seluruh perubahan tersebutsemuanya berasal dari hasil operasi perusahaan, maka hal ini akan dinilai sebagai halyang amat baik atau menguntungkan dibandingkan dengan kenaikan modal kerja yang berasal dari pengeluaran hutang jangka panjang.Langkah-langkah dalam menganalisa sumber-sumber dan penggunaan dana :1) Penyusunan laporan perubahan neraca (statement of balance sheets changes)Laporan ini menggambarkan perubahan dari masing-masing elemen neraca antarakedua titik waktu dan setiap perubahan elemen tersebut mencerminkan adanyasumber atau penggunaan dana.2) Laporan sumber-sumber dan penggunaan danaLaporan ini berasal dari gabungan antara laporan perubahan neraca dan laporan labaditahan.
 Pengertian dana yang digunakan dalam analisa sumber-sumber dan penggunaan dana disebut 
kas (arti sempit)
dan
modal kerja (arti luas).
1. Dana Dalam Arti Kas
Dana yang akan dianalisis nantinya bisa dalam pengertian kas, artinya setiap ada perubahan elemen-elemen yang ada pada laporan keuangan akan menambah ataumengurangi kas. Oleh karena itu, laporannya disebut sebagai Laporan Sumber danPenggunaan Kas. Laporan sumber dan penggunaan kas ini disusun untumenunjukkan perubahan kas selama satu periode dan memberkan alasan mengenai perubahan kas tersebut dengan menunjukkan dari mana sumber-sumber kas dan pengunaan-penggunaannya.
 
Langkah-langkah menyusun laporan sumber-sumber dan penggunaan dana (kas):
a.
Menyusun laporan perubahan neraca, yang menggambarkan perubahanmasing-masing elemen neraca antara dua titik waktu yang akan dianalisa(bulanan atau tahunan).
b.
Mengelompokkan perubahan-perubahan dalam golongan perubahan yangmemperbesar / memperkecil kas.
c.
Mengelompokkan elemen-elemen dalam laporan rugi dan laba (laporan labaditahan) ke dalam golongan yang memperbesar/ memperkecil kas.
d.
Mengadakan konsolidasi dari semua informasi ke dalam laporan sumber-sumber dan penggunaan dana.Dari laporan neraca dan laporan laba-rugi, elemen-elemen yang dapat memperbesar kas adalah :
1. Berkurangnya aktiva lancar selain kas:
a.
Berkurangnya barang (inventory) terjadi karena terjualnya barang tersebut danhasil penjualan itu merupakan sumber dana/ kas bagi perusahaan.
b.
Berkurangnya piutang berarti piutang telah dibayar dan penerimaan piutangmerupakan penambahan dana yang diterima oleh perusahaan yang bersangkutan.
c.
Berkurangnya surat-surat berharga (efek) berarti efek itu terjual dan hasil penjualan tersebut merupakan sumber dana/ kas bagi perusahaan
2. Berkurangnya aktiva tetap:
a.
Berkurangnya aktiva tetap bruto berarti sebagian aktiva tetap harus dijual danhasil penjualannya merupakan sumber dana

Activity (100)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Alvokat Shusu liked this
nuunurul liked this
Goest Rian's liked this
Radius Susilo liked this
Asriani Achy liked this
Blagado Story liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->