Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
52Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Reformasi Sistem Pendidikan Nasional

Reformasi Sistem Pendidikan Nasional

Ratings: (0)|Views: 4,839 |Likes:
Published by epier

More info:

Published by: epier on Jun 22, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/01/2013

pdf

text

original

 
Reformasi Sistem Pendidikan Nasional
MAKALAH
Disusun Oleh :
KELOMPOK 3
Epi Erpina S.SiErik Nurdiana Nurkholik, S.EEvi Nurfiriyanti, S.PGita Hanum Purnamasari, S.PiHasbullah, S.SosIImas Masriyah, S.SiUNIVERSITAS IBNU KHOLDUNBOGOR 2009BAB IPENDAHULUAN
Kualitas sumber daya manusia bangsa Indonesia saat ini masih sangat rendah jikadibandingkan dengan negara lain bahkan dengan sesama anggota ASEAN. Pendidikan adalahkata kunci untuk meningkatkan kesejahteraan dan martabat bangsa. Tak salah jika kita sebut pendidikan sebagai pilar pokok dalam pembangunan bangsa. Tinggi-rendah derajat suatu bangsa bisa dilihat dari mutu pendidikan yang diterapkannya.
 
Pendidikan yang tepat dan efektif akan melahirkan anak-anak bangsa yang cerdas, bermoral, memiliki etos kerja dan inovasi yang tinggi. Negara-negara yang telah berhasilmencapai kemajuan dan menguasai teknologi-peradaban mengawali kesuksesannya denganmemberi perhatian yang besar terhadap sektor pendidikan nasionalnya. Sektor pendidikanmendapat dukungan penuh dan secara terus menerus sistemnya diperbaiki agar sesuai dengankondisi, kebutuhan, dan daya akses seluruh lapis masyarakat mereka.Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia diatur dalam Undang-Undang RepubliIndonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sebagaimana diketahui,Undang-Undang adalah wujud dari harapan rakyat yang dimanifestasikan oleh DPR. Dalam halini harapan dan tantangan di masa depan, pendidikan merupakan sesuatu yang sangat berhargadan dibutuhkan. Pendidikan di masa depan diharapkan memainkan peranan yang sangatfundamental di mana cita-cita suatu bangsa dan negara dapat diraih. Bagi masyarakat suatu bangsa, pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang akan menentukan masa depannya.Menghadapi masa depan yang sudah pasti diisi dengan arus globalisasi dan keterbukaan sertakemajuan dunia informasi dan komunikasi, pendidikan akan semakin dihadapkan terhadap berbagai tantangan dan permasalahan yang lebih rumit dari pada masa sekarang atausebelumnya. Untuk itu, pembangunan di sektor pendidikan di masa depan perlu dirancang sedinimungkin agar berbagai tantangan dan permasalahan tersebut dapat diatasi. Dunia pendidikannasional perlu dirancang agar mampu melahirkan generasi atau sumber daya manusia yangmemiliki keunggulan pada era globalisasi dan keterbukaan arus informasi dan kemajuan alatkomunikasi yang luar biasa.Harus kita diakui, pelaksanaan pendidikan di Indoensia masih jauh dari yangdiharapankan. Begitu juga dengan mutu yang dihasilkannya. Padahal, amanat Undang-UndangDasar 1945 mematok tujuan pendidikan nasional begitu tinggi: bisa mencerdaskan bangsaIndonesia. Cerdas dalam artian mayoritas rakyat Indonesia memiliki budaya belajar danmengajar dalam aktivitas kesehariannya Program pendidikan nasional yang dirancang diyakini belum berhasil menjawab harapan dan tantangan masa kini maupun di masa depan. Globalisasiseharusnya menghadirkan peluang ‘positif’ untuk hidup nyaman, murah, indah dan maju, bukanmenghadirkan peluang ‘negatif’ yang menimbulkan keresahan, penderitaan dan penyesatan.Dalam situasi ini, tugas sivitas akademika mengembangkan dan menciptakan sistem pendidikanuntuk menghasilkan lulusan yang ‘mampu memilih’ tanpa kehilangan peluang serta jati diri.
 
Dalam membangun pendidikan di masa depan perlu dirancang sistem pendidikan yangdapat menjawab harapan dan tantangan terhadap perubahan-perubahan yang terjadi. Sistem pendidikan yang dibangun tersebut perlu berkesinambungan dari pendidikan prasekolah, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Prof. Dr. Mastuhu, M. Ed.,dalam bukunya Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional Abad 21 mengatakan bahwa pendidikan nasional yang dibutuhkan dalam abad mendatang adalah sistem pendidikanyang tidak hanya mampu mengembangkan kecerdasan akal semata, tetapi juga mampumengembangkan kecerdasan emosi, spiritual, dan agama sekaligus sebagai satu kesatuan utuh.
BAB IIREFORMASI SISTEM PENDIDIKAN NASIONALA.Latarbelakang Reformasi Sistem Pendidikan Nasional
Dalam proses perjalanan UU No.2/l989 tentang Sisdiknas sekitar l3 tahun Sisdiknasdirasakan menunjukkan gejala-gejala sebagai berikut:1.Sisdiknas telah menjadi alat politik pemerintah untuk memperkuat kekuasaannya.2.Pendidikan terlalu diatur secara sentralistik oleh pemerintah, dan masyarakat kurangdiberi peran dalam penyelenggaraan pendidikan; inisiatif, kreativitas dan inovasimasyarakat kurang mendapat kesempatan berkembang.3.Pendidikan tidak dapat menjadi pranata sosial untuk pembudayaan dan transformasimasyarakat4.Pendidikan tidak mampu menjawab tantangan lingkungan strategis, yaitu perkembangan politik-ekonomi-sosial-budaya, baik di daerah, nasional, maupuninternasional yang berubah secara cepat.5.Sisdiknas belum menerapkan prinsip-prinsip pendidikan: Pendidikan Untuk Semua,Pendidikan Seumur Hidup, dan Pendidikan Terbuka.

Activity (52)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sulaiman Man liked this
Alifvia Cristin liked this
Titin Sumartini liked this
Sintia Rahayu liked this
almoon2 liked this
Fatk Khan liked this
Mirdha Yean liked this
Novi Primita's liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->