Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
372Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ANALISIS ARUS KAS

ANALISIS ARUS KAS

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 29,654 |Likes:
Published by hantubergentayangan

More info:

Published by: hantubergentayangan on Jun 22, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/26/2013

pdf

text

original

 
BAB II ISI2.1 TINJAUAN PUSTAKA
2.1.1 LAPORAN ARUS KAS
Uang tunai atau
cash
merupakan saldo sisa dari arus kas masuk dikurangi arus kaskeluar yang berasal dari periode-periode lalu. Arus kas bersih (net cash flow) mengacu pada arus kas masuk dikurangi arus kas keluar pada periode berjalan. Arus kas berbedadengan ukuran kinerja akrual. Ukuran arus kas mengakui arus masuk saat kas diterimawalaupun belum dihasilkan, dan mengakui arus keluar saat kas dibayarkan walaupun beban belum terjadi. Laporan arus kas melaporkan ukuran arus kas untuk tiga aktivitasutama dalam bisnis yaitu operasi, investasi, dan pendanaan.Secara umum, informasi arus kas membantu untuk menilai kemampuan peusahaan dalam memenuhi kewajibannya, membayar dividen, meningkatkan kapasitas,dan mendapatkan pendanaan. Informasi arus kas juga membantu dalam menilai kualitaslaba dan ketergantungan laba pada estimasi dan asumsi tentang arus kas di masa depan.Tujuan laporan arus aks adalah menyediakan informasi arus kas masuk dan arus kaskeluar untuk satu periode.
2.1.1.1 Relevansi Kas
Kas merupakan aktiva yang paling liquid serta menawarkan likuiditas danfleksibilitas bagi perusahaan. Kas merupakan awal sekaligus akhir siklus operasi perusahaan. Aktivitas operasi perusahaan melibatkan konversi kas menjadi berbagaiaktiva yang digunakan untuk menghasilkan piutang dari penjualan kredit.Kas merupakan ukuran akhir profitabilitas dimana kaslah yang digunakan untuk membayar utang, mengganti peralatan, memperluas fasilitas, dan membayar dividen.Dalam analisis arus kas akan membantu dalam menilai likuiditas, solvabilitas, danfleksibilitas keuangan.
Liquiditas
merupakan kedekatan aktiva dan kewajiban pada kas.
Solvabilitas
atau
solvensi
merupakan kemampuan untuk membayar kewajiban saat jatuhtempo.
Fleksibilitas keuangan
adalah kemampuan untuk bereaksi dan menyesuaikan diriterhadap kesempatan dan kesulitan. Laporan cash flow berguna dan penting bagi analisisdan menyediakan informasi untuk menjawab pertanyaaan pengguna laporan seperti :
 
Berapa banyak kas yang dihasilkan dari atau digunakan untuk operasi ?
Pengeluaran apakah yang dibayar dengan kas dari operasi ?
Bagaimana dividen dibayar saat perusahaan mengalami kerugian operasi ?
Berasal dari manakah kas untuk pembayaran utang ?
Berasal dari manakah kas untuk pembayaran saham preferen ?
Bagaimana kenaikan investasi didanai ?
Berasal dari manakah kas untuk pembelian aktiva tetap yang baru ?
Mengapa kas lebih rendah saat laba meningkat ?
Bagaiman penggunaan kas yang berasal dari pendanaan baru ?
2.1.1.2 Pelaporan Berdasarkan AktivitasOperating Activities
merupakan aktivitas perusahaan yang terkait dengan laba.Selain pendapatan dan beban yang disajikan dalam laporan laba rugi, aktivitas operasi juga meliputi arus kas masuk dan arus kas keluar bersih yang berasal dari aktivitasoperasi terkait, seperti pemberian kredit kepada pelanggan, investasi dalam persediaan,dan perolehan kredit dari pemasok. Aktivitas operasi terkait dengan pos-pos laporan labarugi dan dengan pos-pos operasi neraca.
Investing Activities
merupakan cara untuk memperoleh dan menghentikanaktivitas nonkas. Aktivitas ini meliputi aktiva yang diharapkan untuk menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. Aktivitas ini juga meliputi pembelian pinjaman dan penagihan pokok pinjaman.
Financing Activities
merupakan cara untuk mendistribusikan, menarik, danmendapatkan dana untuk mendukung aktivitas bisnis. Aktivitas ini meliputi perolehan pinjaman dari kreditor dan pembayaran pokok pinjaman. Aktivitas ini juga meliputikontribusi dan penarikan oleh pemilik serta pengembalian atas investasi (dividen).
2.1.1.3 Menyusun Laporan Arus Kas
Terdapat dua metode untuk pelaporan arus kas dari operasi yaitu metode langsungdan metode tidak langsung. Dalam
Metode tidak langsung
(
indirect method 
), laba bersihdisesuaikan dengan pos penghasilan (beban) nonkas dengan akrual., untuk menghasilkan
 
arus kas dari operasi. Keunggulan metode ini adalah adanya rekonsiliasi perbedaan antaralaba bersih dengan arus kas operasi. Rekonsiliasi ini dapat membantu pengguna laporanuntuk memprediksi arus kas melalui prediksi laba yang kemudian disesuaikan untuk jarak antara laba besih dengan arus kas – akual nonkas.
Metode langsung
(direct method 
)disediakan setelah itu sebagai perbandingan. Metode ini menyesuaikan setiap pos laporanlaba rugi untuk akrual terkait, sehingga menghasilkan format yang lebih baik untuk menilai jumlah arus kas masuk (keluar) operasi. Kedua metode tersebut menggunakanformat yang sama untuk menghitung kas bersih dari aktivitas investasi dan pendanaan.Yang berbeda hanyalah penyusunan arus kas bersih dari aktivitas operasi.
A. Mempersiapkan Laporan Arus Kas
Laporan arus kas merupakan campuran antara laporan laba rugi dengan neraca.Laba bersih mula-mula disesuaikan untuk penghasilan dan beban nonkas untumenghasilkan laba kas. Laba kas ini kemudian disesuaikan untuk kas yang dihasilkan dandigunakan oleh transaksi neraca untuk menghasilkan arus kas dari aktivitas operasi,aktivitas investasi, dan aktivitas pendanaan.Tiik awal laporan arus kas adalah laba bersih yang mula-mula disesuaikan untuk  beban penyusutan dan amortisasi nonkas. Proses penyusutan kemudian mengalokasikan biaya perolehan selama masa manfaatnya unuk menandingkan beban terhadap pendapatan yang dihasilkan oleh aktiva yang bersangkutan. Karena laporan arus kas berfokus pada arus kas, beban nonkas yang diakui dalam perhitungan laba besih harusdihilangkan, yaitu dengan menambahkan kembali beban penyusutan dan amortisasi.Penambahan beban penyusutan dan amotisasi tersebut tidak meningkatkan arus kasoperasi melainkan hanya menghapuskan beban yang dikurangkan dalam perhitungan laba bersih. Cara yang sama juga digunakan unuk menyesuaikan laba bersih terhadapkeuntungan (kerugian) penjualan aktiva. Tujuan penyesuaian ini bukanlah untuk mengeleminasi keuntungan (kerugian) secara keseluruhan, melainkan memindahkannyadari bagian operasi laporan arus kas. Arus kas masuk dari penjualan aktiva disajikandalam arus kas bersih dari aktivitas investasi. Penyesuaian terakhir adalah analisis kasyang dihasilkan oleh perubahan dalam aktiva lancar dan kewajiban lancar.Penyesuaian untuk perubahan pos neraca dapat diringkas sebagai berikut :

Activity (372)

You've already reviewed this. Edit your review.
Julianto Panga liked this
anwarlh liked this
anwarlh liked this
Hafidh Anas liked this
faqih_682401040 liked this
Agassi Auau liked this
Pemimpi Kecil liked this
Vera Wulandari liked this
Riogi Susanto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->