Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Membuat Sendiri Pakan Lele Alternatif _ ALAM TANI

Membuat Sendiri Pakan Lele Alternatif _ ALAM TANI

Ratings: (0)|Views: 190|Likes:
Published by Faisal Setiawan
cara pakan alami
cara pakan alami

More info:

Categories:Topics
Published by: Faisal Setiawan on Sep 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/24/2013

pdf

text

original

 
Iklan oleh Google
 ► Kolam ikan ► Ikan gurame ► Lele ikan ► Ikan mas
 
Like8
 
9/9/13Membuat sendiri pakan lele alternatif | ALAM TANIwww.alamtani.com/pakan-lele-alternatif.html2/9
Kandungan nutrisi pakan
Pakan lele yang baik harus memenuhi rasio pemberian pakan dengan penambahan bobot tubuh kurang darisatu (FCR>1). Artinya, setiap pemberian pakan sebanyak 1 kg akan menambah bobot tubuh sebanyak 1 kg.Jadi semakin kecil rasio FCR-nya, semakin baik pakannya.Penyediaan pakan lele untuk pakan utama harus memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Pakan tersebutharus mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Protein berfungsi sebagai sumber energiutama. Jenis ikan karnivora semacam lele membutuhkan protein yang tinggi yaitu lebih dari 35% dari berat pakan.Lemak dibutuhkan sebagai sumber energi tambahan penting. Selain sebagai sumber energi, lemak sangat penting untuk kelangsungan hidup ikan, melarutkan beberapa jenis vitamin dan menjaga keseimbangan dayaapung ikan dalam air. Penambahan lemak pada pakan juga mempengaruhi rasa dan mutu pakan. Lelemembutuhkan lemak dengan kadar 4-5 persen dari berat pakan. Kadar lemak tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan penimbunan lemak pada usus dan hati ikan, sehingga ikan jadi kurang nafsu makannya.Karbohidrat terdiri dari senyawa serat kasar dan bahan bebas tanpa nitrogen. Fungsi utama karbohidratadalah sebagai sumber energi. Selain berfungsi sebagai nutrisi, karbohidrat juga bisa menjadi bahan perekatdalam pembuatan pakan lele. Kandungan karbohidrat pada pakan lele sebaiknya ada pada kisaran 4-6 persen.Vitamin merupakan zat organik yang dibutuhkan ikan dalam jumlah kecil, namun peranannya sangat vital.Perannya untuk mempertahankan kondisi dan daya tahan tubuh. Vitamin umumnya tidak dapat disintesis olehtubuh ikan, jadi harus dipenuhi dari luar atau pakan. Kebutuhan vitamin akan menurun seiring dengan pertumbuhan besar ikan.Satu lagi yang dibutuhkan dalam jumlah kecil namun penting, yakni mineral. Mineral ini memainkan peran penting dalam membangun struktur tulang ikan dan dalam fungsi metabolisme. Mineral terdiri darimakromineral dan mikromineral. Makromineral ada dalam konsentrasi tinggi dalam tubuh ikan diantaranyakalsium (Ca), magnesium (Mg), natrium (Na), kalium (K), fosfor (K), klorida (Cl) dan sulfur (S). Sedangkanmikromineral antara lain besi (Fe), seng (Zn), mangan (Mn), tembaga (Cu), iodium (I), kobalt (Co), nikel (Ni)fluor (F), krom (Cr), silikon (Si) dan selenium (Se).
Membuat pakan lele alternatif 
Disebut pakan tambahan karena tujuannya untuk melengkapi pemberian pakan utama. Kandungan nutrisi pada pakan lele tambahan tidak bisa ditakar dengan tepat. Namun kandungannya masih bisa kita kira-kira.Pemberian pakan lele tambahan dalam budidaya lele intensif bisa menekan biaya pengeluaran pakan, sehingga peternak bisa menikmati keuntungan yang lebih besar. Bahan-bahan berikut disarikan dari pengalaman- pengalaman para peternak lele.
a. Pakan buatan pengganti pelet
Pakan alternatiif pengganti pelet bisa kita buat dari berbagai bahan. Kandungan utama pelet yang palingdominan adalah tepung ikan. Tepung ikan digunakan karena kandungan proteinnya yang tinggi dan gizilainnya. Namun harga tepung ikan ini mahal, oleh karena itu kita bisa mencampurnya dengan bahan-bahan lainyang lebih murah tanpa mengurangi kandungan protein yang ada.
 
9/9/13Membuat sendiri pakan lele alternatif | ALAM TANIwww.alamtani.com/pakan-lele-alternatif.html3/9
Pakan lele alternatif yang kita buat harus disesuaikan dengan kebutuhan standar ikan lele untuk tumbuh dan berkembang dengan baik dan cepat (lihat kembali tabel di atas). Untuk itu, ada banyak bahan alternatif yang bisa kita dapatkan, sebaiknya yang menjadi acuan adalah kandungan protein. Berikut tabel berbagai bahan beserta kandungannya dalam satuan persen (%):
BahanProteinLema
Tepung Ikan62.998.4Tepung Kedelai36,614.30Bungkil Kelapa18.4615.73Tepung Jagung10.400.53Dedak Halus15.586.8Tepung Tapioka2.62.6Misalnya, kita ingin membuat pakan lele dari campuran 50 kg tepung ikan (kandungan protein 62,9%)dengan 50 kg dedak halus (15,58%), apakah campuran tersebut memenuhi kebutuhan protein ikan lele?Jumlah protein dalam tepung ikan = 62,9% x 50 kg = 31,45 kgJumlah protein dalam dedak halus = 15,58 x 50 kg = 7,79 kgJumlah total protein dari tepung ikan dan dedak halus = 39,24 kgArtinya dari total berat bahan baku 100 kg didapat protein 39,24 kg atau 39,24% dari adonantersebut adalah protein. Hal ini mencukupi untuk pakan lele dimana minimal tersedia kandungan proteinkasar sebanyak 30%.Untuk memperkaya kandungan nutrisi, kita bisa menambahkannya dengan berbagai vitamin ikan yangtersedia di pasaran.
b. Limbah peternakan unggas
Beruntung bagi peternak yang lokasinya dekat dengan peternakan unggas (ayam atau puyuh). Peternakanunggas biasanya menghasilkan limbah berupa ayam mati dalam jumlah yang kontinyu. Limbah tersebut bisakita gunakan untuk pakan lele. Karena ikan lele pada hakikatnya adalan hewan karnivora.Bangkai ayam atau puyuh sebaiknya tidak diberikan begitu saja untuk menghindari terjangkitnya penyakit pada ikan. Bangkai harus dibersihkan terlebih dahulu bulu dengan cara direbus. Selain menghilangkan bulu, proses perebusan berfungsi untuk membunuh bibit penyakit yang mungkin terkandung dalam bangkai.Perebusan bisa dilakukan dalam drum-drum besar.Setelah direbus diamkan bangkai tersebut sampai dingin, lalu berikan pada ikan lele pada hari yang sama.Pakan diberikan dengan cara digantung dan celupkan pakan dalam air kolam. Setelah habis angkat kerangkayang tersisa jangan sampai menjadi residu dalam kolam.
c. Keong mas atau bekicot
Disebagian tempat, keong mas merupakan hama bagi petani padi. Kita bisa memanfaatkan daging keongyang kaya protein untuk pakan lele tambahan. Keong mas mudah ditemukan di daerah pesawahan. Caramengumpulkannya pun mudah, apalagi kalau tempat kita ada di pedesaan. Tinggal pasang plang, terimakeong mas lalu nego, beres urusan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->