Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH IPTEK

MAKALAH IPTEK

Ratings: (0)|Views: 47 |Likes:
Published by dianeskarwijaya

More info:

Published by: dianeskarwijaya on Sep 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/27/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH IPTEK 
BAB IHASIL OBSERVASI2.1 PP – IPTEK
PP – IPTEK SEBAGAI PUSATPENGENALAN IPTEK DI INDONESIA
A
. Pusat Pergaan Ilmu Pungatahuan & Teknologi ( PP-IPTEK )PP-IPTEK ( Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan & Teknologi ) yangberada di wilayah Timur TMII ini merupakan Science Center pertama diIndonesia, serta salah satu sarana pendidikan luar sekolah yqang didalam nnyaterdapat perpaduan antara pengetahuan dengan unsur hiburan untukmemperkenalkan iptek kepada masyarakat segala usia dengan mudah, menarikdan berkesan melalui berbagai kegiatan peragaan interaktif yang dapat disentuhdan juga dapat dimainkan. Dengan adanya kegiatan peragaan interaktif ini,dapat menumbuhkan suatu pemikiran tentang APA, MENGAPA danBAGAIMANA iptek digali dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia.Dalam hal ini PP-IPTEK memiliki Visai dan Misi yang dapat m,enunjang daamhal iptek :• Visi PP-IPEK adalah untuk mencerdaskan masyarakat indonesia melaluipemahaman iptek.• Misi PP-IPTEK adalah memupuk para generasi penerus bangsa agar memilikirasa syukur dan senang dalam mengamati dan mempelajari fenomrna alamdilingkungan sekitar dan perkembangan iptek yang mengiringinya, sehinggatumbuh rasa cinta terhadap iptek dalam diri generasi penerus.
B.
Sejarah Pendirian PP-IPTEK
 
Gagasan pendirian PP-IPTEK muncul bersama dengan pembangunankompleks PUSPIPTEK ( pusat penelitian ilmu pengetahuan & teknologi ) diserpong, jawa Barat tahun 1978. namun gagasan ini tidak di kembangkan lebihlanjut karena PUSPIPTEK dikhususkan untuk penyediaan wahana penelitian danperkembangan yang tisak bersifat untuk umum.Pada tahun 1984, Menristek atas persetujuan ua BP3-TMII kemudianmengambil kebijaksanaan untuk pebangunan PP-IPTEK di TMII. BerdasarkanSurat Keputusa ( SK ) Menristek di bentuk kelompok kerja yaiti kelompok kerja“Science Center” untuk melekukan pengkajian ulang menyangkut : konsep dasar pembangunan, teme – tema peragaan, sistem pengolahan, arsitektur dan untukmempelajari serta menyempurnakan rancangan PP-IPTEK dan studyperbandingan.Baru beberapqa tahun kemudian tahun 1987 kerjasama dengan prancis dalampengembangan rencana induk PP-IPTEK dilakukan pada bulan Desember tahun1986 s.d juni tahun 1987, kerjasama panitia Science Center diperkenalkankepada masyarakat. Kemudian berita pembangunan PP-IPTEK ramai dibicarakan media masa. Disisi lain keuangan negara pada saat itu tidakmemungkinkan untuk merealisasi progrwm PP-IPTEK sessuai dengan yangtertera dalam rencana induk Mei 1987, Karena dipandang perlu untukmelaksanakn pembangunan PP-IPTEK secara bertahap.Pada tahun 1987 dilakukan usaha pengenalan IPTEK kepada masyarakat luasmelalui penyelenggaraan pameran Fisika Dan Matematika dengan bekrja samadenga prancis di gedung pengelolaan TMII. Pameran dibuka oleh Menteri P danK ( Prof. Dr. Faud Hasan ) dan Asisten Menteri Riset dan Teknologi ( Prof. Dr .Didin S . Sastrapraja ), mewakili MENRISTEK. Dari bulan januari tahun 1988 –1990 digelar peragaan di bidang IPA di istana anak – anak indonesia di TMIIsebagai hasil kerjasama dengan Fakultas Pendidikan Mtematika dan IPA , IKIPJakarta.Pada tanggal 20 April 1991 diresmikanlah gedung dementara PP-IPTEK, seluas1000 m2 oleh Presiden Soeharto yang berlokasi di gedung SKYLIFT –TMII yangsudah mengalami renovasi.
 
Pada tanggal 26 Januari 1994 awal pembangunan PP-IPTEK yang permanenseluas 20.000 m2 di laksanakan, Ibu Tien Soeharto selaku pelindung melakukanawal pengeboran untuk tiang utama pondasi, disaksikan oleh pejabat negarabidang Iptek, diantaranya : MENRISTEK , Dirjen Badan Tenaga Atom Nasional &Ketua LIPI, General Manager TMII serta tamu undangan. Gedung PP-IPTEKyang permwanen ini memperoleh lokasi utma di TMII, yaitu poros kompleks TMIImenghadap Plaza Perdamaian.Tujuan dan Sasaran didirikannya PP-IPTEK adalah : 
Ρ 
Untuk menggugah kesadaran & menumbuhkan apresiasi masyarakatterhadap peranan iptek dalam kehidupan modern. 
Ρ 
Untuk mendorong timbulnya rasa keingintahuan ( coriosity ) 
Ρ 
Untuk memberikan gambaran adanya kaitan antara hasil pengembangan iptekdengan kemajuan dinia industri dalam kehidupan sehari – hari.
C.
Kegiatan dan Alat Peraga di PP-IPTEKPeragaan Iptek berlokasi di wilayah timur kompleks TMII, tepatnya disebelah selatan Taman burung / sebelah barat Monumen KTT Gerakan NonBlok TMII. Keberadaan peragaan Iptek yang menempati areal tanah seluas42.300 meter2 dengan luas lantai bangunan 24.000 meter2 yang mudah ditemukan oleh pengunjung TMII karena wujud bangunannya yang khas danmemberi kesan berbeda dengan bangunan sekitarnya. Selain itu PP – IPTEK ini juga terkenal dengan kegiatan-kegiatan dan alat-alat peragaan Iptek yang dapatdimainkan, yaitu sbb:
¬
Kegiatan Peragaan PP – IPTEKKegiatan utama dari pusat peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi ini adalahmenyajikan berbagai peragaan Iptek yang dapat di indera pengunjung, interaktif dan dapat di sentuh serta dimainkan. Selain itu PP – IPTEK ini dilengkapikegiatan penunjang yaitu menyelenggarakan berbagai kegiatan khusus ditujukanbagi siswa-siswi dari tingkat SD-SMA / SMU, seperti: Kegiatan sanggar kerja,Demontrasi Iptek, Sains fair, Kegiatan ilmiah, Sabtu-Minggu, Lokakarya Ipteksiswa dan kegiatan ilmiah lainnya yang berhubungan dengan Iptek.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->