Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Olahraga Bulutangkis

Makalah Olahraga Bulutangkis

Ratings: (0)|Views: 97 |Likes:
Published by Muhammad Eko Arif

More info:

Published by: Muhammad Eko Arif on Sep 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/25/2013

pdf

text

original

 
Posted by
Andika Wipra
Sabtu, 22 Juni 2013
0
komentar 
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
1.1 Latar Belakang
 Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan. Mirip dengan tenis, bulu angkis bertujuan memukul bola permainan ("kok" atau "shuttlecock") melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.Bulu tangkis adalah olahraga raket tercepat. Kecepatannya bisa mencapai angka 400 km/jam. Selainfakta yang lumrah diketahui, salah satu fakta menarik yang baru saja duaribuan dengar adalah ketika bermain Bulu tangkis 30 menit, ternyata sama dengan ketika berjalan sejauh 5 Km.Tapi yang pasti, bermain bulu tangkis bisa membakar 1000 kalori dalam tubuh per jam nya.Sama seperti olahraga kardio yang lain, Bulu tangkis meningkatkan denyut jantung, menurunkanhipertensi dan membantu untuk memperkuat kondisi jantung. Berdasarkan penelitian, Bulu tangkisadalah olahraga yang bagus untuk otak. Olahraga tersebut dikatakan baik untuk otak karenamembutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi. Selain itu, dibutuhkan juga ketepatan yang sangattinggi serta koordinasi mata dan tangan sehingga sangat bagus untuk menjaga kebugaranotak. Gerakan yang cenderung konstan dan berlangsung sangat cepat juga memberikan efek aerobik.Sebagaimana yang sudah terbukti dalam berbagai penelitian, jenis olahraga yang bersifat aerobik umumnya sangat berhubungan dengan pemeliharaan fungsi kognitif atau kecerdasan.Kenyataannya, siswa cenderung kurang berminat bergelut di bidang olahraga bulu tangkis.Pengetahuan akan teknik bermain yang kurang, sarana prasarana yang dianggap sulit diperoleh dankurangnya pengetahuan tentang sejarah dan pentingnya olahraga bulu tangkis selalu menjadi tembok  penghalang.Dalam makalah ini, akan disajikan semua materi yang berhubungan dengan olahraga bulutangkis. Yang diharapkan mampu menambah wawasan pembaca dan penulis sebagai salah satu bekalmasa depan bangsa
1.2 Rumusan Masalah
 Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan yang dibahas dalam makalah ini adalahsebagai berikut:1. Bagaimana sejarah perkembangan olahraga bulu tangkis?2. Apa pengertian olahraga bulu tangkis?3. Apa saja teknik dan taktik olahraga bulu tangkis?4. Berapa ukuran lapangan bulu tangkis?
 
5. Apa saja sarana prasarana olahraga bulu tangkis?
1.3 Batasan Masalah
 Masalah yang disajikan dalam makalah ini sebatas untuk memahami atau mengetahui sejarah perkembangan olahraga bulu tangkis, pengertian olahraga bulu tangkis, teknik dan taktik olahraga bulu tangkis, ukuran lapangan bulu tangkis, dan sarana prasarana olahraga bulu tangkis.
1.4 Tujuan Penulisan
 Dari rumusan masalah tersebut, tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:1. Untuk mengetahui sejarah perkembangan olahraga bulu tangkis.2. Untuk mengetahui pengertian olahraga bulu tangkis.3. Untuk mengetahui teknik dan taktik olahraga bulu tangkis.4. Untuk mengetahui ukuran lapangan bulu tangkis.5. Untuk mengetahui sarana prasarana olahraga bulu tangkis.
1.5 Manfaat Penulisan
 Adapun manfaat penulisan makalah ini sebagai berikut.1) Bagi siswa, makalah ini dapat dijadikan sumber untuk menambah pengetahuan tentangolahraga bulu tangkis.2) Bagi orang tua, makalah ini dapat dijadikan pedoman dalam mendidik anaknya, khususnyadalam membina anak yang memiliki hobi bulu tangkis.3) Bagi guru, makalah ini dapat dijadikan strategi alternatif dalam upaya membina dan mendidik siswa di sekolah yang memiliki hobi bulu tangkis.4) Bagi pengelola sekolah (kepala sekolah dan para wakil kepala sekolah), makalah ini dapatdijadikan acuan dalam menyusun program sekolah untuk membina dan meningkatkan minat siswaterhadap bulu tangkis.5) Bagi pemerintah, makalah ini dapat dijadikan acuan dalam menyusun program pembinaansekolah untuk membina dan meningkatkan minat siswa terhadap bulu tangkis.
 
BAB II
 
PEMBAHASAN
 
2.1
 
Sejarah Perkembangan Olahraga Bulutangkis
 Olahraga yang dimainkan dengan kok dan raket ini kemungkinan berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu. Selain di Mesir, diperkirakan juga India dan China sebagai tempat asal usul permainan ini. Awal mula permainan ini kemungkinan merupakan sebuah permainan yang berasaldari Tionghoa, Jianzi. Permainan tersebut menggunakan kok tetapi tanpa memakai raket melainkandengan kaki. Misi permainan ini adalah untuk menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selamamungkin tanpa menggunakan tangan.Di Inggris, sejak zaman pertengahan permainan anak-anak yang disebut Battledores dan Shuttlecockssangat populer. Anak-anak pada waktu itu biasanya akan memakai dayung atau tongkat (Battledores)dan bermain bersama untuk menjaga kok tetap di udara dan mencegahnya menyentuh tanah.Permainan ini cukup populer untuk menjadi pemandangan sehari-hari di jalan-jalan London padatahun 1854 ketika majalah Punch mempublikasikan kartun untuk ini. Penduduk Inggris kemudianmembawa permainan ini ke Jepang, China, dan Siam (sekarang Thailand) selagi merekamengkolonisasi Asia. Permainan ini kemudian dengan segera menjadi permainan anak-anak diwilayah tersebut.Olahraga bulu tangkis modern seperti sekarang ini diciptakan oleh petugas Tentara Britania di Pune,India pada abad ke-19 saat mereka menambahkan jaring dan memainkannya secara kompetitif.Karena kota Pune sebelumnya dikenal dengan nama Poona, permainan tersebut juga dikenali sebagaiPoona pada masa itu.Para tentara membawa permainan itu kembali ke Inggris pada 1850-an. Olahraga ini mendapatkannamanya yang sekarang pada 1860 dalam sebuah pamflet oleh Isaac Spratt, seorang penyalur mainanInggris, berjudul "Badminton Battledore-A New Game" ("Badminton Battledore-Sebuah PermainanBaru"). Pamflet ini melukiskan permainan tersebut yang dimainkan di Gedung Badminton(Badminton House), Estat Duke of Beaufort's di Gloucestershire, Inggris. Bulu tangkis menjadisebuah olahraga populer di dunia, terutama di wilayah Asia Timur dan Tenggara, yang saat inimendominasi olahraga ini, dan di negara-negara Skandinavia.International Badminton Federation (IBF) didirikan pada 1934 dan membukukan Inggris, Irlandia,Skotlandia, Wales, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru, dan Prancis sebagai anggota-anggota pelopornya. India bergabung sebagai afiliat pada 1936. Pada IBF Extraordinary General Meeting diMadrid, Spanyol, September 2006, usulan untuk mengubah nama International Badminton Federationmenjadi Badminton World Federation (BWF) diterima dengan suara bulat oleh seluruh 206 delegasiyang hadir.Olah raga ini menjadi olah raga Olimpiade Musim Panas di Olimpiade Barcelona tahun 1992.Indonesia dan Korea Selatan sama-sama memperoleh masing-masing dua medali emas tahun itu.
2.2
 
Pengertian Olahraga Bulutangkis
 Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan. Mirip dengan tenis, bulutangkis

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->