Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PT Astra Internasional

PT Astra Internasional

Ratings: (0)|Views: 161|Likes:
Published by Yodie Erlangga
Sejarah singkat tentang PT Astra Internasional Tbk.
Sejarah singkat tentang PT Astra Internasional Tbk.

More info:

Published by: Yodie Erlangga on Sep 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/06/2014

pdf

text

original

 
PT. Astra International. Tbk (Perseroan) didirikan pada tahun 1957 di Bandung dan dikelolaserta dipimpin oleh William Soeryadjaja, Tjien Kian Tie dan Liem peng Hong. Pada tahun 1965PT. Astra International memusatkan kantor pusatnya di Jakarta, dan kantor Bandung dijadikansebagai cabang pertama . dengan nama PT. Astra Incorporated. Perseroan berdomisili di jakarta, Indonesia, dengan kantor pusat di jl. Gaya Motor Raya No.8, Sunter II, Jakarta.PT.Astra International resmi berdiri secara hukum dan disahkan di hadapan Notaris Sie kwanDjioe dengan akte notaris No.67 tanggal 20 februari1957 di Jakarta, dan dalam keputusanmenteri kesehatan RI No.J.A/53/5 tanggal 1 juli 1957 dan terdaftar di paniteran pengadilannegeri di Jakarta serta di umumkan dalam tambahan no.01117 berita Negara RI No.85 tanggal 22oktober 1957.Perusahaan ini awalnya bergerak dibidang usaha permobilan, yaitu Toyota, Daihatsu, Isuzu, Nissan Truck, dan pada bidang lainnya seperti :1.
 
PT.Federal , bergerak di bidang pemasaran sepeda motor Honda dan sepeda Federal .2.
 
United Traktor, bergerak di bidang usaha mesin berat pertanian seperti ; Traktor, MesseyFerguson, Sumitomo, Link Belt dan lain-lain.3.
 
Bidang usaha perkantoran dan perdagangan mesin Foto Copy Xerox, minyak pelumnasdan specialis Caltex.4.
 
Astra Argo bergerak dibidang usaha pertanian, perkebunan dan perkayuan.Pada tahun 1969 mulai mengalihkan usaha impor alat-alat berat dan barang-barang teknik.Makin luasnya usaha tersebut dikarenakan PT.astra makin memperoleh kepercayaan dari parainvestor luar negeri untuk memasarkan produk-prodyk otomotif. Pada tahun 1990, Perusahaanmengubah namanya menjadi PT. Astra International Tbk. Sesuai dengan pasal 3 Anggaran dasar  perseroan, Ruang lingkup perseroan adalah Perdagangan umum, perindustrian, jasa pertambangan, pengangkutan, pertanian, pembangunan dan jasa konsultasi. Ruang lingkupkegiatan utama anak perusahaan meliputi perakitan dan penyaluran mobil , sepeda motor berikutsuku cadangnya, penjualan dan penyewaan alat-alat berat , pertambangan dan jasa terkait, pengebangan dan jasa terkait pengembangan perkebunan. PT. Astra Intenational Tbk atau lebihdikenal dengan Astra Group ini telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 April 1990.Saat ini mayoritas Kepemilikan sahamnya dimiliki oleh Jardine Cycle dan Carriage, Singapura.
 
PT.Astra International Tbk merupakan suatu badan usaha swasta yang juga merupakan perusahaan public,yang kini memiliki enam divisi,yaitu:
 
1.Vehicle Division
 
2.Heavy Equipment Division
 
3.Property Division
 
4.Resources Division
 
6.Finance division dan System Division.Divisi-divisi yang memasarkan produk astra kemudian satu persatu memisahkan diri dan berkembang dan juga memiliki cabang di daerah.
B. JENIS USAHA
 Jenis usaha yang bekerja sama di PT. Astra International Tbk.TSO antara lain Leasing danAsuransi jiwa.Leasing terbagi 2 yaitu :1.
 
Astra Credit Company atau di singkat ACCACC terdiri dari 5 perusahaan multifinance yang paling besar adalah PT.General AstraSedaya Finance . ACC menyediakan pembiayaan untuk pembelian kendaraan baru dan bekasDibentuk melalui hubungan dengan otomatis jaringan distribusi utama di seluruh Indonesia.2. Federal International Finance atau disingkat FIFFIF sebagai perusahaan pembiayaan sepeda motor terdepan, menanggapi kebutuhan tersebutdengan memperkenalkan skema pembiayaan dan mudah terjangkau tapi mampu memberikankeuntungan yang maksimal dan nyaman bagi jutaan pemilik sepeda motor di seluruh negeri.
 
Asuransi Jiwa terbagi dua yaitu :1.
 
Garda OtoGarda Oto menyediakan dua macam kondisi perlindungan atas kendaraan bermotor atau rodaempat.2.
 
Commonwealt lifeDulunya adalah Astra CMG/Astra CMG life. Perusahaan asuransi jiwa dengan nama AstraJardine . Astra CMG merupakan
 joint venture
antara Astra Internasional dan Bank Commonwealt Australia. Astra CGM juga bekerja sama dengan Citibank, Permata Bank, Bank  NISP, Bank Commonwealt, Bank Ekonomi dan Bank Danamon dalam program
 Bancasurrance
Astra CMG lift.
ANAK PERUSAHAAN PT.ASTRA INTERNATIONAL Tbk.
Divisi usaha dan anak perusahaan antara lain terdiri dari :
 
Otomotif 
 
P.T. Toyota Astra Motor,
sebagai agen tunggal pemegang merk Toyota di Indonesia danToyota Motor Corporation.
A. SEJARAH
 PT Toyota-Astra Motor diresmikan pada tanggal 12 April 1971. Peranan Toyota Astra Motor semula hanya sebagai importer kendaraan Toyota, namun setahun kemudian sudah berfungsisebagai distributor. Pada tanggal 31 Desember 1989,Toyota Astra Motor melakukan merger  bersama tiga perusahaan antara lain:
 
PT Multi Astra (pabrik perakitan) didirikan tahun 1973.
 
PT Toyota Mobilindo (Pabrik komponen body) di dirikan tahun 1979.
 
PT Toyota Engine Indonesia (Pabrik mesin,didirikan tahun 1982)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->