Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Protokol Jaringan

Protokol Jaringan

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 2,257 |Likes:
Published by Hidayad

More info:

Published by: Hidayad on Jun 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/03/2012

pdf

text

original

 
PROTOKOL
Beberapa organisasi yang berperan dalam standarisasi komunikasidata selain EIA dan ITU-T (dulu CCITT) antara lain :
ISO (International Standars Organization)Organisasi internasional yang menghimpun organisasi yangmenentukan standarisasi di negaranya masing-masing.
ANSI (American National Standars Institute)Organisasi yang menentukan standarisasi di USA.
IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers)Organisasi yang berangotakan para sarjana elektro secarainternasional.Organisasi-organisasi tersebut diatas pada dasarnya menentukanstandarisasi dalam hal komunikasi data, sehingga berbagaiperalatan komunikasi data dari berbagai jenis, merk dan pabrikpembuat dapat saling dihubungkan.Dalam komunikasi data terdapat tata cara atau prosedur yangharus diikuti oleh dua buah atau lebih sistem/peralatan yangingin saling berhubungan dan berkomunikasi. Prosedur ini dikenalsebagai protokol. Protokol komunikasi data didefinisikan sebagaiprosedur dan peraturan-peraturan yang mengatur operasi dariperalatan komunikasi data.Secara umum protokol mempunyai dua fungsi, yaitu :a.Membuat hubungan antara pengirim dan penerima.b.Menyalurkan informasi yang dibutuhkan.Dalam usahanya mengembangkan protokol komunikasi data yangbaku dikarenakan adanya berbagai macam jenis protokol, makaISO bekerjasama dengan organisasi-organisasi yang berperandalam komunikasi data mengembangkan model OSI (OpenSystem Interconnections).Model OSI menggunakan layer (lapisan) untuk menentukanmacam fungsi dan operasi sistem. OSI menggunakan model 7(tujuh) layer dimana tiap layer berdiri sendiri tetapi fungsi darimasing-masing layer bergantung (dilayani) dari operasi layersebelumnya.Model OSI tidak mengatur proses di dalam komputer, tetapiproses pertukaran informasi antara dua sistem.
7 layer model OSI
:
1.Physical Laye
 
Layer ini menentukan spesifikasi mekanik, listrik, prosedurhandshaking dan lain-lain yang berkaitan dengan fungsi dankarakteristik mekanik maupun sinyal listrik yang diperlukanuntuk membentuk, menjaga dan melepaskan sambunganfisik serta mengaturhubungan fisik antar node-node dalamjaringan. Layer ini memberikan ketentuan baku mengenaisinyal listrik dari DTE dan DCE yang dapat disalurkan keluar.Ketentuan mekanik dalam layer ini menyepakati bentukconnector, arti dan fungsi pin yang digunakan.
2.Data Link Laye
Layer ini mengendalikan aliran data melalui saluran fisik(flow control), yaitu dengan pola dan bentuk bagaimanadata disalurkan melalui saluran yang tersedia. Data linklayer hanya dapat bekerja jika physical layer telah bekerjaatau saluran fisik telah terbentuk. Seolah-oleh physicallayer melayani data link layer.
3.Network Laye
Network layer menentukan route dari penyaluran data.Data dengan bentuk dan pola pengiriman yang telahdipersiapkan pada data link layer kemudian ditentukanroute-nya pada network layer. Dari mana data berasal,kemana dan melalui mana data mencapai tujuan denganbaik dan bebas dari kesalahan merupakan tugas darinetwork layer.
4.Transport Layer 
Layer ini yang mengatur bagaimana data akan dibawa daripengirim ketempat tujuan yang telah ditentukan terlebihdulu pada network layer, serta menjamin kualitas daripelayanan pengiriman data tersebut.
5.Session Layer 
Layer ini yang mengatur bagaimana pelaksanaan pertukarandata antara pengirim dan penerima dilakukan. Menjagaintegritas dan mengendalikan pertukaran data denganantara lain pemeriksaan password, memilih hubungan half atau full duplex, bagaimana memulai atau mengakhiri suatusession. Jadi session layer lebih pada menentukansambungan logic sehingga antara pengirim dan penerimabisa saling tukar data.
 
6.Presentation Layer 
Dalam pertukaran data yang terjadi, user tidak perlu sadarakan cara kerja yang sebenarnya pada pertukaran datatersebut. Tidaklah menjadi masalah bagi user apakahmereka langsung berhubungan atau mempergunakanjaringan. Masalah ini harus transparan bagi user, keadaantransparan ini dimungkinkan karena peran dari presentationlayer.Layer ini mengatur supaya data yang dipertukarkan atau disampaikan ke application layer atau user bentuknya dapatdimengerti.
7.Application Layer 
Layer ini mengatur segala sesuatu yang berhubungandengan pertukaran data atau informasi antar user, softwareaplikasi atau peralatan sistem komputer. Layer ini yanglangsung berhubungan dengan user, yang dalamoperasionalnya memerlukan layanan layer sebelumnyauntuk memungkinkan pertukaran informasi.Fungsi dasar dari jaringan komunikasi adalah menyediakanlalu lintas pertukaran data yang handal antar user jaringandan mendukung komunikasi yang bermanfaat antar mereka.User tidaklah harus operator tetapi dapat juga programaplikasi. Proses ini berada pada application layer.Model OSIModel OSI ini merupakan sebuah konsep yang menyederhanakansuatu fungsi komunikasi data yang rumit menjadi sejumlah unit(layer) yang lebih kecil. Tiap layer memberi layanan kepada layerselanjutnya. Layer atas akan memberikan data dan kendali kelayer di bawahnya dan seterusnya hingga layer terbawah.Empat layer terbawah memberikan transfer service karena padalayer ini data disalurkan dari sumber ke tujuannya, sehingga
Alication
 
Presentation
 
Session
 
Transortation
 
Network
 
Data LinkPhsicalAlication
 
Presentation
 
Session
 
Transortation
 
Network
 
Data LinkPhsical
 
SALURAN KOMUNIKASI

Activity (0)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Adhe Lima Dua liked this
Hendra Subastian liked this
AdiRosadi liked this
Andy Musly liked this
Antonio Heady liked this
rini hartati liked this
Fuji Astutik liked this
Aan Roses liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->