Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
62Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
animasi

animasi

Ratings: (0)|Views: 6,275 |Likes:
Published by alex prayogo

More info:

Published by: alex prayogo on Jun 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/09/2013

pdf

text

original

 
Kuliah Umum IlmuKomputer.ComCopyright © 2004 IlmuKomputer.Com
Demo Membuat AnimasiDemo Membuat AnimasiTeori dan PraktekTeori dan Praktek
Eko Purwanto
epurwanto@webmediacenter.comhttp://www.webmediacenter.com
Abstrak 
:
Perkembangan teknologi komputer demikian pesatnya, yang memiliki fungsi awal sebagai alat bantudalam menyelesaikan persoalan dan masalah dalam segala bidang kemudian memasuki fungsi sebagai penghibur. Hal ini ditandai dengan banyak produk-produk yang berbasis komputer dalam duniahiburan. Salah satu dunia hiburan yang banyak diminati adalah kartun.Penggunaan komputer untuk menghasilkan kartun yang professional sudah dilakukan diawali dengankartun-kartun yang dibuat Hollywood Amerika Serikat yang menggunakan komputer. Di Indonesiasendiri bermunculan forum-forum yang membahas tentang animasi kartun ini dan beberapa perusahaan- perusahaan yang memfokuskan diri di bidang animasi kartun.Pembuatan animasi kartun ini jika ditekuni akan dapat menciptakan peluang-peluang kerja baru diIndonesia. Dalam skripsi ini akan digambarkan cara membuat animasi kartun dengan menggunakanMacromedia Flash MX.
18
 Lisensi Dokumen:
Copyright © 2004 IlmuKomputer.ComSeluruh dokumen di
 IlmuKomputer.Com
dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secarabebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubahatribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari
 IlmuKomputer.Com
.
 
Kuliah Umum IlmuKomputer.ComCopyright © 2004 IlmuKomputer.Com
1. Pendahuluan
Pada bab ini akan diuraikan cara mendesain kartun dengan menjabarkan proses produksi, pembangunancerita, merencanakan animasi, mendesain karakter, membuat model, membuat layout, membuatanimasi, dan memasukkan suara
a. Mendesain Kebutuhan Animasi Kartun
Animasi kartun yang akan didesain ini akan ditampilkan dalam bentuk web atau komputer. Pemilihanmedia tampilnya kartun akan mempengaruhi dari bentuk desain kartun yang akan dibuat. Terdapat duamedia yang saat ini berpengaruh besar yakni media televisi dan komputer.Pada media televisi, kendala yang dihadapi adalah setiap negara memiliki sistem televisi yang berbeda,dan tidak ada standar umum yang ditetapkan bersama. Kondisi ini menyebabkan media video yangdihasilkan oleh setiap negara susah untuk ditransfer. Contohnya video tape yang dibuat Amerika tidak dapat diputar di Korea ataupun Inggris. Ketidaknyamanan ini disebabkan kondisi politik yang ada dalamnegara tersebut, yang bertujuan untuk menghindari pertukaran informasi dengan cepat yang akanmempengaruhi pandangan, ide maupun gagasan baru dari setiap negara. Tetapi kondisi ini mulai berubah pada saat internet sudah dapat menjangkau negara di seluruh dunia.Digital video tidak memiliki batasan, yang didesain dengan kualitas dan ukuran yang mampumenghantarkan informasi ke hadapan penggunanya. Format digital video ini dapat saja disimpan dalam bentuk CD-ROM, DVD, ataupun dalam bentuk file yang dapat di download dari internet.Beberapa sistem televisi yang digunakan umum di seluruh negara adalah:
a.NTSC System
 NTSC (National Television System Committee) merupakan sistem milik Amerika Serikatdengan lebar layar 525 baris, 30 fps, digunakan di negara Kanada, Greenland, Mexico, Kuba,Jepang, Philipina, Puerto Rico dan beberapa negara di Amerika Selatan.
b.PAL dan SECAM System
Banyak negara yang menggunakan kedua sistem ini yakni PAL (Phase Alternating Line) atauSECAM (Sequential Color and Memory). Kedua sistem ini memiliki lebar layar 625 baris,dengan penggunaan 25 fps.
c.HDTV
HDTV (High Definition Television) adalah standar internasional baru untuk dunia televisi.HDTV dapat digunakan dalam 1.125 baris.
b. Sinopsis
Animasi kartun yang dibuat ini berjudul “Wanita Jagoan Cun Lee” menceritakan aksi dari seorang pendekar wanita yang menunjukkan kehebatan ilmu beladirinya. Pada aksi pertama Cun Lee (namatokoh kartunnya) melakukan tendangan maut, dan kemudian secara beruntun dia mengeluarkan ilmutenaga dalamnya menggunakan tangan kirinya disertai dengan efek suara ilmu yang telahdikeluarkannya.
c. Membuat
Storyboard 
Storyboard 
adalah rancangan dasar dalam menciptakan suatu animasi kartun. Bentuknya menyerupaihalaman komik. Halaman yang dibangun dalam storyboard ini akan memandu kartunis dan animator dalam membuat gambar dan animasinya. Pada animasi kartun yang dibuat ini gambar yang dihasilkanmerupakan hasil scanning dari buku komik.
Storyboard kartun ini
:
19
 
Kuliah Umum IlmuKomputer.ComCopyright © 2004 IlmuKomputer.Com
Gambar 1. Storyboard
d. Membuat Latar Belakang
Penggunaan latar belakang dalam animasi kartun merupakan bagian penting dalam keberhasilan animasikartun itu sendiri yang memperkuat kesan yang ingin ditonjolkan. Pemilihan latar belakang harus tepat pada tujuannya dan sesuai dengan waktunya (suasana yang ingin diciptakan). Latar belakang ini juga jangan bersifat kaku yang selalu menampilkan latar belakang seperti kota, gunung, hutan dan lainnya,tetapi juga perlu ditambahkan efek-efek khusus yang memperkuat tokoh utama.Pada animasi kartun yang akan dibuat ini, latar belakang yang ditampilkan nanti adalah wajah tokohyakni Cun Lee, yang ditampilkan dengan ukuran besar. Tujuannya adalah untuk memperkuat tokohutama karena animasi kartun ini berdurasi singkat.
20

Activity (62)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Tatang Gunawan liked this
Irwan Apandi liked this
justtodownload liked this
justtodownload liked this
Marton Pemburu liked this
Bem AmikHarapan liked this
Sanie Holder liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->