Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Dampak Perubahan Iklim Terhadap Perubahan Kedalaman Muka Air Tanah Dangkal di Kota Padang

Dampak Perubahan Iklim Terhadap Perubahan Kedalaman Muka Air Tanah Dangkal di Kota Padang

Ratings: (0)|Views: 66 |Likes:
Published by Subhan Maulana S
SUBHAN MAULANA SYIFA
SUBHAN MAULANA SYIFA

More info:

Published by: Subhan Maulana S on Sep 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/12/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Perubahan iklim adalah berubahnya kondisi fisik atmosfer bumi antara lainsuhu dan distribusi curah hujan yang membawa dampak luas terhadap berbagaisektor kehidupan manusia (Kementerian Lingkungan Hidup, 2001).
 
Perubahan iklim merupakan sesuatu yang dampaknya sulit untuk dihindariterhadap berbagai segi kehidupan. Dampak ekstrem dari perubahan iklim adalahterjadinya kenaikan temperatur serta pergeseran musim. Perubahan iklim bukanlagi semata-mata wacana, namun sudah dapat dirasakan dampaknya, seperti banjir, gelombang pasang, dan kekeringan. Kota-kota pesisir merupakan kawasanyang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim ini
(Joessair Lubis, “PeduliLingkungan, Peduli Tata Ruang”, 2011).
 Air tanah merupakan salah satu air yang banyak dimanfaatkan oleh manusiaguna menunjang kebutuhan, baik untuk keperluan rumah tangga (domestik),industri, maupun pertanian. Untuk memenuhi kebutuhan air dituntut ketersediaanyang cukup maupun kualitas yang memadai. Hal ini perlu ditekankan bahwaseringkali guna memenuhu kebutuhan manusia ketersediaan air yang ada masih belum cukup untuk pemenuhan kebutuhan. Ketersediaan air, baik air permukaanmaupun airtanah, dapat menurun akibat terjadinya perubahan iklim. Perubahaniklim didefisinikan sebagai suatu ukuran statistik untuk cuaca dalam jangka panjang,minimal 30 tahun. Dua unsur utama yang mempengaruhi perubahan iklimadalah suhu dan curah hujan. Unsur yang paling sering diamati adalah curah hujankarena mempunyai variasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan suhu.Di Kecamatan Kuranji, krisis air bersih sudah terjadi akibat dari banjir yangmenyebabkan sumur warga tercemar selain itu saat musim kemarau datangmenyebabkan kekeringan disana. Tak kurang dari warga Kelurahan Kuranji danKorong Gadang Kecamatan Kuranji serta Kelurahan Lambung Bukit KecamatanPauh mengalami kekurangan pasokan air bersih. Sumur warga kering, parit kecildi sepanjang jalan pun tak mengalir (padangmedia.com, 2012).
 
2Dampak perubahan iklim yaitu perubahan pola curah hujan dan suhu akanmempengaruhi ketersediaan air tanah dangkal di Kota Pdang. Untuk itudiperlukan studi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perubahan iklimterhadap ketersediaan air tanah dangkal di Kota Padang agar dapat dijadikanreferensi untuk menanggulangi dampak dari perubahan iklim untuk mengantisipasi terjadinya krisis air tanah.
1.2 Perumusan Masalah
Bagaimana hubungan antara perubahan iklim dengan perubahan kedalamanmuka air tanah dangkal di Kota Padang?
1.3 Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui bagaimana hubungan antara perubahan iklim dengan perubahan kedalaman muka air tanah dangkal di Kota Padang.
1.4 Batasan Penelitian
1.
 
Daerah studi adalah di daerah administrasi Kecamatan Padang Utara,Kecamatan Nanggalo, Kecamatan Kuranji dan Kecamatan Pauh.2.
 
Penentuan lokasi titik sampel yaitu pada daerah pemukiman.3.
 
Responden studi ini adalah para pemilik sumur timba atau penghuni rumahyang memiliki sumur timba yang masih dipergunakan.4.
 
Studi ini hanya meneliti ketersediaan air tanah dangkal (sumur) pada tahun2000, 2005 dan 2006.5.
 
Kedalaman untuk mencapai muka air tanah dalam studi ini adalah jarak  permukaan tanah dengan muka air tanah.6.
 
Curah hujan dalam penelitian ini adalah rata-rata curah hujan tahunandaerah penelitian.
 
3
BAB IITINJAUAN PUSTAKA2.1 Pengertian Perubahan Iklim
Perubahan iklim adalah berubahnya kondisi fisik atmosfer bumi antara lainsuhu dan distribusi curah hujan yang membawa dampak luas terhadap berbagaisektor kehidupan manusia (Kementerian Lingkungan Hidup, 2001). Perubahanfisik ini tidak terjadi hanya sesaat tetapi dalam kurun waktu yang panjang.LAPAN (2002) mendefinisikan perubahan iklim adalah perubahan rata-rata salahsatu atau lebih elemen cuaca pada suatu daerah tertentu. Sedangkan istilah perubahan iklim skala global adalah perubahan iklim dengan acuan wilayah bumisecara keseluruhan. IPCC (2001) menyatakan bahwa perubahan iklim merujuk  pada variasi rata-rata kondisi iklim suatu tempat atau pada variabilitasnya yangnyata secara statistik untuk jangka waktu yang panjang (biasanya dekade ataulebih). Selain itu juga diperjelas bahwa perubahan iklim mungkin karena prosesalam internal maupun ada kekuatan eksternal, atau ulah manusia yang terusmenerus merubah komposisi atmosfer dan tata guna lahan.Pemanasan global tejadi akibat dari meningkatnya efek rumah kaca yangdisebabkan oleh naiknya konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer. Semakin tinggikonsentrasi gas rumah kaca, maka semakin banyak radiasi panas dari bumi yangterperangkap di atmosfer dan dipancarkan kembali ke bumi. Hal tersebut padaakhirnya akan menyebabkan peningkatan suhu permukaan bumi. Selain haltersebut, faktor peningkatan suhu global dapat pula berakibat dari peningkatanradiasi matahari, walaupun efeknya relatif sangat kecil. Secara garis besar,menurut Budianto (2001), perubahan iklim global disebabkan akibat peristiwanaiknya intenstitas efek rumah kaca yang terjadi karena adanya gas dalamatmosfer yang terjadi karena adanya gas dalam atmosfer yang menyerap sinar  panas, yaitu sinar inframerah yang dipancarkan bumi.El Nino dan La Nina merupakan gejala yang menunjukkan perubahan iklim.El Nino adalah suatu fenomena iklim penting yang dihasilkan di Samudera Pasifik yang menyebabkan berbagai dampak terhadap wilayah-wilayah tropis dansubtropis pada skala waktu antar tahunan. Mekanisme-mekanisme skala besar 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->