Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
65Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

Ratings:

4.5

(4)
|Views: 5,648 |Likes:
Published by Nie_Digi

More info:

Published by: Nie_Digi on Jun 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2013

pdf

text

original

 
PENTINGNYA ANALISIS LAPORANKEUANGAN
a.Arti Penting Analisis Laporan Keuangan
Analisis terhadap laporan keuangan suatu perusahaanpada dasarnya karena ingin mengetahui tingkat profitabilitas(keuntungan) dan tingkat resiko atau tingkat kesehatan suatuperusahaan. Analisis keuangan yang mencakup analisis rasiokeuangan, analisis kelemahan dan kekuatan di bidang financialakan sangat membantu dalam menilai prestasi manajemen masalalu dan prospeknya di masa mendatang.Laporan keuangan yang disusun secara baik dan akuratdapat memberikan gambaran keadaan yang nyata mengenaihasil atau prestasi yang telah dicapai oleh suatu perusahaanselama kurun waktu tertentu, keadaan inilah yang digunakanuntuk menilai kinerja keuangan. Apalagi informasi mengenaikinerja keuangan suatu perusahaan sangat bermanfaat untukberbagai pihak, seperti investor, kreditur, pemerintah, bankers,pihak manajemen sendiri dan pihak pihak lain yangberkepentingan.Arti penting analisis laporan keuangan adalah sebagaiberikut :1.2.3.Bagi pihakmanajemenBagi pemegangsahamBagi kreditor:::::Untuk mengevaluasi kinerjaperusahaan, kompensasi,pengembangan karir.Untuk mengetahui kinerjaperusahaan, pendapatan,keamanan investasi.Untuk mengetahui kemampuanperusahaan melunasi utangbeserta bunganya.
 
4.5.Bagi pemerintahBagi karyawanPajak, persetujuan untuk go public.Penghasilan yang memadai,kualitas hidup, keamanan kerja.
b.Pengertian Laporan Keuangan
Laporan Keuangan adalah catatan informasi keuangansuatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapatdigunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut.Laporan keuangan juga melaporkan prestasi historis dari suatuperusahaan dan memberikan dasar, bersama dengan analisisbisnis dan ekonomi, untuk membuat proyeksi dan peramalanuntuk masa depan.Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporankeuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi :
Laporan Neraca
Laporan Laba Rugi
Laporan Perubahan Ekuitas
Laporan Perubahan Posisi Keuangan, yang dapat disajikanberupa Laporan Arus Kas atau Laporan Arus Dana
Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yangmerupakan bagian integral dari laporan keuanganUnsur yang berkaitan secara langsung denganpengukuran posisi keuangan adalah aktiva, kewajiban danekuitas. Sedangkan unsur yang berkaitan dengan pengukuran
 
kinerja dalam laporan laba rugi adalah penghasilan dan beban.Laporan posisi keuangan biasanya mencerminkan berbagaiunsur laporan laba rugi dan perubahan dalam berbagai unsurneraca.Menurut Standar Akuntansi Keuangan yang dikeluarkanoleh Ikatan Akuntan Indonesia tujuan laporan keuangan adalahMenyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan,kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaanyang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalampengambilan keputusan.Laporan keuangan menunjukkan apa yang telah dilakukanmanajemen, atau pertanggung jawaban manajemen atassumber daya yang dipercayakan kepadanya. Pemakai yang inginmelihat apa yang telah dilakukan atau pertanggung jawabanmanajemen berbuat demikian agar mereka dapat membuatkeputusan ekonomi. Keputusan ini mencakup, misalnya,keputusan untuk menahan atau menjual investasi mereka dalamperusahaan atau keputusan untuk mengangkat kembali ataumengganti manajemen.
c.Analisa Laporan Keuangan
Analisis laporan keuangan yang banyak digunakan adalahanalisis tentang rasio keuangan. Berdasarkan sumber analisis,rasio keuangan dapat dibedakan menjadi :1.Perbandingan Internal (Time Series Analysis) yaitumembandingkan rasio – rasio finansial perusahaan dari satuperiode ke periode lain.2.Perbandingan Eksternal (Cross Sectional Approach) yaitumembandingkan rasio – rasio antara perusahaan yang satudengan perusahaan yang lainnya yang sejenis pada saatyang bersamaan atau membandingkannya dengan rasio rata– rata industri pada saat yang sama.

Activity (65)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Pericoi liked this
Yus Malizar liked this
Alin Ths liked this
Siitem Cihuii liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->