Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
359Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pembuatan Simplisia dan Ekstrak Bahan Alam

Pembuatan Simplisia dan Ekstrak Bahan Alam

Ratings:

4.33

(3)
|Views: 21,602 |Likes:
Published by Fadhli
pembuatan simplisia dan ekstrak bahan alam
pembuatan simplisia dan ekstrak bahan alam

More info:

Published by: Fadhli on Jun 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/16/2013

pdf

text

original

 
BAB IPendahuluan1.1Latar Belakang
Kita memiliki kekayaan alam yang melimpah, salah satunya adalahtanaman obat. Maka dari itu, kita perlu tahu bagaimana caranya membuatbahan obat dari alam agar dapat diolah dan dikonsumsi untuk mengatasiproblem kesehatan kita yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi kita.
1.2Tujuan Praktikum
Dalam praktikum ini kita diharapkan mampu untuk memilih, meracik,dan membuat bahan obat dengan baik dan sesuai standar pembuatan obatyang berlaku.
 
BAB IITinjauan Pustaka2.1 Tinjauan Umum Simplisia
Obat tradisional bukan hal yang baru bagi masyarakat Indonesia.Sebelum obat-obat kimia berkembang secara modern, nenek moyang kitaumumnya menggunakan obat-obatan yang berasal dari tumbuh-tumbuhanuntuk mengatasi problem kesehatannya.Dari tumbuhan obat tersebut dapat dibuat berbagai produk yangsangat bermanfaat dalam menunjang industri obat tradisional, farmasi,makanan dan minuman. Ragam bentuk hasil olahannya, antara lain berupasimplisia.Simplisia adalah bahan baku alamiah yang digunakan untukmembuat ramuan obat tradisional yang belum mengalami pengolahanpengeringan. Proses pembuatan simplisia pada prinsipnya meliputi tahap-tahap pencucian, pengecilan ukuran dan pengeringan.
2.2 Macam-Macam Teknik Pembuatan Simplisia dan Sediaan Obat(Ekstraksi, Maserasi, dan Perkolasi)
Ekstraksiadalah suatu proses pemisahan dari bahan padat maupuncair dengan bantuan pelarut. Pelarut yang digunakan harus dapatmengekstrak substansi yang diinginkan tanpa melarutkan material lainnya.Ekstraksi merupakan proses pemisahan suatu bahan dari campurannya,ekstraksi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ekstraksi menggunakanpelarut didasarkan pada kelarutan komponen terhadap komponen laindalam campuran (Suyitno, 1989).
 
Ekstraksi padat cair atau leaching adalah transfer difusi komponenterlarut dari padatan inert ke dalam pelarutnya. Proses ini merupakanproses yang bersifat fisik karena komponen terlarut kemudian dikembalikanlagi ke keadaan semula tanpa mengalami perubahan kimiawi. Ekstraksidari bahan padat dapat dilakukan jika bahan yang diinginkan dapat larutdalam solven pengekstraksi. Ekstraksi berkelanjutan diperlukan apabilapadatan hanya sedikit larut dalam pelarut. Namun sering juga digunakanpada padatan yang larut karena efektivitasnya. [Lucas, Howard J, DavidPressman. Principles and Practice In Organic Chemistry]Faktor-faktor yang mempengaruhi laju ekstraksi adalah :
Tipe persiapan sample
Waktu ekstraksi
Kuantitas pelarut
Suhu pelarut
Tipe pelarutEkstraksi bahan makanan biasa dilakukan untuk mengambil senyawapembentuk rasa bahan tersebut. Misalnya senyawa yang menimbulkanbau dan/atau rasa tertentu.Secara umum, terdapat empat situasi dalam menentukan tujuanekstraksi :Senyawa kimia telah diketahui identitasnya untuk diekstraksi dariorganisme. Dalam kasus ini, prosedur yang telah dipublikasikan dapatdiikuti dan dibuat modifikasi yang sesuai untuk mengembangkanproses atau menyesuaikan dengan kebutuhan pemakai.Bahan diperiksa untuk menemukan kelompok senyawa kimia tertentu,misalnya alkaloid, flavanoid atau saponin, meskipun struktur kimia

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->