Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
uu_no.17-2013

uu_no.17-2013

Ratings: (0)|Views: 318|Likes:
Published by ago28

More info:

Published by: ago28 on Sep 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/24/2013

pdf

text

original

 
 - 1 -UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 17 TAHUN 2013 TENTANGORGANISASI KEMASYARAKATANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a.
 
bahwa kebebasan berserikat, berkumpul, danmengeluarkan pendapat merupakan bagian dari hak asasimanusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalamNegara Kesatuan Republik Indonesia yang dijamin olehUndang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945;b.
 
bahwa dalam menjalankan hak dan kebebasan berserikat,berkumpul, dan mengeluarkan pendapat, setiap orangwajib menghormati hak asasi dan kebebasan orang laindalam rangka tertib hukum serta menciptakan keadilandalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, danbernegara;c.
 
bahwa sebagai wadah dalam menjalankan kebebasanberserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat,organisasi kemasyarakatan berpartisipasi dalampembangunan untuk mewujudkan tujuan nasional dalamwadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yangberdasarkan Pancasila;d.
 
bahwa Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1985 tentangOrganisasi Kemasyarakatan sudah tidak sesuai lagidengan kebutuhan dan dinamika kehidupanbermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sehingga perludiganti;e.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksuddalam huruf a, huruf b, huruf c, dan huruf d perlumembentuk Undang-Undang tentang OrganisasiKemasyarakatan;Mengingat . . .
 
 - 2 -Mengingat : Pasal 20, Pasal 21, Pasal 28, Pasal 28C ayat (2), Pasal 28Eayat (3), dan Pasal 28J Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN:Menetapkan : NDANG-UNDANG TENTANG ORGANISASI KEMASYARAKATAN.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Organisasi Kemasyarakatan yang selanjutnya disebut Ormasadalah organisasi yang didirikan dan dibentuk olehmasyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi,kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuanuntuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainyatujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yangberdasarkan Pancasila.2.
 
Anggaran Dasar yang selanjutnya disingkat AD adalahperaturan dasar Ormas.3.
 
Anggaran Rumah Tangga yang selanjutnya disingkat ART adalah peraturan yang dibentuk sebagai penjabaran ADOrmas.4.
 
Pemerintah adalah Presiden Republik Indonesia yangmemegang kekuasaan pemerintahan Negara RepublikIndonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-UndangDasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.5. Pemerintah . . .
 
 - 3 -5.
 
Pemerintah Daerah adalah gubernur, bupati, atau walikota,dan perangkat daerah sebagai unsur penyelenggarapemerintahan daerah.6.
 
Menteri adalah menteri yang menyelenggarakan urusanpemerintahan di bidang dalam negeri.BAB IIASAS, CIRI, DAN SIFAT Pasal 2Asas Ormas tidak bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.Pasal 3Ormas dapat mencantumkan ciri tertentu yang mencerminkankehendak dan cita-cita Ormas yang tidak bertentangan denganPancasila dan Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945.Pasal 4Ormas bersifat sukarela, sosial, mandiri, nirlaba, dandemokratis.BAB III TUJUAN, FUNGSI, DAN RUANG LINGKUPPasal 5Ormas bertujuan untuk:a.
 
meningkatkan partisipasi dan keberdayaan masyarakat;b.
 
memberikan pelayanan kepada masyarakat;c.
 
menjaga nilai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan YangMaha Esa;d. melestarikan . . .

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->