Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Karya Tulis Ilmiah - Kenakalan Remaja.docx

Karya Tulis Ilmiah - Kenakalan Remaja.docx

Ratings: (0)|Views: 2,182|Likes:
Published by Rick Lengi
tugas SMA Negeri Bajawa
tugas SMA Negeri Bajawa

More info:

Published by: Rick Lengi on Sep 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/09/2014

pdf

text

original

 
 1
BAB IPENDAHULUAN1.1.
 
Latar Belakang
Masa remaja sering dikenal dengan masa pemberontakan. Pada masa ini,seorang anak yang baru mengalami pubertas sering kali mengalami banyak masalah, baik di rumah, sekolah, atau di lingkungan pertemanannya.Kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi batas yang sewajarnya.Banyak anak dibawah umur yang sudah mengenal rokok, narkoba, free sex, danterlibat banyak tindakan kriminal lainnya. Fakta ini sudah tidak dapat dipungkirilagi, kita dapat melihat brutalnya remaja jaman sekarang. Tindakan kenakalanremaja sangat beraneka ragam dan bervariasi dan lebih terbatas jikadibandingkan dengan tindakan kriminal orang dewasa.Motivasi para remaja sering lebih sederhana dan mudah dipahami, misalnya pencurian yang dilakukan oleh seorang remaja hanya untuk memberikan hadiahkepada mereka yang disukainya dengan maksud untuk membuat kesan yang baik atau mengagumkan. Akibatnya para orang tua mengeluhkan perilaku anak-anaknya yang tidak dapat diatur, bahkan terkadang bertindak melawan mereka.Konflik keluarga, depresi dan munculnya tindakan beresiko sangat umumterjadi pada masa remaja dibandingkan pada masa-masa lain di sepanjangrentang kehidupan.
1.2.
 
Rumusan Masalah
a.
 
Apa pengertian remaja? b.
 
Bagaimana perkembangan psikologi remaja?c.
 
Apa jenis-jenis kenakalan remaja?d.
 
Apa penyebab kenakalan remaja?e.
 
Bagaimana solusi untuk mengatasi kenakalan remaja?
1.3.
 
Tujuan Penulisan
a.
 
Mengetahui pengertian remaja dan ciri-cirinya, b.
 
Mengetahui perkembangan psikologi remaja saat ini,c.
 
Mengetahui jenis-jenis kenakalan remaja,d.
 
Mengetahui penyebab kenakalan remaja,e.
 
Mengetahui solusi untuk mengatasi kenakalan remaja.
 
 2
BAB IIKAJIAN PUSTAKA2.1.
 
Pengertian Remaja
Remaja adalah waktu manusia berumur belasan tahun. Pada masa remaja,manusia tidak dapat disebut sudah dewasa tetapi tidak dapat pula disebut sebagaianak-anak. Masa remaja adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menujudewasa. Remaja adalah masa peralihan antara masa anak dan masa dewasa yang berjalan antara usia 12 tahun sampai 21 tahun. Menurut pakar psikologi, remajaadalah suatu periode transisi dari masa awal anak-anak hingga masa awaldewasa, yang memasuki usia kira-kira 10 tahun hingga 22 tahun.Masa remaja bermula pada perubahan fisik yang cepat, penambahan beratdan tinggi badan yang dramatis, perubahan bentuk tubuh, dan perkembangankarakteristik seksual seperti pembesaran buah dada pada kaum perempuan, perkembangaan pinggang, tumbuhnya kumis, serta dalamnya suara. Pada perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan identitas sangat menonjol(pemikiran semakin logis, abstrak, dan idealis) dan semakin banyak menghabiskan waktu diluar keluarga.Remaja memiliki tempat diantara anak-anak dan orang tua, karena sudahtermasuk golongan anak tetapi belum juga berada dalam golongan dewasa atautua. Seperti yang dikemukakan oleh calon (dlm monks, dkk 1994) bahwa masaremaja menunjukan dengan jelas sifat transisi atau peralihan karena remaja belum memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki status anak.Hal senada diungkapkan oleh Santrock (2003: 26) bahwa remaja diartikansebagai masa perkembangan transisi antara masa anak dan masa dewasa yangmencakup perubahan biologis, sosial, emosional.Batasan usia remaja yang umum digunakan oleh para ahli adalah usia antara12 tahun hingga 21 tahun. Rentang waktu antara usia remaja biasanya dibedakanatas 3, yaitu:a.
 
12
 – 
15 tahun b.
 
Masa remaja awal 15
 – 
18 tahunc.
 
Masa remaja pertengahan 18
 – 
21 tahund.
 
Masa remaja akhir.
2.2.
 
Ciri-ciri Remaja
 Menurut Gayo (1990: 638-639) ciri-ciri remaja usianya berkisar antara 12tahun sampai 20 tahun dibagi dalam tiga fase, yaitu:
 
 31.
 
Adolesensi DiniFase ini berarti preokupasi seksual yang meninggi, yang tidak jarangmenurunkan daya kreatif/ ketekunan, mulai renggang dengan orang tuanyadan membentuk kelompok kawan atau sahabat karib, tingkah laku kurangdapat dipertanggungjawabkan, seperti perilaku diluar kebiasaan, defresif.2.
 
Adolesensi MenengahFase ini memiliki umum: hubungan dengan kawan dari lawan jenis mulaimeningkat pentingnya fantasi dan fanatisme terhadap berbagai aliran,misalnya musik, mistik, dan lain sebagainya.3.
 
Adolesensi Akhir Pada fase ini, remaja mulai lebih luas, mantap dan dewasa dalam ruang
lingkup penghayatannya. Ia lebih bersifat “menerima” dan “mengerti”,
malahan sudah mulai menghargai sikap orang/ pihak lain yang mungkinsebelumnya di tolak. Bila kondisinya kurang menguntungkan, maka masaturut diperpanjang dengan konsekuensi bosan san merosot tahap kesulitan jiwanya.Argumen-argumen lain tentang ciri-ciri remaja dan berbagai sudut pandangdikemukakan oleh Mustaqin dan Abdul Wahid (1991: 49-50). Menurutnya padamasa remaja umumnya telah duduk dalam bangku sekolah lanjutan. Pada permulaan periode, anak mengalami perubahan-perubahan jasmani yang berwujud tanda-tanda kelamin sekunder seperti kumis, jenggot, atau suararendah.Menurut Hurlock (1999), ciri-ciri remaja adalah sebagai berikut:1.
 
Masa remaja sbagai periode penting, karena perkembangan fisik, mentalyang cepat dan penting, dan adanya penyesuaian mental dan pembentukansikap, nilai, dan minat baru.2.
 
Masa remaja sebagai periode peralihan, adanya suatu perubahan sikap dan perilaku dari anak-anak menuju ke dewasa3.
 
Masa remaja sebagai periode perubahan, karena ada 5 perubahan yang bersifat universal, yaitu perubahan emosi, tubuh, minat, pola perilaku, dan perubahan nilai.4.
 
Masa remaja sebagai usia bermasalah, karena pada masa kanak-kanak masalah-masalahnya sebagian besar diselesaikan oleh guru dan orang tua,sehingga kebanyakan remaja kurang berpengalaman dalam mengatasimasalah.5.
 
Masa remaja sebagai masa mencari identitas, karena remaja berusaha untuk menjelaskan siapa dirinya, apa perannya.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->