Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Serangga Pembawa Penyakit

Serangga Pembawa Penyakit

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 2,385|Likes:
Published by Muhammad Ikhsan

More info:

Published by: Muhammad Ikhsan on Jun 26, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/04/2011

pdf

text

original

 
Serangga Pembawa Penyakit
Serangga adalah hewan yang sering dijumpai dalam keseharian kita dan ditemukan dihampir semua jenis lingkungan. Di dunia terdapat lebih dari 800.000 jenis, danbeberapa jenis di antaranya dapat merugikan manusia karena merupakan pembawapenyakit.
Kecoa
Banyak orang merasa jijik dengan serangga yang satu ini. Takheran, karena umumnya kecoa tinggal di tempat gelap yangkotor, lembab dan bau.
 
Kecoa dengan mudah kita jumpai di rumah tinggal. Iamemakan hampir segala macam makanan yang ditemukannyauntuk bertahan hidup. Baunya yang tidak sedap, kotoran dankuman yang ia tinggalkan di setiap tempat yang ia hinggapi,membuat kecoa dianggap sebagai indikator sanitasi yangburuk. Berbagai kuman penyakit yang berasal dari tempat-tempat kotor menempel pada tubuh kecoa dan akan menempel di setiap tempat yang diahinggapi. Oleh karena itulah kecoa dapat menjadi penyebab berbagi jenis penyakit mulai haritipus, toksoplasma, hingga penyakit SARS yang mematikan, sehingga perlu dikendalikanpopulasinya.Hewan yang biasa disebut lipas ini metamorfosisnya tidak sempurna dan banyak ditemukandi daerah tropis, bahkan sampai di daerah dingin. Kemampuannya dalam beradaptasi tidakperlu diragukan lagi, ia mampu bertahan hidup dalam kondisi yang ekstrem sekali pun.Pengendalian kecoa dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan insektisida.Atau dengan menyiramkan air panas pada telur kecoa agar tidak menetas dan berkembangbiak.
Nyamuk
Nyamuk merupakan serangga Ordo Diptera, yang mempunyaisepasang sayap berbentuk membran. Tubuhnya yang kecildengan enam kaki panjang. Ukuran tubuh nyamuk berbeda-beda tapi tidak lebih dari 15 mm dengan berat tubuh 2 - 2.5mg. Jumlah spesies nyamuk mencapai 2700 jenis di duniaNyamuk jantan tidak menghisap darah, sedangkan nyamukbetina menghisap darah untuk mendapatkan protein untukpembentukan telur.Nyamuk Anopheles merupakan penyebab penyakit malaria. Iamenggigit dengan posisi badan, mulut dan jarum yangdibenamkan ke kulit manusia dalam satu garis. Adapula yang suka menggigit dalam posisimendatar sesuai dengan posisi ’pendaratan’ di permukaan kulit korbannya. Nyamuk iniadalah Aedes aegypti yang menjadi penular penyakit demam berdarah dan Chikungunya.Nyamuk lain adalah Culex penyebab penyakit radang otak atau biasa disebut west nile virusalias virus Nil Barat, asal penyakit tersebut dari belahan benua Afrika.Penanggulangan demam berdarah yang paling umum dilakukan adalah dengan menjagakebersihan lingkungan melalui gerakan 3M (menguras, menutup, dan mengubur sarangnyamuk) dan pengasapan. Tujuannya adalah untuk memutus mata rantai perkembangbiakan jentik nyamuk.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
egyyanc liked this
salma_umu2842 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->