Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
19Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bagaimana Menulis Rencana Pemasaran Yang Baik

Bagaimana Menulis Rencana Pemasaran Yang Baik

Ratings:

5.0

(2)
|Views: 2,466 |Likes:
Published by Khairi A.Rahman

More info:

Published by: Khairi A.Rahman on Jun 26, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/27/2012

pdf

text

original

 
Bagaimana Menulis Rencana Pemasaranyang Baik?
Seringkali pemasaran dikatakan sebagai ujung tombak keberhasilan sebuah usaha.Karena sangat menentukan kelangsungan hidup sebuah usaha, sudah selayaknya pemasaran harus melewati proses perencanaan terlebih dahulu oleh pelakunya. Sementaraitu merencanakan bisa dikatakan sebagai suatu proses antisipasi tentang kejadian dankondisi di masa mendatang, dan menentukan upaya terbaik untuk pencapaian tujuanorganisasi/usaha. Tentu saja untuk menyusun dengan baik sebuah perencanaan pemasaran, pemasar harus mengetahui komponen-komponen apa saja yang harusdiperhatikan dalam penyusunan perencanaan.Sebuah website beralamat www.authenticpromotion.com memuat tulisan tentang beberapa komponen yang seharusnya dimasukkan dalam membuat sebuah perencanaan pemasaran. Diantaranya adalah pernyataan pemenuhan apa yang Anda maksud,mengekspresikan terminologi (jumlah klien, pendapatan kotor dan pendapatan bersih, biaya dan sebagainya). Komponen lain yang diberikan adalah pernyataan tentang ceruk  pasar yang akan diambil.Komponen selanjutnya adalah deskripsi penawaran yang akan dilakukan, dengan penekanan bagaimana pebisnis berbeda dari pemain lainnya pada ceruk pasar yang akandiambil. Selain itu website ini juga memberikan komponen analisis sumber dayamarketing dalam pembuatan sebuah perencanaan marketing. Sumber daya tersebut antaralain waktu, uang, jaringan, bakat, dan arti lain yang tersedia untuk kepentingan promosi bisnis. Terakhir, juga dituliskan komponen sebuah rencana yang fokus kepada sumber daya untuk mencipatakan hasil yang diinginkan pemasar. Aturan ‘The Three’ adalah alat pemasaran bisnis yang efektif untuk menciptakan sebuah rencana pemasaran.Tak hanya sekedar mengetahui komponen apa saja yang seharusnya ada dalam sebuah perencanaan pemasaran, para pemasar tentu juga ingin mengetahui bagaimana menulissebuah rencana pemasaran yang bagus. Masih di web yang sama, dikutip dari pernyataan pengarang buku seri marketing penjualan,. Jay Conrad Levinson, sebuah rencana pemasaran seharusnya memiliki 10 ciri. Adapun ciri-ciri yang dimaksud adalah:1.Sebuah rencana pemasaran yang bagus meringkas dan mendukung komitmen pebisnis, diri pebisnis, dan klien pebisnis seperti dinyatakan dalam sebuah program pemasaran.1.Perlakuan pemasaran sebagai sebuah investasi. Hal tersebut akan menunjukkan bagaimana banyak pebisnis akan menginvestasikan, pada apa, untuk berapa lama,dan dengan pengharapan kembalinya seperti apa, Ini adalah sebuah alat untuk menjadi pengurus yang bagus.
 
3. Garis besar penawaran yang pebisnis akan buat dan jalan membuatnya konsisten.Ini akan menetapkan kondisi kepuasan.1.Menceritakan bagaimana pebisnis akan membuat prospek percaya diri pada bisnis. Bahwa akan mengatakan bagaimana pebisnis akan membangunkepercayaan dan ketulusan ke dalam penawaran dan janji.1.Hal tersebut menjaga pebisnis pada jalur jika dengan sabar mendukungkomitmen. (kesabaran adalah sebuah keahlian, bukan kebaikan.1.Ini termasuk bermacam arti dari penunjukan. Mulai dengan tiga jalan untuk ditempuh. Ulangi ini sampai jalan tersebut membuktikan kesuksesan, di mana permasalahan pebisnis akan berlanjut untuk melalukannya, atau sampai terbuktitidak efektif, akan menggantinya dengan metode yang lain. Tambahkan metodeyang baru sesuai kapasitas sumberdaya.1.Menyadari bahwa keungungan datang dari bagian peningkatan yang berhubungandengan hubungan dan penjualan. Oleh karena itu, termasuk juga sebuahkomitmen untuk menindaklanjuti setelah sebuah hubungan dimulai dan membuatmemaksa menawarkan untuk pendapatan mendatang.1.Menunjukkan bagaimana pebisnis akan mengelola bisnis sehingga nyaman untuk klien. Ini akan menyatakan bagaimana pebisnis akan dapat mengakses klien ideal.1.Sebuah rencana pemasaran yang bagus akan memiliki sebuah elemen kekagumandan kegembiraan1.Sebuah rencana pemasaran yang bagus akan menetapkan bagaimana pebisnisakan mengukur hasil setiap cara yang ditempuh
Strategi Sukses Beriklan Bagi PebisnisPemula
Sebagai wirausahawan, Anda mungkin memiliki pendapat sendiri yang kuat tentang nilaiiklan. Seperti kebanyakan pemilik bisnis baru, bagaimana pun, kemungkinan anda tidak dapat berusaha mendapatkan kekuasaan untuk membantu.Ketika Anda membeli bisnis franchise, di mana iklan adalah biasa di-handle untuk Anda,Anda butuh mengetahui jawaban tentang berbagai persoalan. Dan tidak seperti aspek lain pada bisnis Anda, Anda mungkin memiliki kesulitan menilai hanya bagaimana bermanfaatnya program iklan Anda saat ini atau didapatkan pada masa yang akan datang.
Mengapa Beriklan?
 
Pada kompetisi bisnis dunia saat ini, pertanyaan nyatanya adalah apakah Anda dapat berusaha tanpa iklan? Pembeli prospektif Anda mungkin jauh terlalu sibuk untuk mencaritahu kebutuhan mereka. Tanpa iklan, pembeli mungkin tidak memikirkan produk Andaketika mereka membutuhkan, atau yang terburuk, mungkin tidak pernah tahu bahwaAnda ada.Lebih lagi, Anda tidak dapat berlatih menyelesaikan kontrol lebih faktor-faktor bisnisseperti sewa, tenaga kerja, biaya merchandise, dan kenyataan bisnis lainnya untuk  beberapa yang luas mungkin ditetapkan. Dan Anda tidak dapat melakukan banyak tentang kegiatan pesaing Anda. Tetapi Anda dapat dengan komplit harga iklan dan promosi Anda.Untuk pemula bisnis, iklan yang baik dapat dilakukan seperti berikut:
Luncurkan produk atau jasa baru
Demonstrasikan sebuah produk atau jasa tersebut
Menyarankan penggunaan baru produk atau jasa
Mendeskripsikan keuntungan produk atau jasa kepada pelanggan baru
Memberitahukan perubahan atau peningkatannya diantara produk atau jasalainnya
Menginformasikan ketersediaan produk atau layanan
Menciptakan awareness produk atau layanan dengan target pendengar baru
Membangun image bisnis
Meningkatkan keinginan untuk mengkonsumsi produk atau jasa
Meningkatkan frekuensi pembelian, penggunaan atau keduanya
Menginformasikan kepada pelanggann potensial atau pelanggan yang telah adatentang even penjualan dan spesial promosi
Mendorong pelanggan menulis dan menanyakan informasi atau mengunjungitempat bisnis
Mengajak orang-orang untuk mendukung dan mengkontribusikan gagasan 
Iklan apa yang tidak dapat dilakukan?
Iklan yang bagus tidak akan menjual produk, jasa atau bisnis yang buruk secara tak terpisahkan. Jika bisnis Anda beroperasi dengan jelek, misalnya penghantaran yanglambat, kurang quality control, atau Anda menyampaikan perasaan tidak berkompetensi,iklan mungkin pada awalnya membujuk orang tetapi kemudian mereka (pelanggan) tidak akan kembali kepada Anda. Kenyataannya, banyak ahli percaya tidak ada yangmembunuh produk atau jasa buruk seperti iklan yang bagus. Satu kata yang keluar bahwa produk atau jasa inferior, pelanggan prospektif akan tetap jauh. Demikian juga, Andaakan membuang biaya iklan jika Anda mengiklankan produk yang bagus tetapi tidak memberikan layanan yang pantas, atau jika Anda mengiklankan layanan yang bagus dantidak berdiri di belakang klaim Anda.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->