Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sejarah Bunga Sakura

Sejarah Bunga Sakura

Ratings: (0)|Views: 98|Likes:
Published by Mulyanur Udiansyah
ilmu
ilmu

More info:

Published by: Mulyanur Udiansyah on Sep 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/15/2014

pdf

text

original

 
SEJARAH BUNGA SAKURA
Indahnya Bunga SakuraBunga sakura Sakura berasal dari kata "Saku" (bahasa Jepang yang artinya "mekar") ditambahdengan akhiran yang menyatakan bentuk jamak "ra". Dalam bahasa Inggris, bunga Sakuradisebut cherry blossom.Sakura merupakan bunga nasional negara Jepang yang mekar pada musim semi (awal Aprilhingga akhir April). Bagi orang Jepang, bunga Sakura merupakan simbol penting yang kerapdiasosiasikan dengan perempuan, kehidupan, kematian, sehingga kita dapat menemukanlambang bunga Sakura di mana saja di Jepang -pada barang-barang konsumen seperti kimono,alat-alat tulis dan peralatan dapur.Bunga Sakura juga merupakan simbol untuk mengekspresikan ikatan antarmanusia, keberanian,kesedihan dan kegembiraan. Sakura juga menjadi metafora untuk ciri-ciri kehidupan yang tidak kekal bagi masyarakat Jepang.Kesempatan langka piknik beramai-ramai di bawah pohon Sakura untuk menikmati mekarnya bunga Sakura disebut o-hanami.Pohon Sakura merupakan pohon yang tergolong dalam familia Rosaceae, genus Prunus yangsejenis dengan pohon plum, peach atau apricot, tetapi secara umum Sakura digolongkan dalamsubgenus sakura.Bunga Sakura3 Jenis Bunga Sakura :
 
 Warna bunga tergantung pada spesiesnya, ada yang berwarna putih dengan sedikit warna merah jambu, kuning muda, merah jambu, hijau muda atau merah menyala. Bunga digolongkanmenjadi 3 jenis berdasarkan susunan daun mahkota:
 
Bunga tunggal dengan daun mahkota selapis
 
Bunga ganda dengan daun mahkota berlapis
 
Bunga semi gandaPohon Sakura berbunga setahun sekali, di pulau Honshu, kuncup bunga Sakura jenisSomeiyoshino mulai terlihat di akhir musim dingin dan bunganya mekar di akhir bulan Maretsampai awal bulan April di saat cuaca mulai hangat.Di Jepang, mekarnya Sakura jenis Someiyoshino dimulai dari Okinawa di bulan Februari,dilanjutkan di pulau Honshu bagian sebelah barat, sampai di Tokyo, Osaka, Kyoto pada sekitar akhir Maret sampai awal April, lalu bergerak sedikit demi sedikit ke utara, dan berakhir diHokkaido di saat Golden Week.Setiap tahunnya pengamat Sakura mengeluarkan peta pergerakan mekarnya bunga SakuraSomeiyoshono dari barat ke timur lalu utara yang disebut Sakurazensen. Dengan menggunakan peta Sakurazensen dapat diketahui lokasi bunga Sakura yang sedang mekar pada saat tertentu.Ciri KhasBunga sakura Ciri khas Sakura jenis Someiyoshino adalah bunganya yang lebih dahulu mekar sebelum daun-daunnya mulai keluar. Puluhan, ratusan, bahkan ribuan batang pohon yang berada
 
di lokasi yang sama, bunganya mulai mekar secara serentak dan rontok satu per satu pada saatyang hampir bersamaan.Bunga Sakura jenis Someiyoshino hanya dapat bertahan kurang lebih 7 sampai 10 hari dihitungmulai dari kuncup bunga terbuka hingga bunga mulai rontok. Rontoknya bunga Sakuratergantung pada keadaan cuaca dan sering dipercepat oleh hujan lebat dan angin kencang.Beberapa jenis burung dikenal suka memakan bagian bunga yang berasa manis, sedangkan burung merpati memakan seluruh bagian bunga.Kesempatan langka piknik beramai-ramai di bawah pohon Sakura untuk menikmati mekarnya bunga Sakura disebut o-hanami. Saat melakukan O-hanami adalah ketika semua pohon Sakurayang ada di suatu tempat bunganya sudah mekar semua.Di Jepang terdapat standar untuk menyampaikan informasi tingkat mekar bunga Sakura, mulaidari terbukanya kuncup bunga (Kaika), mekarnya 10% dari kuncup bunga yang ada di pohon(Ichibuzaki) sampai bunga mekar seluruhnya (Mankai). Bunga yang rontok segera digantikandengan keluarnya daun-daun muda. Pohon Sakura yang bunganya mulai rontok dan mulaitumbuh daun-daun muda sebanyak 10% disebut Ichibu hazakura, sedangkan pohon Sakura yangsemua bunga sudah rontok dan hanya mempunyai daun-daun muda disebut Hazakura.Bunga dari pohon jenis Yamazakura mekar lebih lambat dibandingkan jenis Someiyoshino dan bunganya mekar bersamaan dengan keluarnya daun-daun muda.
Jenis-Jenis Pohon Sakura
 Sebagian besar jenis pohon Sakura merupakan hasil persilangan, misalnya jenis Someiyoshinoyang tersebar di seluruh Jepang sejak zaman Meiji adalah hasil persilangan pohon Sakura dizaman Edo akhir. Sakura jenis Someiyoshino inilah yang sangat tersebar luas, sehinggakebanyakan orang hanya mengenal Someiyoshino (yang merupakan salah satu jenis Sakura)sebagai Sakura.Pada zaman dulu sebelum ada jenis Someiyoshino, orang Jepang mengenal bunga Sakura yangmekar di pegunungan yang disebut Yamazakura dan Yaezaki no Sakura sebagai Sakura. Di saatmekarnya bunga Sakura, ribuan batang pohon Yamazakura yang tumbuh di pegunungan Yoshino(Prefektur Nara) menciptakan pemandangan menakjubkan warna putih, hijau muda, dan merah jambu.
Beberapa jenis Sakura :
 
Edohigan
 Edohigan adalah Sakura yang mekar di Hari Ekuinoks Musim Semi dan bunganya paling panjang umur. Jenis-jenis lain yang serupa dengan Edohigan adalah Ishiwarizakura danYamadakashinyozakura yang termasuk pohon Sakura yang dilindungi. Miharutakizakura adalahsalah satu jenis Edohigan yang rantingnya menjuntai-juntai, sedangkan Yaebenishidare dikenaldaun bunganya yang banyak dan warnanya yang cerah.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->